5 GOA DI INDONESIA YANG PALING MENARIK DAN PALING UNIK UNTUK DIKUNJUNGI

Goa Pindul

Sebagai negara dengan kekayaan alam yang luar biasa, Indonesia memiliki banyak potensi wisata jelajah yang seru, menantang, sekaligus menyenangkan. Tidak heran jika negara kita sering dijadikan sebagai tempat tujuan jelajah para petualang lokal mau pun manca negara, terutama bagi para pecinta wisata gua. Menyusuri goa di Indonesia bisa menjadi pengalaman tersendiri yang sulit untuk dilupakan.

Karena percaya atau tidak, negara kita ternyata memiliki banyak gua yang menarik, unik, bahkan perawan dengan pesona keindahan yang membuat penasaran. Ingin tahu apa saja gua-gua di Indonesia yang unik dan harus disusuri? Mari kita simak ulasan di bawah ini!

5 Goa di Indonesia yang Unik dan Memiliki Pesona Keindahan Luar Biasa

Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia banyak sekali memiliki goa atau gua yang daya tariknya sangat mempesona. Selain keindahan dan pesonanya, nama goa di Indonesia juga tak kalah menarik dangan eksostisme goanya sendiri. Di pulau Jawa, nama Goa Pindul dan Goa Jomblang juga dianggap sebagai sesuatu yang unik dan menarik.

Seiring dengan semakin meningkatnya aktivitas wisata minat khusus, wisata goa di Indonesia juga semakin ramai peminatnya. Di antara banyak goa dengan tujuan sebagai top destination tersebut, 5 goa berikut ini dianggap sebagai yang paling istimewa dan spesial di mata para pecinta wisata petualang goa dan susur perut bumi.

Nah, apa saja goa yang dimaksud top 5 Indonesian cave destination tersebut? Berikut daftarnya buat kamu!

Goa Pindul, Gunungkidul, Jogjakarta

Goa Pindul, Gunungkidul

Ingin merasakan pengalaman seru cave tubing? Silakan berkunjung ke Goa Pindul di Gunungkidul, Jogjakarta. Karena percaya atau tidak, di dalam gua yang indah tersebut terdapat aliran sungai yang tenang. Goa Pindul sendiri memiliki panjang 350 meter dan lebar 5 meter.

Saat menyusuri gua, ada 3 area yang akan dilewati yaitu, zona terang, gelap, dan remang. Selama menyusuri gua Anda dapat melihat hiasan stalaktit nan menawan. Konon katanya, air yang menetes dari stalaktit dapat membuat perempuan awet muda dan meningkatkan vitalitas laki-laki.

Gua Pettae dan Pettae Kare, Maros, Sulawesi Selatan

Gua Pettae Dan Pettae Kare, Maros

Keunikan gua yang berlokasi di Maros, Sulawesi Selatan ini adalah lukisan prasejarah yang menghiasi dinding gua. Menurut para ahli arkeologi, lukisan berbentuk tangan anak-anak berwarna merah tersebut berusia lebih dari 5.000 tahun. Hal ini menunjukkan bahwa pada zaman itu, manusia telah memiliki teknologi yang memungkinkan mereka meninggalkan jejak berwarna di dinding gua.

Dengan jejak arkeologinya ini, tidak mengherankan jika Leang Pettae dan Pettae Kare menjadi rekomendasi utama bagi ilmuwan yang tertarik mempelajari sejarah goa di Indonesia. Hal ini menjadi semakin unik karena lukisan purba tersebut jika dilihat sekilas mirip seperti lukisan baru yang dibuat oleh orang-orang iseng. Menarik bukan?

Gua Jomblang, Gunungkidul, Jogjakarta

Gua Jomblang, Gunungkidul

Selain Goa Pindul, di Gunungkidul terdapat gua lain yang keindahannya tidak kalah mengagumkan yaitu Gua Jomblang. Gua ini terkenal dengan fenomena “Cahaya Surga” berupa lubang besar di atas gua, yang jika siang terik akan menghadirkan bias cahaya indah ke penjuru gua.

