21 PEMANDANGAN INDAH YANG HANYA BISA DITEMUKAN DI INDONESIA

 

Pemandangan indah

 

Indonesia adalah salah satu negara di dunia yang dikaruniai begitu banyak pemandangan indah. Dari barat di Aceh hingga Papua di bagian timur, ada ribuan banyaknya suguhan keindahan alam khas Indonesia. Gunung-gunung yang tinggi menjulang, pantai yang membentang, dan budaya yang begitu kaya, telah menempatkan Indonesia sebagai sebuah negara yang demikian istimewa untuk menjadi tujuan wisata.

Pemandangan yang indah akan alam semesta, tentu tidak hanya ada di Indonesia saja. Negara lain juga memiliki pesona wisata yang menarik untuk dikunjungi. Akan tetapi, ternyata ada beberapa tempat di Indonesia yang dianggap memiliki nilai istimewa. Dianggap sangat istimewa karena pemandangan dan keindahan yang ditawarkannya, diketahui hanya ada di Indonesia. Artinya; selain Indonesia keindahan yang identik seperti itu tidak ada yang memilikinya.

Lalu, pemandangan istimewa apa saja yang hanya dimiliki oleh negara Indonesia dan tidak dimiliki oleh negara lainnya? Yuk, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

21 Pemandangan Indah dan Super Istimewa yang Hanya Ada di Indonesia

 

pemandangan indah

 

Dengan komposisi wilayahnya yang terdiri dari ribuan pulau, Indonesia tentu menjadi salah satu negara dengan kekayaan topografi dan budaya di dunia. Selain bentang alam yang unik, Indonesia juga memiliki sederet pemandangan cantik nan menarik untuk tujuan wisata. Pemandangan pantai Indonesia misalnya, bahkan tidak kalah mempesonanya jika dibandingkan dengan pantai Maldives yang populer itu.

Statusnya sebagai negara kepulauan terbesar di dunia telah menempatkan Indonesia sebagai pemilik pantai-pantai dengan kencantikan yang luar biasa. Kombinasi antara deretan pohon kelapa dan karang-karang yang kokoh, kemudian bertemu dengan air laut samudara Hindia yang jernih di garis pantai berpasir putih yang unik, adalah gambaran umum untuk melukiskan bagaimana indahnya pantai-pantai cantik yang ada di Indonesia.

Selain pantai, Indonesia juga masih memiliki banyak keindahan alam lainnya. Rantai pegunungan berapi yang membentang jauh dari pulau Sumatera, Jawa, Bali, hingga Nusa Tenggara, seolah menjadi paku-paku daratan Indonesia yang kaya. Sementara sawah ladang, perbukitan, air terjun, kebudayaan dan adat istiadat, menjadi bagian lain yang membuat segala sesuatunya menjadi semakin istimewa.

Nah sekarang, apa saja, sih, pemandangan indah di Indonesia yang memiliki kecantikan yang luar biasa serta istimewa?

Khusus buat kamu, berikut adalah 21 daftarnya versi Akasaka Outdoor.

Tegalalang Rice Terrace di Kabupaten Gianyar, Bali

Pemandangan indah di Indonesia yang pertama adalah Tegalalang Rice Terrace yang terletak di kabupaten Gianyar, Bali. Pemandangan sawah yang bersusun dengan sangat cantik di tempat ini akan membuat kamu terpana. Eksotisme suasana pedesaan yang damai dan tenang juga akan menambah kedamaian ketika kamu berkunjung ke sini.

Desa Wae Rebo di Flores, Nusa Tenggara Timur

Selanjutnya tempat di Indonesia dengan nuansa khas yang istimewa adalah desa Wae Rebo yang terdapat di Flores, Nusa Tenggara Timur. Tempat yang terletak di antara pegunungan pulau Flores yang eksotis ini, adalah kombinasi keindahan sempurna antara pemandangan alam yang mempesona dan kebudayaan suku asli Flores yang istimewa.

Ngarai Sianok di Bukit Tinggi, Sumatera Barat

Berbagai propinsi  di pulau Sumatera menyimpan banyak sekali tempat indah yang dapat kamu kunjungi sebagai destinasi wisata. Nah, propinsi Sumatera Barat atau Padang adalah salah satu wilayah yang paling banyak menyimpan tempat indah sekaligus bersejarah.

