5 FAKTA MENARIK GUNUNG SEMERU YANG PALING TERKENAL BAGI PARA PENDAKI

gunung semeru

Menurut kamu, apa yang paling menarik dari gunung Semeru?

Jawaban kamu tentu pasti beragam, kan? Ada yang mungkin tertarik dengan pendakian gunung semeru karena ia adalah gunung tertinggi di Jawa. Sementara yang lain, ada pula yang misalnya tertarik dengan gunung Semeru karena gunung ini memiliki banyak sekali keindahan di dalamnya. Bagaimana pun jawabannya, gunung Semeru memang memiliki banyak hal untuk dikagumi.

Nah, kali ini Akasaka Journal akan merangkum 7 fakta paling menarik mengenai gunung Semeru sehingga membuat gunung ini benar-benar layak menjadi sebuah tujuan pendakian yang menyenangkan.

Apa saja faktanya?

Yuk, simak ulasannya berikut ini.

7 Fakta Paling Menarik dari Gunung Semeru untuk Para Pendaki Gunung di Indonesia

gunung semeru

Salah satu keunikan dari gunung Mahameru atau Semeru adalah masih ada juga orang Indonesia yang bertanya tentang gunung Semeru di daerah mana, meskipun keindahan gunung ini sendiri sudah sering mereka lihat. Gunung Semeru yang terletak di propinsi Jawa Timur ini memang memiliki reputasi keindahan yang melampaui ketinggiannya sendiri.

Selain ketinggian dan keindahan yang dimilikinya, Mahameru ternyata juga memiliki banyak sekali hal menarik yang sudah umum dikenal di kalangan para pendaki gunung Indonesia. Dan berikut adalah 7 hal menarik paling populer dari gunung Semeru yang telah berhasil dihimpun oleh Akasaka Journal.

Pastikan kamu membacanya sampai tuntas, ya.

BACA JUGA:

Gunung Tertinggi di Pulau Jawa

gunung semeru

Hal pertama dan paling terkenal di kalangan para pendaki gunung Indonesia ketika menyebut nama Semeru adalah; bahwa gunung ini merupakan gunung tertinggi yang ada di pulau Jawa. Ketinggian puncak Mahameru adalah 3.676 Mdpl dan menjadi puncak gunung paling tinggi di seantero tanah Jawa.

Oh ya, apakah kamu pernah membaca sejarah gunung Semeru sebelumnya?

Jika iya, kamu mungkin masih ingat mengenai legenda yang mengatakan kalau sebenarnya gunung Semeru dulunya dibawa oleh dewa-dewa dari India. Semeru diletakkan di pulau Jawa sebagai pasak lantaran pulau Jawa dulunya sangat labil dan tidak seimbang. Legenda gunung Semeru seperti ini pada umumnya telah dikenal luas juga sebagai cerita rakyat yang masyhur.

Terkait dengan statusnya sebagai gunung yang paling tinggi di tanah Jawa, maka tak ayal Semeru pun menjadi pusat perhatian dalam dunia pendakian. Ketinggiannya ini memberikan suasana eksklusivitas dan kebanggaan tersendiri bagi siapa pun yang telah berhasil berdiri di atas puncaknya.

Top List Seven Summit Indonesia

gunung semeru

Kamu pasti sudah tidak asing kan, dengan istilah Seven Summit Indonesia?

Ya, istilah ini pertamakali dipopulerkan oleh salah satu pegiat alam bebas Indonesia yang berprofesi pula sebagai seorang penulis. Nah, dalam tulisannya tersebut, beliau memperkenalkan istilah Seven Summit Indonesia yang kemudian menjadi demikian populer hingga sekarang.

Banyak pendaki yang mendatangi gunung Semeru saat ini diyakini tidak dapat lepas pula dari pengaruh popularitas Seven Summit Indonesia tersebut. Semeru sebagai salah satu puncak tertinggi dalam 7 kepulauan besar Indonesia, telah mendapatkan reputasi yang demikian ikonik untuk didaki dan dicapai puncaknya.

Ada 7 gunung di Indonesia yang terdaftar dalam istilah seven summit tersebut. Gunung pertama dan yang paling tinggi tentu saja adalah Carstensz Pyramid di Papua. Kemudian ada pula gunung Kerinci di pulau Sumatera, gunung Rinjani di kepulauan Lombok, gunung Semeru di Jawa, gunung Latimojong di pulau Sulawesi, gunung Binaiya di kepulauan Maluku, dan yang terakhir dan paling rendah adalah gunung Bukit Raya di pulau Kalimantan.

Dalam list Seven Summit Indonesia ini, gunung Semeru umumnya masuk dalam top list. Artinya, gunung Semeru paling umum dan paling banyak didaki sebagai yang pertama oleh para pendaki yang mengejar grand slam seven summit. Biasanya setelah puncak Mahameru, barulah mereka mendaki 6 puncak yang lainnya.

