20 OBJEK WISATA PEMANDANGAN PANTAI TERINDAH DI GUNUNG KIDUL

pemandangan pantai terindah

Gunung Kidul di Jogjakarta telah populer dikenal sebagai rumah bagi banyak pemandangan pantai terindah di pulau Jawa. Jika sebelumnya masyarakat hanya mengenal pantai yang terkenal saja seperti Parangtritis, maka saat ini hampir sepanjang garis pantai Gunung Kidul telah dikenal sebagai destinasi utama untuk menikmati wisata pemandangan pantai dengan view paling luar biasa.

Lantas, pantai-pantai apa sajakah di Gunung Kidul yang terkenal dengan ekstotisme pemandangannya?

Yuk, simak ulasannya berikut ini.

20 Destinasi Wisata Pemandangan Pantai Terindah di Gunung Kidul, Yogyakarta

pemandangan pantai terindah

Apakah kamu pernah ke Jogjakarta?

Jogja atau Yogyakarta memang terkenal sebagai salah satu destinasi wisata paling populer di Indonesia. Nama-nama tempat paling terkenal jika menyebut  Jogjakarta misalnya adalah Malioboro, Keraton, Candi Prambanan, Pantai Parangtritis, Stasiun Tugu dan juga Taman Sari. Namun, tahukah kamu kalau masih banyak sekali tempat paling cantik untuk tujuan wisata paling mengesankan di Jogjakarta?

Hal menarik adalah, Gunung Kidul yang merupakan salah satu kabupaten paling tandus dan terjal di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta  atau DIY, ternyata juga menyimpan kekayaan terpendam yang luar biasa. Nah, kekayaan itu adalah hamparan pemandangan pantai indah yang akan menjadi magnet luar biasa bagi dunia pariwisata.

Dengan terbukanya akses transportasi ke berbagai pelosok di pesisir selatan Yogyakarta, denyut nadi Pariwisata di Gunung Kidul pun tumbuh dengan subur. Bahkan kemunculan berbagai gambar pantai indah khas Gunung Kidul di internet, telah membangkitkan semangat pariwisata yang luar biasa. Kunjungan ke berbagai pantai dengan pemandangan paling eksotis ini tumbuh dengan hebatnya.

Nah sekarang, untuk kamu yang sedang mempersiapkan liburan ke Jogjakarta, Akasaka Journal memiliki rekomendasi pantai-pantai paling indah di Gunung Kidul untuk kamu kunjungi.

Yuk, simak daftarnya berikut ini;

BACA JUGA:

Pantai Ngrenehan

pemandangan pantai terindah

Pemandangan pantai asli pertama khas Gunung Kidul yang dapat kamu pertimbangkan untuk mengunjunginya adalah pantai Ngrenehan atau pantai Ngerean. Pantai alami ini memiliki view yang sempurna untuk kamu yang ingin menikmati komposisi pantai yang elok antara batu karang dan laut lepas.

Bentuk pantai Ngrenehan lebih menyerupai sebuah teluk kecil yang kaya. Selain dapat menemukan gugusan karang yang menjadi benteng tempat ombak menghempaskan deburnya, kamu yang mengujungi tempat ini dapat pula merasakan kenyamanan butir-butir pasir putihnya yang lembut.

Pantai Pok Tunggal

pemandangan pantai terindah

Ada banyak inspirasi yang muncul ketika masyarakat memberi nama pantai terindah di dunia versi mereka, termasuk juga pantai Pok Tunggal yang ada di Gunung Kidul ini. Hayo, kamu yang sudah pernah mengunjungi pantai ini pasti tahu dong, asal muasal pantai ini dinamakan Pok Tunggal?

Pok berasal dari kata “Pokok”  yang dalam bahasa Jawa artinya “Pohon”. Sedang Tunggal adalah sesuai dengan namanya yakni berarti “Satu”. Jadi, pantai Pok Tunggal memiliki arti Pantai Pohon Tunggal yang diinspirasi oleh sebatang pohon Duras berukuran cukup besar yang membuat pemandangan pantai ini semakin eksotis.

Pantai Drini

pemandangan pantai terindah

Meskipun bukan pantai terindah di pulau Jawa, namun pantai Drini memiliki banyak hal menarik untuk membuatnya sangat unik untuk kamu kunjungi. Di tempat ini, kamu akan menemukan hamparan pasir halus yang membentang sepanjang pesisir. Sebuah pulau karang dengan hutan tropis mungil yang seolah mengapung tak jauh dari bibir pantai, juga membuatnya semakin eksotis.

