5 GUNUNG TERTINGGI DI INDONESIA DENGAN PEMANDANGAN TERINDAH

Jika Sobat Akasaka menelusuri apa sajakah gunung tertinggi di Indonesia, maka secara urutan mungkin hasilnya tidak akan berbeda antara sumber yang satu dengan sumber yang lain. Akan tetapi, jika kemudian yang diketik adalah gunung tertinggi di Indonesia dengan pemandangan yang terindah, maka akan muncul beberapa versi yang mungkin saja berlainan.

Nah, kira-kira apa saja sih gunung-gunung di Indonesia yang tertinggi sekaligus juga terindah itu? Berikut ulasan lengkapnya versi Akasaka.

Gunung Tertinggi di Indonesia Dengan Pemandangannya yang Luar Biasa Mempesona

Di Indonesia, gunung adalah salah satu kekayaan alam yang paling mempesona. Puncaknya yang menjulang, pemandangannya yang memukau, berpadu pula dengan keramahan dan eksotisme penduduk yang ada di sekitarnya. Tidak heran kemudian, gunung-gunung telah menjadi destinasi yang sempurna untuk sebuah tujuan wisata rekreasi yang banyak sekali diminati.

Di antara banyak gunung tersebut, tentu saja ada yang paling indah dan juga paling tinggi. Keindahan ini bisa karena pemandangannya, jalur pendakiannya, mau pun budaya yang ada di sekitarnya. Paduan beragam keindahan ini, kemudian mampu menghasilkan daya tarik wisata yang luar biasa.

Lantas, apa sajakah urutan gunung tertinggi di Indonesia sekaligus juga yang terindah? Berikut ulasan lengkapnya.

Gunung Latimojong, Sulawesi Selatan

Gunung tertinggi di Indonesia
Source : Arcopodo Journal

Gunung Latimojong yang terletak di provinsi Sulawesi Selatan ini adalah gunung dengan pemandangan yang memukau. Jika Sobat Akasaka berkesempatan mengunjungi gunung ini melalui Desa Karangan yang merupakan rute umum pendakian reguler, maka Sobat akan disambut dengan sebuah lembah super indah sebelum memasuki kaki gunung.

Lembah yang indah ini juga semakin terasa istimewa karena sebuah sungai berair jernih dengan batu-batu besar mengalir di tengahnya. Sementara pohon-pohon kopi dan ladang-ladang sayuran terhampar di sepanjang rute menuju kampung terakhir. Bahkan jika sedang beruntung, Sobat Akasaka juga akan berpapasan dengan beberapa ekor kuda khas Sulawesi yang sedang membawa beban.

Jika kaki gunungnya saja sudah sedemikian indah, maka Puncak Rantemario yang merupakan titik tertinggi gunung Latimojong, tentu saja tidak akan kalah menawan. Hutan rimba yang teduh dan lebat, gemericik air yang dingin namun sangat menyegarkan, serta hamparan pulau Sulawesi yang bersentuhan langsung dengan selat Makassar, juga akan memanjakan para pendaki yang mencapai puncak gunung Latimojong.

Satu lagi yang istimewa dari keindahan Latimojong adalah hutan lumutnya yang eksotis. Hutan lumut ini terletak menjelang pos terakhir pendakian. Dan sejauh ini, belum ada ekosistem gunung lain yang lumutnya mampu mengalahkan eksotisme lumut gunung Latimojong.

Gunung Semeru, Jawa Timurgunung tertinggi di Indonesia

Source: IDN Times

Sebagai sebuah gunung tertinggi di Jawa, Semeru atau Mahameru tentu saja memiliki sederet keistimewaan yang membuatnya menjadi pusat perhatian banyak orang. Pendakiannya yang sangat fenomenal, sabananya yang memukau, danaunya yang membuat denting-denting hati pendaki menjadi tersentuh, adalah beberapa hal yang hanya bisa ditemukan di Gunung Semeru ini.