Statusnya Sebagai Gunung Api yang Super Unik

gunung semeru

Meskipun tidak begitu massif, namum berita gunung Semeru meletus 2020 silam sempat juga membuat khawatir. Selain penduduk kaki gunung Semeru sendiri, kekhawatiran juga dirasakan oleh para pendaki yang ingin mendaki gunung ini, karena ada kemungkinan pendakian akan ditutup jika kemudian Semeru mengalami erupsi.

Aktivitas vulkanik gunung Semeru memang sangat unik bagi para pendaki gunung yang pernah mendakinya. Dalam kondisi normal, kawah Semeru yang jaraknya tak begitu jauh dari puncak Mahameru, setidaknya akan berdentum setiap 10 atau 15 menit sekali. Hayo, kamu yang pernah mendaki gunung Semeru sebelumnya pasti pernah menemui hal ini, kan?

Dentuman ini merupakan proses dari aktivitas vulkanik yang  terjadi secara teratur dalam kondisi normal. Umumnya dentuman ini membawa gas sulfatara dan gas-gas berbahaya lain bagi kesehatan manusia. Oleh karena itu pula kemudian, ada sebuah aturan dalam pendakian gunung Semeru yang mengharuskan para pendaki untuk meninggalkan areal puncak jika waktu sudah menunjukkan di atas jam 10 siang.

Medan Pendakiannya yang Penuh Filosofi

gunung semeru

Kamu bisa bersepakat atau sebaliknya mengenai hal ini. Akan tetapi, rasanya memang tidak berlebihan untuk mengatakan medan pendakian gunung Semeru memang penuh dengan filosofi, terutama buat kamu yang memang suka berpikir dan memaknai setiap perjalananmu dalam perenungan yang dalam, layaknya para pendaki gunung sejati.

Rutenya yang panjang mengajarkan ketabahan, padang savananya yang membentang mengajarkan sudut pandang yang luas dalam melihat persoalan hidup, sementara bening air Ranu Kumbolo-nya mengajarkan pula mengenai kejernihan berpikir dan ketenangan jiwa yang menentramkan. Hampir semua bagian jalur pendakian gunung Semeru adalah falsafah kehidupan yang kaya untuk direnungkan.

Akan tetapi di antara semua tempat dengan penuh filosofi tersebut, rasanya tidak ada yang melebihi tanjakan pasir menuju puncak Mahameru. Di tempat ini kadang-kadang kamu akan mendapati langkah yang tersurut mundur karena kelelahan, namun kemudian tetap berjuang tertatih-tatih hingga mencapai bagian yang paling tinggi dari gunung Mahameru itu sendiri.

Secara sederhana hal ini tentu saja mengajarkan tentang perjuangan, kegigihan, tekad yang kuat, jiwa yang pantang menyerah, dan juga kedisiplinan serta konsistensi. Jika kemudian semua filosofi ini diterapkan dalam hidup, maka kesuksesan saat berdiri di puncak Mahameru akan mengkristal pula menjadi kesuksesan kamu dalam kehidupan yang sebenarnya.

Dipenuhi oleh Tempat yang Indah

gunung semeru

Nah, yang ini kamu pasti setuju banget, kan?

Siapa pun yang pernah datang ke gunung Semeru akan sangat bersepakat bahawa gunung ini memang layaknya secuil surga yang jatuh di bumi. Keindahan ini tidak saja akan kamu nikmati ketika mendaki saja, bahkan di desa Ranupani yang merupakan base camp pendakian, keindahan itu akan kamu dapatkan pula.

Keindahan gunung Semeru yang pertama dapat kamu nikmati jika masih di Ranupani adalah dengan mengunjungi danau Ranu Regulo. Dari base camp pendakian, Ranu Regulo mungkin hanya berjarak sekitar 500 meter saja ke arah belakang. Tempat ini sangat hening, nyaman dan juga damai untuk dikunjungi.

Pada jalur pendakian gunung Semeru, ada lebih banyak lagi tempat indah yang bisa kamu nikmati. Hutan khas Indonesia dengan pohon-pohon rindang akan menyambutmu dengan riang sebelum kamu akan bertemu dengan danau Ranu Kumbolo yang spektakuler. Dan Ranu Kumbolo, seperti yang sudah kamu tahu, adalah sebuah tempat yang sangat indah untuk dilihat.

Selain Ranu Kumbolo yang super cantik, tempat indah lainnya yang dapat pula kamu temui di gunung Semeru misalnya adalah Sabana Oro-Oro Ombo, hutan pinus Landengan Dowo, Sabana Kalimati, Pangonan Cilik, dan tentu saja tanjakan pasir Mahameru-nya sendiri.