Ngarai Sianok merupakan salah satu yang paling dijagokan sebagai destinasi wisata favorit di propinsi ini. Keindahan pemandangan alam dan sawah-sawah, berpadu dengan aliran sungai yang berkelok-kelok dengan pagar tebing di kedua sisinya, adalah suguhan alam yang akan menyambutmu ketika mengunjungi Ngarai Sianok.

Gunung Inerie di Nusa Tenggara Timur

Pemandangan alam yang indah khas Indonesia selanjutnya dapat kamu jumpai di Nusa Tenggara Timur, tepatnya di gunung Inerie.  Gunung yang memiliki bentuk kerucut sempurna ini adalah salah satu objek wisata populer di Nusa Tenggara Timur. Keunggulan utama tempat ini selain bentuknya yang menarik, adalah panorama alam sekitarnya yang sungguh cantik dan mempesona.

Dataran Tinggi Dieng di Jawa Tengah

Dieng Plateau atau Dataran Tinggi Dieng adalah objek wisata yang sangat istimewa di pulau Jawa, bahkan Indonesia. Dengan segala anugrah keindahan pesona alam yang ada di wilayahnya, Dieng Plateau seolah benar-benar menjadi jelmaan kecantikan kayangan yang banyak dikisahkan dalam dunia pewayangan.

Buat kamu yang suka menjelajah situs purbakala, Dieng memiliki kawasan Candi Arjuna dan juga museum yang juga tidak jauh letaknya dari lokasi candi. Buat kamu yang suka mendaki gunung, Dataran Dieng memiliki gunung Prau, Bukit Sikunir, dan lain sebagainya. Sementara wisata lain di Dieng Plateau yang juga menunggu untuk kamu kunjungi misalnya adalah Danau Telaga Warna, Kawah Sikidang, dan masih banyak yang lainnya.

Pulau Labengki di Sulawesi Tenggara

Beralih lagi ke wilayah Indonesia bagian timur, kali ini Pulau Labengki di Sulawesi Tenggara akan menyuguhkan pemandangan laut dan gugusan batuan karang yang cantik. Keindahannya semakin sempurna dengan warna air lautnya yang biru, yang membuat tempat ini menjadi terasa demikian sejuk dan menyenangkan sebagai tempat berlibur bersama keluarga dan orang-orang terkasih.

Taman Hutan Raya Sultan Adam Mandiangin di Banjarbaru, Kalimantan Selatan

Lokasi selanjutnya yang akan memberikan kamu pemandangan luar biasa dan istimewa untuk dinikmati adalah Taman Hutan Raya Sultan Adam Mandiangin yang terletak di Banjarbaru, Kalimantan Selatan. Selain menawarkan hutan belantara khas bumi Kalimantan yang eksotis, di tempat ini kamu juga akan menemui air terjun, perbukitan yang asri, padang rumput yang cantik, dan masih banyak pesona istimewa lainnya.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru di Jawa Timur

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru atau TNBTS adalah salah satu taman nasional di Indonesia yang memiliki keindahan pemandangan yang sangat istimewa. Gugusan gunung Bromo, gunung Batok dan gunung Semeru, menjadi daya tarik yang tak habis untuk dikagumi.

Selain pemandangan gunung super cantik yang dimilikinya, TNBTS juga memiliki pesona kawah pasir yang cantik dan sangat luas. Bahkan jika kamu adalah seorang petualang yang biasa menikmati alam dengan cara-cara yang unik, maka tempat ini juga menyajikan berbagai pesona lain seperti kuliner menarik, selancar pasir, dan tradisi budaya lokal suku Tengger yang istimewa.

Pulau Mentawai di Kepulaun Mentawai, Sumatera Barat

Jika kamu adalah seorang penikmat olahraga air yang penuh tantangan seperti surfing di laut lepas, maka pulau Mentawai adalah tempat yang sempurna. Air laut biru dan ombak yang ideal untuk berselancar, akan membuat aktivitas menunggang ombak yang kamu lakukan semakin asyik dan menyenangkan.

