3 PANTANGAN GUNUNG CIREMAI DAN 5 FAKTA PENTING TENTANG PUNCAK PASUNDAN

Kamu sudah tahu belum, kalau ada beberapa pantangan di gunung Ciremai yang tidak boleh dilanggar oleh para pendaki mana pun?

Pantangan-pantangan ini konon diyakini menjadi semacam aturan tak tertulis dalam pendakian gunung Ciremai. Setiap pendaki yang berkunjung atau pun masyarakat sekitar yang ingin mendaki ke gunung tertinggi di negeri Pasundan ini, harus sudah mengetahui mengenai pantangan tersebut.

Nah, apa saja sih, pantangan gunung Ciremai yang harus diketahui oleh para pendaki?

Yuk, simak ulasannya berikut ini versi Akasaka Journal

BACA JUGA:

3 Pantangan di Gunung Ciremai + Berbagai Fakta Menarik Tentang Puncak Tertinggi Jawa Barat

Sebagai gunung tertinggi di propinsi Jawa Barat, gunung Ciremai lebih dari sekedar menarik untuk dibicarakan. Sejarah gunung Ciremai, misteri yang melingkupinya, hingga berbagai hal menarik lain tentang gunung ini, telah lama populer di kalangan para pendaki gunung.

Dari sisi nama, Ciremai sebenarnya bernama asli Ceremai bukannya Ciremai. Namun, dikarenakan adanya gejala hypercorrect di Jawa Barat untuk nama tempat dengan awalan Ci-, maka secara umum gunung ini lebih sering disebut Ciremai. Meskipun, Ceremai yang menjadi asal usul nama gunung ini sendiri adalah sejenis tumbuhan dengan buah yang memiliki rasa masam (cereme).

Ketinggian gunung Ciremai adalah 3.078 meter dari permukaan laut, dan ini merupakan ketinggian tertinggi di seluruh propinsi Jawa Barat. Oleh karena Jawa Barat juga disebut sebagai negeri Pasundan, maka istilah Ciremai sebagai Atap Pasundan juga tidak asing terdengar. Atau arti secara harfian dari istilah bahwa gunung Ciremai merupakan gunung tertinggi di Jawa Barat.

Sebagai gunung berapi yang pernah meletus, gunung Ciremai juga memiliki dua kawah utama dengan diameter yang berbeda. Cerita gunung Ciremai meletus dan menghasilkan dua objek kawah ini juga merupakan bagian menarik dari keseluruhan kisah di gunung Ciremai itu sendiri.

Nah, apa sajakah fakta menarik dan legenda gunung Ciremai yang paling terkenal? Termasuk juga tentang adanya pantangan untuk para pendaki di gunung tertinggi Jawa Barat ini?

Ini beberapa di antaranya.

Berbagai Fakta Menarik Tentang Gunung Ciremai Si Atap Negeri Pasundan

Merupakan Gunung Api yang Masih Aktif

Fakta pertama dari gunung Ciremai adalah gunung ini merupakan gunung api yang aktif. Berdasarkan jenisnya, gunung Ciremai dapat digolongkan sebagai gunung berapi aktif tipe A yang artinya gunung api magmatik yang masih beraktivitas normal. Bentuk gunung Ciremai juga sempurna sebagai gunung dengan kubah yang besar (strato volcano).

Letusan gunung Ciremai sudah cukup sering terjadi sepanjang sejarah. Berdasarkan data vulkanologi, gunung ini sudah meletus dari tahun 1698 sampai dengan letusan terakhir yang terjadi pada tahun 1937. Bahkan pada salah satu waktu, letusan gunung Ciremai hanya berselang dalam waktu tiga tahun saja saking aktifnya.

Jadi, jika ada di antara kamu yang bertanya; apakah gunung Ciremai masih aktif?

Maka jawabannya adalah; Yap, gunung Ciremai memang masih aktif hingga sekarang.

Menjadi Rumah Bagi Banyak Peristiwa Sejarah dan juga Wisata Alam Eksotis

Fakta kedua yang tidak kalah menarik dari gunung Ciremai atau Ceremai adalah bahwa gunung ini, atau di sekitar wilayah gunung ini, menjadi tempat bagi banyak peristiwa sejarah yang sangar krusial.

Beberapa peristiwa sejarah yang cukup penting dengan latar belakang tempat di sekitar gunung Ciremai misalnya adalah Linggarjati.

Hayo, apa yang terbayang dalam benak kamu berhubungan dengan sejarah Indonesia ketika mendengar kata Linggar Jati atau Linggarjati?