Jika kamu berjalan sedikit ke barat, keelokan pantai Drini akan menampakkan wajah yang berbeda. Di tempat ini, ada sebuah dermaga kapal-kapal nelayan yang berlabuh. Nah, kamu juga bisa menikmati keindahan tempat ini sambil menyaksikan kesibukan para nelayan dan tangkapan mereka.

Pantai Greweng

pemandangan pantai terindah

Pantai di Gunung Kidul selanjutnya yang harus kamu kunjungi adalah Pantai Greweng yang cantik nan istimewa. Batuan karang yang ada di pantai ini membuat gugusan teluk yang cantik dengan hamparan pasir lembut berombak kecil di tengah-tengahnya.

Cara paling menyenangkan untuk menikmati keindahan pantai Greweng adalah dengan camping  dan menghabiskan malam di tempat ini. Walaupun pantai ini bukan pantai terkenal di Indonesia, namun ketenangan dan kesyahduan saat kamu menikmatinya semalaman akan memberikan kamu kesan yang istimewa.

Pantai Ngedan

pemandangan pantai terindah

Dibandingkan pantai-pantai lainnya yang sudah lebih dulu populer, pantai Ngedan atau pantai Ngeden memang belum begitu ramai oleh para pelancong. Namun, justru inilah salah satu keistimewaan yang bisa kamu nikmati jika mengunjungi pantai Gunung Kidul yang satu ini.

Terletak di antara Pantai Ngobaran dan pantai Butuh, pantai Ngedan memiliki view yang istimewa. Sebuah saung beratap biru dengan tatakan tangga berundak-undak di dekatnya, membuat view pantai Ngedan menjadi lebih sempurna berlatarkan luas samudra.

Pantai Jungwok

pemandangan pantai terindah

Untuk kamu yang memiliki jiwa petualangan, pantai Jungwok sangat direkomendasikan untuk kamu kunjungi di Gunung Kidul, Yogyakarta. Pantai Jungwok masih sangat asri dengan hamparan pasir putihnya yang membentang. Gugusan karangnya yang cantik di sekeliling pantai dan di lepas pantai, juga membuat pemandangannya semakin mempesona.

Pantai Jungwok belum bisa dijangkau kendaraan bermotor dan itu mengharuskan kamu yang ingin mengunjunginya untuk berjalan kaki. Nah, hiking dan camping di pantai Jungwok bisa juga kamu agendakan untuk menikmati moleknya pantai Gunung Kidul yang satu ini.

Pantai Sarangan

pemandangan pantai terindah

Dari pantai Krakal yang terkenal, pantai Sarangan tidak begitu jauh untuk dijangkau. Bahkan pembatas kedua pantai eksotis di Gunung Kidul ini hanyalah sebuah tebing karang yang cukup tinggi.

Garis pantai yang dimiliki oleh pantai Sarangan terbilang cukup pendek untuk sebuah pantai pada umumnya. Dengan bentang lengkungan sekitar 200 meter yang menjorok seperti teluk, kamu akan mendapati keindahan yang sangat mengagumkna jika mengunjungi tempat ini.

Pantai Kukup

pemandangan pantai terindah

Pantai Kukup tentu saja bukan pantai baru di Gunung Kidul. Pantai ini sudah cukup dikenal sejak berpuluh tahun lalu. Dan peningkatan arus pariwisata pantai di Yogyakarta justru membuat popularitasnya semakin istimewa.

Infrastruktur di pantai Kukup secara umum sudah lebih baik dibandingkan pantai-pantai lainnya di Gunung Kidul. Selain kamar mandi, penginapan, mushola, pasar dan pusat aksesoris, kamu juga dapat menikmati kuliner laut khas pantai Kukup di sini.

Pantai Sepanjang

pemandangan pantai terindah

Pantai Sepanjang adalah pantai yang berada dalam satu kawasan dengan pantai-pantai paling terkenal di Gunung Kidul lainnya seperti pantai Indrayanti, pantai Kukup, pantai Baron dan pantai Sundak. Sementara dari bentuknya, pantai Sepanjang mungkin lebih mirip dengan pantai Indrayanti.

Di Pantai Sepanjang, ada cukup banyak saung yang berjejer yang dapat kamu gunakan untuk beristirahat. Garis pantai yang cukup panjang dengan pasir putihnya yang halus, adalah hal lain yang akan memanjakan kamu saat mengunjungi tempat ini.

