5 ATURAN TRAIL RUN YANG HARUS KAMU TAHU SEBELUM MELAKUKANNYA

Trail Run

Dalam dunia outdoor, istilah trail run atau running trail sebenarnya sudah cukup lama dikenal. Akan tetapi di Indonesia, olahraga ini memang masih terbilang belum begitu lama dikenal. Namun demikian, peminat olahraga satu ini ternyata tidak sedikit dengan dibuktikannya peserta yang tidak pernah sepi event ini misalnya di adakan di Indonesia.

Beberapa Aturan yang Harus Diketahui Sebelum Mengikuti Olahraga Trail run

Trail run merupakan kompetisi lari yang diadakan di daerah pegunungan atau perbukitan. Di Indonesia, setidaknya beberapa ajang perlombaan bergengsi olahraga ini yang telah berlangsung selama bertahun-tahun yaitu, Rinjani Ultra, Ijen Trail running, dan RMR Dash. Meskipun tergolong sulit, ternyata ada banyak orang yang berminat untuk melakukan kegiatan ini.

Nah, jika sobat Akasaka tertarik dengan olahraga ekstrem ini, ada beberapa aturan umum yang harus diketahui. Penasaran apa saja aturan tersebut? Mari kita simak ulasannya berikut ini!

Jangan Lupa Membawa Perlengkapan Wajib

Perlengkapan Trail Run

Dalam kompetisi Trail run ada sejumlah peraturan yang harus dipatuhi peserta. Di antara peraturan tersebut adalah kewajiban membawa beberapa perlengkapan seperti: P3K sederhana, course map, timing chip, makanan serta minuman secukupnya, headlamp, baju hangat, nomor peserta, dan peluit. Di beberapa kompetisi bahkan ada yang menambahkan aturan memiliki asuransi kecelakaan.

Karena berhubungan dengan keselamatan peserta, kelengkapan ini biasanya akan diperiksa panitia sesaat sebelum perlombaan dimulai. Bagi yang tidak dapat memenuhi persyaratan ini, panitia akan langsung mendiskualifikasi peserta tersebut sehingga dia tidak bisa mengikuti kompetisi ke tingkat selanjutnya.

Memiliki Kondisi Fisik dan Mental Yang Memadai

Kondisi Fisik Dan Mental Sebelum Trail Run

Karena termasuk olahraga berat, setiap peserta yang mengikuti kompetisi ekstrem ini diwajibkan memiliki kondisi fisik dan mental yang benar-benar prima. Karena itulah saat proses pendaftaran, panitia biasanya mewajibkan setiap peserta untuk memiliki surat keterangan sehat dari rumah sakit setempat.

Inilah mengapa, sebelum melakukan kompetisi, pastikan kondisi mental dan badanmu cukup prima. Bahkan kalau perlu, jagalah asupan makan dan lakukan olahraga secara rutin sebelum memutuskan untuk mendaftar kompetisi trail run.

Jangan Memotong Rute

Tidak Memotong Rute Ketika Trail Run

Sebelum memulai lomba, panitia biasanya telah menentukan rute mana saja yang harus dilewati peserta. Penentuan rute ini dilakukan untuk mencegah hal-hal buruk dan menghindarkan peserta dari kawasan berbahaya pegunungan seperti jurang atau daerah rawan longsor.

Berdasarkan hal tersebut, setiap peserta kompetisi olahraga lari ekstrem ini dilarang memotong rute atau melewati jalur lain di luar yang telah ditetapkan panitia. Meskipun mungkin jarak yang harus ditempuh lebih singkat, tetapi memotong rute akan meningkatkan risiko tersesat atau kecelakaan.

Jadi sebisa mungkin demi keselamatan diri sendiri, ikutilah rute yang telah ditetapkan panitia.

Jangan Membuang Sampah Sembarangan

Tidak Membuang Sampah Ketika Trail Run

Tujuan utama kompetisi trail run adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya sikap menjaga lingkungan. Karena itulah saat berlari melewati kawasan pegunungan, kita dilarang keras untuk membuang sampah sembarangan.

Sebagai tindakan antisipasi, siapkan tas kresek atau plastik khusus untuk membuang bungkus makanan dan minuman yang sudah tidak berguna.

Budayakan Sportivitas

Sportivitas Ketika Trail Run

Curang merupakan tindakan tercela yang tidak mungkin ditoleransi keberadaannya dalam kompetisi apa pun, termasuk perlombaan lari ekstrem ini. Meskipun tujuan utama kamu saat mengikuti kompetisi adalah menang, tetapi bukan berarti kita diperbolehkan untuk  melakukan tindakan dan hal-hal yang dapat mencoreng sportivitas.

Untuk mencegah peserta berbuat curang, setiap pelanggaran akan dikenai sanksi atau bahkan diskualifikasi. Beberapa kecurangan yang sering ditemui adalah menggunakan kendaraan saat kompetisi, mengganti peserta dengan orang lain di tengah rute, hingga mendapatkan bantuan dari panitia atau non peserta agar bisa menang.

Demikianlah beberapa peraturan umum trail run yang harus kamu tahu jika ingin berpartisipasi dalam kompetisi olahraga ekstrem tersebut. Satu hal yang harus kita pahami, kegiatan ini dilakukan di daerah pegunungan dan perbukitan dengan medan yang sulit atau terjal. Jika pengetahuan dasar tersebut telah diketahui, kita jadi tahu apa saja yang harus dipersiapkan agar kompetisi bisa berjalan sesuai dengan yang diinginkan.

Biasanya para pelari dalam kompetisi trail running membekali diri mereka dengan waist bag yang dapat menampung beberapa keperluan. Nah, bagi kamu yang ingin mencoba trail run pula, Akasaka Outdoor memiliki beberapa koleksi tas pinggang outdoor terbaik yang bisa kamu jadikan referensi saat trail run. Silahkan klik tautan di atas untuk mendapatkan penawaran terbaik dari produknya, ya!

 

.

Leave a comment

All comments are moderated before being published