Tempat Berpulangnya Sang Legenda Indonesia

gunung semeru

Apa yang terbayang di benakmu ketika disebut nama Soe Hok Gie dan Idhan Lubis?

Kamu mungkin memiliki banyak hal yang terlintas ketika kedua nama itu disebutkan. Akan tetapi, hal yang tidak pernah akan terlupakan ketika kedua nama legendaris tersebut disebut adalah gunung Semeru dan puncak Mahameru.

Kamu tahu apa sebabnya?

Tentu saja karena di gunung Semeru-lah, di puncak para dewa Mahameru-lah, kedua anak muda Indonesia didekap demikian oleh nirwana. Soe Hoe Gie. tokoh pembaharu pikiran dan idealisme pemuda Indonesia, orang yang dianggap paling bertanggung jawab atas prakarsa berdirinya Mapala Indonesia (MAPALA UI), menghadap kepada Sang Khalik dalam pelukan sang Mahameru yang perkasa.

Menjadi Inspirasi Banyak Karya Seni

gunung semeru

Nah hal paling menarik dan terkenal yang terakhir dari gunung Semeru adalah gunung ini telah melahirkan banyak karya yang luar biasa. Karya-karya ini hadir dalam berbagai bentuk; dari puisi dan lagu hingga buku, dari prosa dan kata mutiara hingga film layar lebar.

Entah karena apa, misteri gunung Semeru begitu menarik untuk disimak dan diterjemahkan dalam karya-karya yang luar biasa. Tanjakan pasir dan Arcopodo telah menyaru menjadi denting irama dalam lagu berjudulu Mahameru. Bahkan yang paling terkenal tentu saja, hadirnya buku dan film berjudul 5 CM yang kemudian dianggap sebagai trigger massifnya dunia pendakian gunung Indonesia.

Seperti halnya gunung Merapi yang menginspirasi lahirnya novel keren Merapi Barat Daya, maka gunung Semeru pun mengilhami banyak penulis untuk mengubah anginnya, danaunya, hutan pinus dan puncaknya, menjadi untaian kata dan karya yang indah. Gunung Semeru dengan segala keindahannya dalam hal ini, adalah karya seni yang sesungguhnya.

BACA JUGA:

gunung semeru

Nah, itu adalah 7 fakta tentang gunung Semeru yang umumnya sangat terkenal di kalangan para pendaki gunung Indonesia. Dengan bahasa yang sedikit berlebihan, pendakian ke gunung Semeru memang bukan hanya pendakian yang biasa. Namun, perjalanan ke gunung ini adalah sebuah perjalanan hati dan jurnal jiwa menuju sebuah pengertian yang penuh makna.

Oh ya, sebagai saran terakhir untuk kamu yang ingin mendaki gunung Semeru, yuk, gunakan selalu produk Akasaka, ya. Dengan  medan pendakian gunung Semeru yang indah sekaligus menantang, performance produk Akasaka yang prima akan membuat pendakianmu semakin istimewa.

KLIK DISINI DAN DAPATKAN BERBAGAI PRODUK AKASAKA OUTDOOR YANG PALING ISTIMEWA UNTUK MENDAKI GUNUNG SEMERU

Baca Ini Juga Yuk!

MEMILIH TAS GUNUNG MURAH YANG TIDAK MURAHAN, INI CIRI-CIRINYA
MEMILIH TAS GUNUNG MURAH YANG TIDAK MURAHAN, INI CIRI-CIRINYA
Memiliki tas gunung murah dengan kualitas yang memuaskan tentu saja menjadi impian banyak pendaki gunung, termasuk juga kamu mungkin saja. Tetapi masalahnya adalah, produk yang dilabeli murah dari ...
Read More
DOWNLOAD GAMBAR PEMANDANGAN INI UNTUK OBATI KERINDUANMU BERTUALANG
DOWNLOAD GAMBAR PEMANDANGAN INI UNTUK OBATI KERINDUANMU BERTUALANG
Jelajah virtual adalah cara yang umum digunakan pada masa pandemi Covid-19 untuk memfasilitasi keinginan bertualang ke alam bebas yang belum dapat diwujudkan. Cara lain yang lebih sederhana juga da...
Read More
7 BINATANG BUAS YANG PALING SERING DIJUMPAI PENDAKI GUNUNG INDONESIA
7 BINATANG BUAS YANG PALING SERING DIJUMPAI PENDAKI GUNUNG INDONESIA
Kamu pernah berjumpa binatang buas apa saat bertualang atau mendaki gunung? Dengan kontur pegunungan dan iklim hutan tropis yang lebat, hutan dan gunung-gunung Indonesia memang menjadi habitat bagi...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published