Pantai Nguyahan

pemandangan pantai terindah

Selanjutnya pantai yang tidak kalah keren di Gunung Kidul untuk kamu kunjungi adalah pantai Nguyahan. Uyah dalam bahasa Jawa berarti garam, namun entah apa hubungannya pantai yang cantik satu ini dengan pengertian garam dan sifat-sifatnya.

Ada cukup banyak saung atau pondok-pondok sederhana terbuat dari bambu yang berdiri di sekitar pantai Nguyahan. Nah, kamu juga bisa memanfaatkan saung-saung ini lho, untuk menikmati pemandangan pantai terindah di Gunung Kidul satu ini sembari ber-leyeh-leyeh.

Pantai Kesirat

pemandangan pantai terindah

Dengan panorama pemandangan pantai asli yang dimilikinya, pantai Kesirat seringkali menjadi daftar teratas pantai yang direkomendasikan untuk para pecinta senja dan sunset. Tebing karang yang tinggi berpadu dengan jingga langit senja akan memberikan kamu kesan yang istimewa ketika mengunjungi pantai Kesirat.

Buat kamu yang suka bertualang, camping ceria di tepi pantai, atau pun hanya duduk menikmati pemandangan laut lepas dari atas tebing karang yang tinggi, pantai Kesirat di Gunung Kidul ini sangat direkomendasikan untuk kamu datangi.

Pantai Sundak

pemandangan pantai terindah

Pantai selanjutnya di Gunung Kidul yang juga sangat layak untuk kamu kunjungi adalah pantai Sundak. Di pantai ini kamu bahkan bisa berjalan hingga 40 meter ke di areal bibir pantai yang dangkal dan merasakan kesejukan air lautnya yang jernih.

Pantai Sundak adalah salah satu pantai indah yang mendapatkan banyak pengunjung di akhir pekan. Beberapa wisatawan memilih untuk berjalan jauh ke bibir pantai untuk menyaksikan biota laut yang beraneka ragam di bawah karangnya.

Pantai Gesing

pemandangan pantai terindah

Dari sisi letaknya, pantai Gesing berada di sebelah Timur pantai Kesirat yang sangat keren itu. Dan menariknya, baik pantai Kesirat mau pun  pantai Gesing sendiri, sama-sama memiliki pemandangan yang memukau di kala senja dan sunset.

Nah, yang istimewa dari pantai Gesing adalah kamu tidak hanya bisa memandangi hamparan samudra luas dari atas tebing-tebing karangnya saja. Di pantai Gesing, kamu bahkan juga bisa turun dan membiarkan kakimu menjejak di atas pasir lembut di sebuah tempat kecil yang menyerupai teluk.

Pantai Ngandong

pemandangan pantai terindah

Dari kota Jogjakarta, pantai Ngandong dapat ditempuh dalam waktu sekitar 3 jam. Lokasi persis dari pantai ini adalah di desa Sidoarjo, kecamatan Tepus, kabupaten Gunung Kidul. Meskipun tidak seterkenal pantai lainnya, namun pemandangan pantai Ngandong sulit dicari tandingannya.

Di samping dapat langsung terjun ke air lautnya yang jernih, gugusan pagar karang dengan hutan kecil di atasnya juga akan memanjakan mata. Sampan-sampan yang digunakan nelayan untuk menangkap ikan juga akan memberikan kesan natural selama kunjunganmu ke pantai Ngandong.

Pantai Sanglen

pemandangan pantai terindah

Di pantai Sanglen terdapat banyak pohon cemara yang dapat menjadi tempat berteduh yang menyenangkan. Kombinasi hempasan ombak laut dan daun-daun pohon pinus yang lembut membuat pantai Sanglen mungkin saja seringkali disandingkan dengan pantai Goa Cina dan Goa Cemara.

Hal yang membedakan antara pantai Sanglen dengan pantai Goa Cemara adalah kamu bisa menjejakkan kakimu ke lautnya yang tenang, sesuatu yang tidak dapat dilakukan di pantai Goa Cemara. Bahkan jika kamu pecinta camping, kamu juga bisa melakukannya di pantai Sanglen, lho.