Nah, benar banget. Perundingan Linggarjati yang terjadi antara pemerintah Indonesia dan penjajah Belanda pernah terjadi di tempat ini. Dan kamu pasti tahu sendiri, kan, jika Perundingan Linggarjati sendiri adalah salah satu peristiwa sejarah cukup penting bagi bangsa Indonesia?

Selain berisi sejarah gunung Ciremai dan tempat yang bernilai peristiwa historis, wilayah sekitar kaki gunung tertinggi di Jawa Barat ini juga adalah rumah bagi banyak wisata alam keren, lho. Beberapa yang mungkin sudah pernah kamu dengar namanya adalah; Bumi Perkemahan Woodland Bumi Ciawi, Pemandian Alam Cibulan, Lembah Cilengkrang, Lembah Ipukan dan juga Cadas Gantung.

Memiliki Empat Jalur Pendakian Resmi

Taman Nasional Gunung Ciremai atau Gunung Ciremai National Park telah menjadi salah satu destinasi utama para pendaki gunung di propinsi Jawa Barat. Statusnya sebagai gunung tertinggi di negeri Pasundan juga memberi keistimewaan pada Ciremai yang membuat minat para pendaki untuk mengunjunginya semakin tinggi.

Secara umum dikenal ada empat jalur pendakian gunung Ciremai yang resmi. Jalur-jalur tersebut adalah; jalur pendakian gunung Ciremai via Linggasana, jalur pendakian gunung Ciremai via Apuy, jalur pendakian gunung Ciremai via Palutungan, dan jalur pendakian gunung Ciremai via Linggarjati.

Setiap jalur pendakian yang dimilikinya, gunung Ciremai menawarkan pesona alam yang berbeda-beda pula. Keindahan jalur pendakian gunung Ciremai via Palutungan tentu berbeda dengan via Linggarjati dan yang lainnya. Ada sebuah ciri khas menarik yang masing-masing akan kamu dapatkan pada setiap jalur pendakian tersebut.

Rumah Bagi Bunga Edelweiss dan Satwa Langka

Fakta keempat dari gunung Ciremai yang mungkin tidak banyak disadari oleh para pendaki adalah gunung ini merupakan rumah bagi bunga edelweiss dan juga satwa yang masih cukup banyak jumlahnya. Pastinya kamu juga pernah menemukan bunga edelweiss putih dan kekuningan di gunung ini, kan?

Dengan iklim dan juga kontur gunungnya yang ideal, Ciremai menjadi habitat yang cocok bagi tanaman tundra seperti edelweiss berbagai jenis dan warna. Makanya tidak mengherankan jika di gunung ini kemudian sangat mudah untuk ditemui rumpun bunga abadi tersebut.

Selain edelweiss yang indah, keistimewaan gunung Ciremai juga karena ia menjadi habitat banyak hewan yang eksotis. Beberapa satwa yang menjadikan gunung Ciremai sebagai rumah mereka misalnya adalah; bangkong bertanduk, elang hitam, elang brontok, elang jawa, burung madu jawa, macan tutul, landak jawa, kongkang kolam, katak pohon emas, dan masih banyak lagi.

Merupakan Atap Negeri Pasundan

Nah, hal kelima yang menjadi fakta dari gunung Ciremai adalah jawaban dari pertanyaan yang mungkin sering kamu dengar.

Tidak sedikit orang yang mengatakan kalau gunung Ciremai angker dan dipenuhi oleh misteri yang membuat seram. Keterkaitan antara keangkeran Ciremai dan misteri yang melingkupinya, umumnya selalu dihubungkan pula dengan statusnya sebagai gunung tertinggi di Jawa Barat.

Dahulu, Jawa Barat adalah rumah bagi sebuah kerajaan besar bernama Padjajaran. Kerajaan ini seperti halnya kerajaan-kerajaan lain di Nusantara, dipenuhi oleh orang-orang sakti mandraguna. Kerajaan Padjajaran dan tanah Pasundan sendiri menganggap gunung Ciremai sebagai sesuatu yang istimewa karena ketinggiannya.

Nah, dikarenakan keistimewaan ini, berkembang legenda gunung Ciremai yang mengatakan bahwa gunung itu menjadi tempat moksa bagi orang-orang sakti dari Padjajaran. Moksa sendiri arti sederhananya adalah kembali, pulang, meninggal atau wafat, namun secara gaib.

Jadi, memang cukup serem, kan?

3 Pantangan Gunung Ciremai yang Tidak Boleh Dilanggar oleh Para Pendaki

Selain lima fakta di atas, ternyata di gunung Ciremai ada banyak hal yang dipercaya sebagai pantangan yang tidak boleh dilanggar oleh para pendaki. Pantangan-pantangan ini telah menjadi misteri gunung Ciremai meskipun beberapa orang hanya menganggapnya sebagai mitos belaka.

