5 FAKTA TENTANG GUNUNG MERAPI YANG SEHARUSNYA KAMU TAHU

gunung Merapi

Meskipun bukan gunung tertinggi di pulau Jawa, gunung Merapi adalah gunung yang mungkin paling banyak menarik perhatian. Ada begitu banyak hal mengenai gunung berapi paling aktif di Indonesia ini yang membuatnya begitu mempesona. Dari bentuknya yang perkasa sampai sejarahnya yang penuh kisah, gunung Merapi memiliki sederet fakta yang memang luar biasa.

Nah, apakah sajakah fakta-fakta tentang gunung Merapi yang menarik dan aktual untuk kamu ketahui? Akasaka Journal telah merangkumnya dalam 5 hal berikut ini.

Yuk, dibaca sampai tuntas, ya.

5 Fakta Aktual dan Paling Menarik Tentang Gunung Merapi yang Semestinya Kamu Ketahui

gunung Merapi

Status gunung Merapi masih belum stabil dan belum aman untuk didaki. Gunung ini secara kontinyu masih menunjukkan aktivitas vulkanik yang tinggi sehingga memiliki potensi untuk meletus sewaktu-waktu. Untuk alasan inilah mengapa aktivitas pendakian di gunung Merapi masih belum dapat dilakukan.

Sejak dulu kala, atau sejak aktivitas gunung ini mulai mendapat perhatian untuk dicatat oleh para sejarawan dan ilmuwan, sejarah gunung Merapi memang selalu menarik perhatian. Gunung yang bersebelahan langsung dengan gunung Merbabu ini memiliki pesona dan daya tarik yang sempurna sebagai sebuah pusat perhatian vulkanisme, wisata, sejarah bahkan dunia supranatural sekali pun.

Ada beberapa fakta yang sangat menarik untuk diketahui mengenai gunung Merapi yang mungkin saja belum banyak diketahui oleh masyarakat luas. Fakta-fakta ini menjadi sederet bukti yang menunjukkan bahwa gunung Merapi memang sangat istimewa untuk diperhatikan.

Lantas, apa saja fakta menarik dari gunung Merapi tersebut?

Berikut beberapa di antaranya;

BACA JUGA:

Gunung Merapi adalah Gunung Berapi Paling Aktif di Indonesia

gunung Merapi

Fakta pertama yang seringkali muncul ketika nama gunung Merapi disebut adalah karena gunung Merapi merupakan gunung paling aktif di Indonesia. Sejak penelitian gunung api di Indonesia mulai melakukan pencatatan yang lebih rapi, gunung Merapi tidak pernah absen menjadi objek yang paling banyak dibicarakan lantaran aktivitasnya yang sangat aktif.

Nah, kamu mungkin bertanya; bukankah gunung-gunung lain di Indonesia juga tidak kalah aktif? Gunung Sinabung di Sumatera, gunung Semeru di Jawa Timur, atau gunung Lokon di Sulawesi juga sama aktifnya dengan Merapi. Lantas, mengapa hanya gunung Merapi yang dianggap paling aktif di Indonesia?

Hal ini disebabkan karena gunung Merapi memiliki sejarah yang panjang dengan aktivitas vulkanismenya. Bahkan diperkirakan bahwa sejak 10.000 tahun yang lalu, gunung ini telah aktif dan terus mendapat pemantauan hingga sekarang. Sementara gunung-gunung lain yang menggeliat di Indonesia, pada umumnya memiliki usia aktivitas vulkanik yang jauh lebih muda.

Dengan panjangnya rentang sejarah letusan gunung Merapi inilah kemudian ia dianggap sebagai salah satu gunung api paling aktif di Indonesia.

Gunung Merapi Lebih Terkenal daripada Gunung Apa pun di Indonesia

gunung Merapi

Selanjutnya fakta kedua tentang gunung Merapi yang terletak di perbatasan antara propinsi Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta ini adalah popularitasnya yang luar biasa. Hampir setiap orang Indonesia dari Sabang sampai Merauke, mengenal apa itu gunung Merapi. Reputasi Merapi sejauh ini, dianggap mengungguli gunung-gunung lain di Indonesia.