Tidak hanya itu, di dalam gua juga terdapat hutan purba dengan pesona yang tidak kalah mengagumkan. Dijamin jika berkunjung ke sini, Anda akan mendapatkan pengalaman luar biasa dan sulit untuk dilupakan.

Gua Akbar, Tuban, Jawa Timur

Gua Akbar, Tuban

Jika kebanyakan gua berlokasi di daerah terpencil dan jauh dari pemukiman, Gua Akbar di Tuban memiliki keunikannya sendiri. Goa yang satu ini terletak di bawah sebuah pasar tradisional yang setiap hari ramai dengan aktivitas jual beli. Nama Akbar sendiri diambil dari slogan Kabupaten Tuban, tempat gua ini berada, yaitu: Aman, Kreatif, Bersih, Asri, dan Rapi (AKBAR).

Keunikan lain gua bisa dilihat dari batuan yang tersebar di penjuru ruangan, batu-batu tersebut terbentuk secara alami menyerupai berbagai macam spesies hewan seperti kuda dan juga anjing. Menariknya, pengelola setempat juga menyediakan ruangan khusus di dalam gua, sebagai tempat salat untuk para pengunjung.

Gua Batu Cermin, Labuan Bajo, Flores

Gua Batu Cermin, Labuan Bajo

Siapa sangka selain Pantai Pink dan Pulau Komodo yang terkenal, Flores juga memiliki Gua unik nan cantik bernama Goa Batu Cermin. Konon katanya, dulu Gua yang keindahannya tidak kalah dengan Goa Pindul ini berada di dasar laut. Hal ini dibuktikan dengan ditemukannya fosil binatang laut yang menempel di dinding gua.

Keunikan Batu Cermin lainnya bisa kita lihat dari patung berbentuk seperti Bunda Maria yang terukir di salah satu dinding gua. Kerennya, patung tersebut ternyata terbentuk secara alami tanpa bantuan manusia sedikit pun.

Itulah beberapa goa di Indonesia yang bisa kamu jadikan referensi petualanganmu selanjutnya. Oya, untuk menemani petualangamu di dalam goa yang lembab, Akasaka Outdoor punya produk keren yang ringan dan sangat nyaman untuk kamu gunakan. Jaket gunung terbaik dari Akasaka ini akan membuat petualanganu di perut bumi semakin asyik dan menyenangkan.

Jadi, selamat bertualang, ya!

 

Baca Ini Juga Yuk!

SPESIFIKASI DAN REKOMENDASI CELANA OUTDOOR TERBAIK UNTUK PENDAKIAN GUNUNG
SPESIFIKASI DAN REKOMENDASI CELANA OUTDOOR TERBAIK UNTUK PENDAKIAN GUNUNG
Memilih celana outdoor terbaik dalam aktivitas di alam bebas seperti pendakian gunung pada dasarnya adalah bagian dari kesuksesan pendakian itu sendiri. Pakaian pendakian gunung yang tepat seperti ...
Read More
6 KOLEKSI KAOS PENDAKI GUNUNG TERBARU DARI AKASAKA OUTDOOR
6 KOLEKSI KAOS PENDAKI GUNUNG TERBARU DARI AKASAKA OUTDOOR
  Kaos pendaki gunung terbaik tentu saja tidak hanya memiliki gambar atau desain yang menarik, namun juga harus nyaman saat digunakan dalam beraktivitas di alam bebas. Selain itu, sebuah kaos untuk...
Read More
SEBERAPA PENTING PENGGUNAAN TAS SELEMPANG DALAM PENDAKIAN GUNUNG?
SEBERAPA PENTING PENGGUNAAN TAS SELEMPANG DALAM PENDAKIAN GUNUNG?
Dalam aktivitas pendakian gunung saat ini, ransel atau carrier bukan satu-satunya alat untuk membawa perlengkapan. Tas selempang yang biasanya hanya digunakan untuk aksesoris semata, kini mulai pul...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published