Kamu boleh percaya dan boleh juga tidak. Akan tetapi, berikut adalah pantangan-pantangan paling terkenal ketika kamu akan mendaki gunung Ciremai;

Mendaki sambil Mengeluh

Mengeluh ternyata tidak hanya disukai oleh manusia, namun juga oleh makhluk gaib dari dimensi lain. Mengeluh ketika mendaki gunung Ciremai juga dipercaya akan mengakibatkan hal buruk bagi para pendaki itu sendiri.

Mitos yang berkembang mengatakan gunung Ciremai sendiri mampu mendengar keluhan para pendaki. Dan bagian buruknya adalah; keluhan itu akan diberikan lebih banyak lagi dan lebih berat kepada para pendaki sepanjang perjalanan mereka.

Bagaimana? Nggak enak banget, kan?

Sembarangan dalam Urusan Kebersihan

Pantangan gunung Ciremai secara spesifiknya terkait hal ini adalah siapa pun yang berkunjung ke gunung ini dilarang buang air besar (BAB) atau pun buang air kecil, secara sembarangan. Mitos yang berkembang adalah karena seluruh gunung Ciremai merupakan bagian penting dari sejarah Padjajaran, maka bisa saja kamu akan mengotori tempat yang mereka anggap sakral di Ciremai.

Namun memang sebenarnya, sebagai pendaki gunung yang beretika kamu tidak boleh membuang limbah tubuh secara sembarangan. Ikutilah norma yang berlaku dan selalu sopanlah ketika melakukannya.

Dianjurkan untuk Uluk Salam dan Injak Bumi Tiga Kali Sebelum Mendaki

Selanjutnya pantangan ketiga atau yang terakhir di gunung Ciremai adalah adanya anjuran untuk mengucapkan salam ketika mencapai setiap pos. Ketidaksediaan kamu berucap salam menurut mitos akan dicap sebagai kesombongan dari penghuni gunung Ciremai. Dan akibatnya, makluk tak kasat mata itu mungkin akan memberi kamu pelajaran.

Bahkan lebih jauh, cerita gunung Ciremai yang populer juga mengatakan bahwa sebaiknya para pendaki mengucapkan salam kemudian menghentakkan kakinya ke bumi sebanyak 3 kali sebelum mendaki gunung Ciremai.

Entah pantangan ini benar atau tidak, namun bersikap sopan dan berdoa kepada Tuhan sebelum memulai setiap pendakian, adalah cara paling umum untuk kelancaran perjalanan.

BACA JUGA:

 

Nah, itu adalah beberapa fakta tentang gunung Ciremai sekaligus juga beberapa pantangan yang tidak boleh kamu lakukan ketika mendakinya. Kamu boleh untuk tidak percaya mitos dan kepercayaan semacam itu, tetapi sebaiknya kamu tetap menghormatinya, ya.

Sebagai saran terakhir sebelum kamu mendaki gunung Ciremai; Yuk, gunakan selalu produk terbaik dari Akasaka Outdoor, ya. Dengan ketangguhan dan kenyamanan setiap produknya, Akasaka akan membuat petualangan kamu semakin istimewa dimana pun saja.

YUK, DAPATKAN PRODUK TERBAIK AKASAKA OUTDOOR DISINI

Baca Ini Juga Yuk!

TERNYATA INI 7 KISAH DI PEGUNUNGAN MOUNT EVEREST YANG JARANG DIKETAHUI
TERNYATA INI 7 KISAH DI PEGUNUNGAN MOUNT EVEREST YANG JARANG DIKETAHUI
Pegunungan Mount Everest adalah pegunungan tertinggi di dunia dan mungkin juga yang paling menarik bagi banyak orang. Puncak-puncak di pegunungan Himalaya menjulang hingga ketinggian delapan kilome...
Read More
TERNYATA INI 5 FAKTA PENYEBAB TEWASNYA 3 PENDAKI GUNUNG BAWAKARAENG
TERNYATA INI 5 FAKTA PENYEBAB TEWASNYA 3 PENDAKI GUNUNG BAWAKARAENG
Rundung kabar duka kembali menyelimuti dunia pendakian gunung tanah air. Tiga hari yang lalu, bersamaan dengan perayaan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2021, tiga orang...
Read More
AMAZING! INI 11 PUNCAK PEGUNUNGAN ANDES YANG PALING TERKENAL DI DUNIA
AMAZING! INI 11 PUNCAK PEGUNUNGAN ANDES YANG PALING TERKENAL DI DUNIA
Dengan reputasinya sebagai pegunungan terpanjang di dunia, Pegunungan Andes memang layak menjadi rumah bagi banyak puncak gunung yang paling menakjubkan. Kamu akan menemukan kombinasi ketinggian ya...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published