Beberapa Sobat Akasaka mungkin ada yang belum pernah mendaki ke Semeru. Dan seperti yang banyak diberitakan, Semeru memang adalah salah satu gunung dengan panorama terindah. Kombinasi pemandangan yang luar biasa, berpadu pula dengan keramah-tamahan penduduk Ranupani akan membuat pendakian ke gunung Semeru menjadi sangat istimewa.

Sebelum Sobat Akasaka mulai mendaki di Semeru, ada sebuah danau hening dan indah yang bisa Sobat  kunjungi di belakang base camp pendakian. Danau ini terletak kurang lebih 500 meter di belakang kantor utama base camp Ranupani. Nama danaunya adalah Ranu Regulo, tempatnya indah, sepi, hening dan juga menentramkan.

Danau kedua yang dianggap sebagai surga pendakian gunung Semeru adalah Ranu Kumbolo. Dibanding Ranupani dan Ranu Regulo, danau Ranu Kumbolo tentu saja lebih luas, lebih dalam, dan juga lebih indah. Berpagarkan pohon pinus, bersisian langsung dengan sabana rumput yang gemulai, Ranu Kumbolo benar-benar menjadi surga yang indah untuk berkemah.

Sabana kecantikan gunung Semeru kemudian dilengkapi dengan adanya Oro-Oro Ombo, yakni sebuah padang rumput yang luas di atas danau Ranu Kumbolo. Sabana ini sangat indah dan mempesona untuk dilewati. Bahkan pada musim-musim tertentu, bunga-bunga bermekaran yang memenuhi padang rumput akan membuat sabana ini seolah bersolek layaknya taman-taman kayangan.

Gunung Kerinci, Pulau Sumatera

gunung tertinggi di Indonesia
Source: Wikipedia

Dalam urutan gunung tertinggi di Indonesia wikipedia version, Gunung Kerinci tentu saja menempati beberapa tingkat dibawah Carstensz Pyramid, Puncak Soemantri, Puncak Trikora, dan lain sebagainya, yang semuanya ada di Papua. Namun jika kemudian dikelompokkan berdasarkan ketinggian pada tiap pulau, maka gunung Kerinci persis berada di urutan kedua setelah puncak Carstensz.

Keindahan gunung Kerinci juga meliputi banyak hal. Mulai dari kaki gunung hingga budaya masyarakat yang ada di sekitarnya. Sebelum memasuki kaki gunungnya sendiri, bahkan panorama perkebunan teh yang luas dengan aroma pucuk-pucuk daun teh muda telah masuk dalam indera penciuman Sobat Akasaka, dan melayangkan imajinasi yang damai alam pegunungan.

Teh di kaki gunung Kerinci adalah salah satu the dengan kualitas terbaik di dunia. Sementara jika Sobat masuk lagi lebih ke dalam kekayaan tanah Kerinci, maka akan pula dijumpai kemudian berbagai unsur menarik yang sangat eksotis. Beberapa hal yang cukup menarik itu adalah fenomena tentang Suku Anak Dalam serta fenomena tentang mitos Urang Pendek. Dan yang tak kalah menarik juga, adalah masih adanya populasi harimau Sumatera yang mendiami hutan gunung Kerinci.

Jalur pendakian gunung Kerinci sendiri dianggap sebagai salah satu rute pendakian terberat di Indonesia. Selain melewati hutan Bukit Barisan Sumatera yang terkenal lebat, jalur pendakian kadang juga harus melalui medan berlumpur yang parah. Akan tetapi semua bentuk tantangan jalur pendakian ini, tidak menambah apa pun kepada gunung Kerinci selain dari keindahan dan pesonanya yang kian menarik.

Jika puncak gunung Semeru disebut Mahameru, maka puncak gunung Kerinci pun memiliki namanya sendiri yaitu; Puncak Indrapura. Nah, dari puncak tertinggi pulau Sumatera ini, Sobat bisa menyaksikan mayapada tanah Andalas yang cantiknya luar biasa, indah berpayung angkasa yang mempesona.

Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat

gunung tertinggi di indonesia
Source: Bisnis Tempo

Jika kemudian muncul sebuah pertanyaan tentang manakah 1 gunung tertinggi di Indonesia yang paling banyak difavoritkan? Maka sudah pasti, Rinjani-lah jawabannya. Rinjani benar-benar layaknya puteri taman surga yang bersolek, kecantikannya menghipnotis siapa pun yang melayangkan perhatian dan pandangan untuk menikmati setiap lekuk tanah dan bukit-bukitnya.

Gunung Rinjani memiliki puncak gunung yang tingginya berada pada urutan ketiga di bawah Carstenz Pyramid dan gunung Kerinci, jika hal itu diurut dari list seven summit Indonesia. Namun jika kemudian didasarkan pada; manakah yang paling indah dari tujuh puncak gunung tertinggi di Indonesia tersebut? Maka tidak sedikit orang yang kemudian akan memilih gunung Rinjani sebagai yang terindah.

Seperti halnya gunung Semeru yang memiliki Ranu Kumbolo dan Ranu Regulo, maka Rinjani pun memiliki Segara Anak, sebuah danau luas yang mengisi kawah bekas kepundan gunung. Menariknya lagi di Segara Anak, berdiri pula sebuah gunung lain yang disebut dengan Anak Gunung Rinjani. Seiring aktivitas vulkanik Rinjani, besar Anak Gunung ini pun semakin bertambah dari waktu ke waktu.

Jalur pendakian gunung Rinjani pun penuh dengan eksotisme yang membuat Sobat Akasaka betah berlama-lama. Hamparan sabana yang luas, berlatar puncak Dewi Anjani yang seolah melambai-lambai, disapu pula oleh angin tanah Lombok yang sepoi-sepoi, semuanya akan membuat setiap pendakian di gunung Rinjani terasa demikian istimewa.

Selain fenomena keindahan Segara Anak, Puncak Rinjani, Pelawangan Sembalun, dan lain sebagainya, Rinjani masih menyimpan banyak keindahan yang lainnya. Bahkan jika Sobat Akasaka misalnya mendaki melalui rute yang berbeda, maka keindahan gunung satu ini akan lebih terekspos lagi dari sisi yang mungkin belum pernah terbayangkan sebelumnya.

Gunung Carstenz Pyramid, Papua

gunung tertinggi di indonesia
Source: Diengonpage

Tanah Papua memang tidak ada habisnya menebar pesona. Kebudayaannya yang orisinil dan eksotis, kekayaan alamnya yang berlimpah ruah, potensi pariwisatanya yang sulit dicari tandingannya, telah menjadi sederet keunggulan tanah Papua. Dan pegunungan Jaya Wijaya dengan puncak Carstensz Pyramid di atasnya, adalah salah satu dari kekayaan itu.

Walaupun bukan merupakan gunung tertinggi di dunia, namun Carstensz Pyramid adalah gunung tertinggi dalam grand slam seven summmit dunia versi Reinhold Messner. Ketinggian puncak tanah Papua ini mewakili sepanjang wilayah Papua Nugini, Australia dan, tentu saja Indonesia.

Ada banyak keindahan dan pesona dari gunung Carstensz Pyramid, mulai dari rute pendakiannya yang bisa memakan waktu setengah bulan menyusuri hutan dan perbukitan, sampai kepada keindahan Danau Biru dan Gletser di atasnya. Rute lain yang lebih instan adalah melalui kawasan pertambangan PT. Freeport McMoran. View pertambangan raksasa di atas gunung adalah pemandangan yang bisa disaksikan jika melalui jalur ini.

Gletser di puncak Jaya Wijaya adalah gletser terakhir di negeri tropis yang tersisa di dunia. Menjadi eksotis dan istimewa jika kemudian Sobat Akasaka berkesempatan menjejakkan kaki di gletser ini. Selain di Tanah Papua, gletser serupa mungkin hanya bisa ditemui di puncak gunung Kilimanjaro, di Afrika.