Desa Pinggan di kecamatan Kintamani, Bali

pemandangan indah

Meski tidak sepopuler pantai Kuta, pantai Sanur atau Tanah Lot yang merupakan objek wisata terkenal di Bali, namun dari sisi pesona yang dimilikinya, desa Pinggan jelas tidak terkalahkan. Dari puncak bukit yang ada di tempat ini pada waktu yang tepat, kamu dapat menyaksikan lembah berpagar gunung yang tertutup kabut tipis yang membuatnya terasa demikian eksotis.

Pulau Nusa Penida di Bali

Masih di Bali, kali ini tempat yang cantik dan tak kalah indah adalah Nusa Penida. Ikon terbaik dari pulau ini adalah sebuah pagar karang yang bediri menyambung hingga ke lepas pantai. Air laut yang biru dan pasir yang halus akan membuat pemandangan di tempat ini menjadi semakin mempesona untuk dinikmati.

Taman Nasional Gunung Rinjani di Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat

pemandangan indah

Selanjutnya tempat yang hampir selalu ada dalam list wisata terindah Indonesia adalah gunung Rinjani di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Pemandangan puncak Rinjani yang megah dan Danau Segara Anak yang luas menjadikan wisata pendakian ke Rinjani menjadi sangat diminati, baik oleh wisatawan domestik mau pun mancanegara.

Bukit Pengasingan di Sembalun Lawang, Lombok

pemandangan indah

Pulau Lombok adalah pulau yang seringkali digadang-gadang sebagai Pulau Bali Kedua bagi Indonesia lantaran keindahan yang dimilikinya.

Nah, selain gunung Rinjani yang terkenal karena keindahannya itu, Lombok juga memiliki sebuah tempat yang dinamakan Bukit Pengasingan. Dari bukit yang tidak begitu tinggi ini, kamu akan mendapatkan pemandangan alam yang sangat istimewa dinikmati.

Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah

pemandangan indah

Terletak di jantung pulau Jawa dan merupakan candi budha terbesar di dunia, candi Borobudur yang terdapat di kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini telah menjadi ikon wisata Indonesia yang populer. Pada sudut yang tepat dan waktu yang sempurna, kamu dapat menyaksikan bagaimana indahnya pemandangan yang dihasilkan alam raya dengan objek utamanya berupa candi Borobudur.

Gunung Merapi di Jawa Tengah

Letak gunung Merapi dengan statusnya sebagai salah satu gunung api paling aktif di dunia sebenarnya tidak begitu jauh dari  candi Borobudur.

Di Indonesia sendiri, gunung Merapi dapat dikatakan sebagai gunung yang paling banyak mendapat perhatian karena bentuknya yang menakjubkan, aktivitasnya yang misterius, dan juga tentu saja, pemandangannya yang penuh daya tarik untuk dikunjungi.

Danau Toba di Sumatera Utara

Beralih lagi ke pulau Sumatera, kali ini yang menjadi salah satu tempat dengan pemandangan alam super indah dan satu-satunya di dunia adalah Danau Toba yang terletak di propinsi Sumatera Utara.

Sebagai danau vulkanik yang telah terbentuk sejak ribuan tahun yang lalu, danau Toba lebih dari sekedar indah untuk dijadikan destinasi wisata. Air danau yang biru mengepung pulau Samosir yang ada di tengahnya membuat danau Toba benar-benar menjadi sebuah objek wisata yang istimewa.

HASILKAN JUTAAN RUPIAH DENGAN MENULIS KISAH TRAVELLINGMU MELALUI PROGRAM AKASAKA OUTDOOR AFFILIATE MARKETING

Kepulauan Derawan di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur

Jika kamu adalah seorang petualang yang menyukai aktivitas di air semacam snorkeling, diving dan lain sebagainya, maka Derawan adalah tempat yang sempurna.

Di Kepulauan Derawan banyak sekali terdapat objek wisata air kelas dunia yang sangat keren. Beberapa yang mungkin sudah kamu kenal dan paling populer misalnya adalah; Kakaban, Sangalaki, Maratua dan juga Labuan Cermin.