Setidaknya ada beberapa alasan yang cukup kuat megapa popularitas gunung Merapi demikian tinggi dibandingkan gunung lainnya di Indonesia. Alasan pertama adalah aktivitas vulkaniknya yang senantiasa menarik perhatian. Alasan kedua adalah karena lokasinya yang tepat berada di jantung pulau Jawa dan seolah menjadi central dari pulau terpadat di Indonesia tersebut.

Dan alasan ketiga mengapa gunung Merapi begitu populer dibandingkan gunung lainnya di Indonesia adalah karena gunung Merapi berada di satu wilayah dengan pusat perhatian yang tinggi. Yogyakarta adalah kota besar terdekat dengan gunung Merapi dan memiliki hubungan sejarah yang erat pula dengan keratonnya.

Apa pun yang terjadi dengan gunung Merapi hampir selalu memiliki korelasi dengan Kesultanan Yogyakarta. Dan itu adalah alasan yang cukup masuk akal untuk membuat gunung ini kian populer di Indonesia.

Gunung Merapi Memiliki Medan Pendakian yang Menantang

gunung Merapi

Oh ya, apakah Sobat Akasaka pernah mendaki gunung Merapi sebelumnya?

Jika kamu memang pernah mendaki gunung Merapi melalui rute pendakian New Selo di kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, kamu mungkin memang akan mengatakan bahwa rute pendakian ke Merapi termasuk mudah dan biasa-biasa saja. Namun, beda halnya jika kamu melakukan pendakian ke puncak Merapi melalui rute lain dari sisi gunung yang luar biasa ini.

Gunung Merapi hari ini memiliki dua rute pendakian resmi yang sudah dioperasikan, yakni; rute pendakian New Selo di Boyolali dan rute pendakian Sapu Angin di Klaten. Dibandingkan rute pendakian New Selo, rute pendakian Sapu Angin jelas lebih panjang dan menantang. Dan yang pasti; belum banyak para pendaki yang telah mencoba jalur pendakian fantastis ini.

Sebelum gunung Merapi meletus freatik pada tahun 2018 silam dan membuat seluruh pendakiannya ditutup hingga sekarang, ada satu jalur lain yang juga sangat potensial untuk digunakan. Jalur tersebut adalah rute pendakian gunung Merapi via Babadan di Magelang, Jawa Tengah. Dibandingkan dua rute pendakian sebelumnya, rute Babadan nampaknya akan lebih banyak diunggulkan baik dari sisi tantangan, pemandangan yang dimilikinya, dan juga jarak tempuhnya.

Sebelum letusan freatik yang dilanjutkan dengan peningkatan aktivitas vulkaniknya hingga sekarang, gunung Merapi berpotensi untuk membuka kembali rute pendakian dari Babadan secara resmi. Sayangnya proses ini terhentikan dikarekan status gunung Merapi yang masih belum memungkinkan untuk didaki kembali.

Gunung Merapi Masih Memiliki Aktivitas Vulkanik Tinggi dan Tidak Dapat Diprediksi Kapan Akan Berakhir

gunung Merapi

Ini adalah fakta keempat tentang gunung Merapi yang juga tidak dapat dibantah, bahwa gunung Merapi masih memiliki aktivitas vulkanik yang tinggi dan sangat tidak dapat diprediksi. Dengan kondisi kegempaan yang masih tinggi dan kubah lava yang masih terus mengalami pertumbuhan, Merapi dapat saja mengalami letusan sewaktu-waktu.

Bahkan saat potensi gunung Merapi meletus lagi hari ini 2021, rakyat di sekitar kaki gunung sudah diperkenankan untuk mengungsi. Namun Merapi sendiri nampaknya masih belum mau memuntahkan isi perutnya, karena hingga sekarang letusannya masih belum juga terjadi.

Akan tetapi hal ini pula yang menjadi kekhawatiran kemudian, ketika Merapi tak kunjung meletus besar sementara aktivitas kegempaan vulkaniknya masih tinggi. Kondisi ini menurut para ahli gunung api, memungkinkan Merapi melakukan penimbunan tenaga untuk letusan yang lebih dahsyat di kemudian hari.