Sepanjang rute pendakian ke puncak Carstensz Pyramid, ada demikian banyak spot yang indah dan istimewa. Ada Zebra Wall dengan corak tebing batu yang super keren, ada Danau Biru yang menjadi lokasi base camp utama sebelum pemuncakan, dan tentu saja ada puncak Carstensz-nya sendiri, yang penuh dengan daya magis sebagai puncak tertinggi di Austronesia.

Tips Mendaki Gunung-Gunung Tertinggi dan Terindah Indonesia

gunung tertinggi di Indonesia

Sebagai tambahan untuk Sobat Akasaka yang mungkin sedang merencanakan perjalanan untuk mengunjungi gunung-gunung di atas, atau mungkin gunung-gunung lain juga, sebaiknya selalu mempersiapkan diri dengan baik. Persiapan ini meliputi banyak hal, baik itu persiapan fisik dan kesehatan, persiapan waktu, anggaran dan tentu juga perlengkapan.

Untuk persiapan fisik Sobat bisa memperbanyak olahraga dan melakukannya secara teratur. Sementara untuk waktu, Sobat mungkin telah lebih dulu mengaturnya. Lalu, untuk persiapan perlengkapan, Sobat Akasaka juga harus lebih teliti supaya dapat membawa semua kebutuhan yang diperlukan selama perjalanan mendaki gunung.

Perlengkapan tidur, perlengkapan jalan, perlengkapan masak, dan lain sebagainya, sebaiknya di-list untuk memperkecil risiko kelupaan. Jika Sobat kemudian melakukan pendakian solo atau pun bersama tim, tidak ada salahnya pula segera membuat list yang terpadu dan lebih mendetail.

Untuk ransel atau tas gunung, ukuran medium sebenarnya sudah cukup, mungkin bisa ditambah dengan satu buah daypack sebagai pelengkap. Guna menambah kenyamanan selama perjalanan, Sobat juga sebaiknya membawa sandal gunung selain sepatu hiking untuk pendakian.  

Dengan pertimbangan berbagai medan pendakian gunung tertinggi di Indonesia seperti di atas, sandal gunung terbaik yang Sobat gunakan adalah yang nyaman, kuat, dan juga soft. Untuk kriteria ini, rekomendasi yang bisa Sobat pilih tentu saja adalah sandal gunung terbaik dari Akasaka dengan tipe terbaru seperti ini.

Jadi, selamat menikmati perjalanan Sobat, ya!

 

 

 

 

 

 

Baca Ini Juga Yuk!

5 FILM PENDAKIAN GUNUNG TERPOPULER YANG PERNAH DIBUAT
5 FILM PENDAKIAN GUNUNG TERPOPULER YANG PERNAH DIBUAT
Source image: mailbolder   Setiap orang yang memutuskan untuk mendaki sebuah gunung, tentunya memiliki dorongan yang beraneka ragam. Ada yang sekedar ikutan teman-temannya, mengikuti trend yang sed...
Read More
INI JENIS MAKANAN SAAT PENDAKIAN YANG HARUS DIHINDARI
INI JENIS MAKANAN SAAT PENDAKIAN YANG HARUS DIHINDARI
Mendaki merupakan kegiatan menyenangkan sekaligus menantang. Pasalnya, Anda dituntut untuk siap menghadapi berbagai kondisi cuaca dan medan jalan. Karena itu, perbekalan harus lengkap, termasuk mak...
Read More
6 KESALAHAN YANG PALING SERING DILAKUKAN SAAT MENDAKI GUNUNG
6 KESALAHAN YANG PALING SERING DILAKUKAN SAAT MENDAKI GUNUNG
Mendaki gunung kini jadi aktivitas yang digemari banyak orang, terutama anak-anak muda. Tak sebatas hobi, wisata petualangan alam semacam ini seakan sudah menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published