Pasar Terapung Muara Kuin di Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Eksotisme keindahan Indonesia yang luar biasa juga dapat kamu jumpai jika mengunjungi Pasar Muara Kuin di Banjarmasin, propinsi Kalimantan Selatan. Pasar ini sangat unik karena semua proses perdagangan terjadi di atas sampan-sampan yang mengapung di atas sungai Barito.

Tana Toraja di Sulawesi Selatan

Tana Toraja adalah salah satu wilayah di Indonesia dengan kebudayaan yang sangat unik. Di tempat ini kamu masih bisa melihat bagaimana proses upacara pemakaman yang sakral sekaligus juga meriah. Bahkan jika beruntung, kamu juga bisa menyaksikan upacara Ma’nene yang merupakan sebuah upaca magis dimana mayat-mayat orang yang sudah mati dihias kembali dengan memberikan mereka baju dan pakaian baru.

Pulau Halmahera di Maluku

Maluku juga mempunyai banyak pemandangan indah untuk kamu nikmati. Salah satu tempat yang menarik untuk dinikmati keindahan panorama dan pemandangannya adalah pulau Halmahera. Dari pulau yang cantik ini, kamu akan melihat laut lepas yang berpaduan dengan gugusan gunung dan pulau yang menawan.

Kepulauan Raja Ampat di Irian Jaya

Tidak hanya dianggap sebagai tempat dengan pemandangan terindah di Indonesia, namun Raja Ampat juga seringkali didaulat memiliki pemandangan indah di dunia yang sulit dicari tandingannya.

Bersama Raja Ampat, tempat lain dengan pemandangan indah paling indah di dunia lainnya misalnya adalah Whitehaven Beach di Australia, Fly Geyser di Nevada, Glow Worm Cave di New Zealand, dan masih banyak lagi.

https://akasakaoutdoor.co.id/

Nah, itu adalah daftar 21 tempat di Indonesia yang memiliki pemandangan indah untuk kamu kunjungi. Dari Irian Jaya hingga penghujung pulau Sumatera, dari pulau Maluku hingga Flores, Indonesia memiliki banyak sekali tempat indah dengan panorama suguhan alam yang luar biasa.

Oya, jika kamu berniat untuk datang mengunjungi berbagai tempat indah tersebut, jangan lupa untuk menggunakan produk Akasaka Outdoor, ya. Sekarang produk Akasaka semakin banyak dan keren-keren lho, dari sandal gunung terbaik hingga sajadah yang dikhususkan untuk para petualang, bisa kamu dapatkan di Akasaka Outdoor.

Jadi, selamat bertualang dan berbelanja di Akasaka, ya!

 

 

 

Baca Ini Juga Yuk!

5 KEISTIMEWAAN PUNCAK JAYA WIJAYA SEBAGAI GUNUNG TERTINGGI DI INDONESIA
5 KEISTIMEWAAN PUNCAK JAYA WIJAYA SEBAGAI GUNUNG TERTINGGI DI INDONESIA
Sebagai gunung dengan predikat paling tinggi di Indonesia, Puncak Jaya Wijaya tentu saja memiliki banyak keistimewaan untuk diceritakan. Dari ketinggiannnya, topografinya, bentang alamnya, sampai p...
Read More
5 PUNCAK TERTINGGI DI PEGUNUNGAN HIMALAYA YANG PALING MENANTANG
5 PUNCAK TERTINGGI DI PEGUNUNGAN HIMALAYA YANG PALING MENANTANG
Sebagai rumah bagi bersemayamnya puncak-puncak tertinggi di muka bumi, pegunungan Himalaya selalu menyimpan keistimewaan untuk diceritakan. Pegunungan raksasa yang mendiami wilayah Nepal, Tibet dan...
Read More
5 ATURAN TERBARU UNTUK SEMUA JALUR PENDAKIAN GUNUNG PRAU
5 ATURAN TERBARU UNTUK SEMUA JALUR PENDAKIAN GUNUNG PRAU
Apakah kamu memiliki rencana untuk mendaki gunung Prau dalam waktu dekat ini? Jika kamu ingin mendaki gunung Prau atau gunung Prahu di kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah, maka ada beberapa hal yang na...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published