Gunung Merapi tidak Pernah Ingkar Janji

gunung Merapi

Apakah kamu pernah mendengar motto ini; bahwa Merapi tidak pernah ingkar janji?

Ungkapan ini terlalu menarik untuk diabaikan. Namun memang benar bahwa gunung yang memiliki bentuk khas ini adalah raksasa gunung perkasa di tanah Jawa yang sangat teguh akan janjinya.

Nah, janji apa sih, yang seringkali dimaksud dalam ungkapan tersebut?

Akasaka Journal mengartikan kata janji bagi gunung Merapi dalam beberapa versi yang menarik. Versi pertama adalah janji yang dimaksud merupakan letusan gunung Merapi itu sendiri. Dengan status sebagai gunung api paling aktif di Indonesia, Merapi memiliki ‘janji’ untuk meletus secara periodik. Jadi,  meskipun hari ini letusan Merapi nampak tidak begitu signifikan, namun janji untuk meletus secara periodik pasti akan tetap ditunaikan oleh Merapi.

Janji yang kedua bisa saja berarti bahwa gunung ini menyajikan tantangan dan pemandangan yang super indah dari puncaknya.

Jadi, meskipun terlihat lebih gersang dan tandus, gunung ini menjanjikan keindahan yang luar biasa di atasnya. Dan setelah periode letusan vulkaniknya berakhir, Merapi akan menunaikan janjinya untuk menyuguhkan panorama surga bagi setiap pendaki yang mencapai puncaknya.

BACA JUGA:

gunung Merapi

Nah, Sobat Akasaka, itu adalah 5 fakta tentang gunung Merapi yang sangat menarik untuk diketahui. Gunung Merapi tidak hanya simbol dari kekuatan alam dengan potensi letusan vulkaniknya yang dahsyat. Namun gunung ini juga adalah sebuah simbol dari keteguhan dan juga keindahan persada Indonesia.

Oh ya, untuk kamu yang ingin mendaki gunung Merapi jika statusnya sudah diperbolehkan nantinya, janga lupa untuk selalu menggunakan produk-produk Akasaka, ya.  Dedikasi yang maksimal dalam setiap produk yang dibuat oleh Akasaka Outdoor, akan membuat perjalanan petualangamu di gunung Merapi semakin aman, nyaman dan lebih bermakna.

Jadi, selamat bertualang ya, Sobat Akasaka!

KLIK DISINI DAN DAPATKAN BERBAGAI PRODUK PALING KEREN DARI AKASAKA OUTDOOR UNTUK MENEMANI PETUALALANGANMU

Baca Ini Juga Yuk!

7 PEGUNUNGAN DI DUNIA YANG PALING TERKENAL UNTUK TUJUAN MENDAKI
7 PEGUNUNGAN DI DUNIA YANG PALING TERKENAL UNTUK TUJUAN MENDAKI
Hampir semua pegunungan di dunia telah akrab dengan aktivitas mountaineering di atasnya. Pegunungan-pegunungan ini telah menjadi medan yang paling ideal dimana para pendaki mengekspresikan diri mer...
Read More
WOW INI 11 PEMANDANGAN ALAM INDONESIA PALING INDAH DI JAWA TENGAH
WOW INI 11 PEMANDANGAN ALAM INDONESIA PALING INDAH DI JAWA TENGAH
Jawa Tengah adalah salah satu bagian dari pulau Jawa yang dikaruniani begitu banyak tempat yang sangat indah. Ada sangat banyak pemandangan alam Indonesia paling indah yang keberadaannya terdapat d...
Read More
14 RAJA GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA SEBAGAI TUJUAN UTAMA MOUNTAINEERING
14 RAJA GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA SEBAGAI TUJUAN UTAMA MOUNTAINEERING
Dalam dunia mountaineering populer, dikenal istilah Mahkota Himalaya yang merupakan parade puncak paling tinggi di muka bumi. Mahkota Himalaya berisi 14 raja gunung tertinggi di dunia yang dianggap...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published