Pantai Wohkudu

pemandangan pantai terindah

Seperti namanya yang unik, pantai Wohkudu adalah pantai yang wajib kamu kunjungi karena keindahannya yang luar biasa. Pantai ini layaknya surga tersembunyi di Gunung Kidul, memiliki pesona yang sangat luar biasa untuk seorang petualang yang mengunjunginya.

Di pantai Wohkudu ada hamparan padang rumput yang nyaman untuk mendirikan tenda. Padang rumput ini terletak persis di antara dua punggungan batu karang yang ditutupi oleh pepohonan yang menghijaau. Sementara nun jauh di depan, hamparan samudra Hindia membiru dengan ombak dan anginnya yang menyegarkan.

Pantai Ngobaran

pemandangan pantai terindah

Hayo, kamu pasti sudah pernah mendengar nama pantai Ngobaran sebelumnya, kan?

Di pantau Ngobaran kamu dipastikan tidak dapat duduk-duduk di pasirnya atau merasakan deburan ombaknnya yang bergulung. Karang-karang tinggi dengan tebing yang curam membatasimu untuk menikmati pantai ini hanya dari atas tebingnya saja.

Namun demikian, justru hal inilah yang membuat pantai Ngobaran semakin istimewa. Pemandangan dari tebing-tebing ini sangat memukau untuk kamu nikmati. Sementara pura dan arca-arca yang dibangun di areal pantai juga membuat tempat ini laksana ada di pulau Dewata.

Pantai Seruni

pemandangan pantai terindah

Ada kemiripan yang dapat kamu nikmati ketika mengunjungi pantai Seruni di Gunung Kidul, dengan pantai Losari di Makassar. Barisan nama pantai yang berlatarkan laut lepas membuat keduanya demikian identik.

Nah, hal yang juga tidak kalah keren di pantai Seruni adalah kamu juga bisa menikmati olahraga paralayang di tempat ini. Menyaksikan pemandangan pantai terindah di Jogjakarta dari udara tentu saja akan memberikan kesan yang lebih istimewa.

Pamtai Sadeng

pemandangan pantai terindah

Entah benar atau tidak, namun pantai Sadeng dipercaya adalah muara dari sungai Bengawan Solo purba. Pantai ini juga memiliki view yang luas dengan hamparan gunung karang di kanan dan kirinya. Sebuah menara pemancar telekomunikasi berdiri dengan tegar di atas salah satu tonggak karangnya membuat tempat ini terasa lebih istimewa lagi.

Dengan bebatuan karang dan hijaunya pepohonan di atasnya, kamu mungkin akan menemukan kesan yang sama menariknya ketika mengunjungi pantai di Bangka Belitong saat mengunjungi pantai Sadeng.

Pantai Wediombo

pemandangan pantai terindah

Nah, pantai terakhir di Gunung Kidul yang sangat layak untuk kamu kunjungi adalah pantai Wediombo. Dan ini adalah salah satu pantai dengan tingkat popularitas yang spektakuler dalam hal kunjungan wisata pantai di Gunung Kidul.

Kamu bisa mengunjungi pantai Wediombo bersama keluarga, sahabat dan orang-orang tercinta. Pesonanya yang cantik, anginnya yang sepoi, ombatnya yang berdebur dan panorama sunsetnya yang luar biasa, akan membuat pengalamanmu mengunjungi pantai di Gunung Kidul ini semakin istimewa.

BACA JUGA:

Sobat Akasaka, itu adalah 20 tempat di Gunung Kidul dengan pemandangan pantai terindah yang sangat layak kamu kunjungi. Eksotisme pantai-pantai tersebut sangat efektif untuk menghilangkan stress dan kepenatan yang kamu alami.

Nah, sembari mengunjungi berbagai pantai paling keren di Gunung Kidul tersebut, gunakan selalu produk dari Akasaka Outdoor, ya. Dengan spesifikasi produk di atas rata-rata, Akasaka akan membuat hari-hari petualanganmu semakin sempurna dan istimewa.

SEKARANG KLIK DISINI DAN AMBIL KESEMPATANMU MENDAPATKAN PRODUK PALING SPESIAL DARI AKASAKA OUTDOOR

Baca Ini Juga Yuk!

SPEK DAN JENIS MATRAS CAMPING SERTA TIPS MUDAH MEMILIH YANG TERBAIK
SPEK DAN JENIS MATRAS CAMPING SERTA TIPS MUDAH MEMILIH YANG TERBAIK
  Tahukah kamu, jika fungsi dari berbagai jenis matras camping yang utama bukanlah supaya tidur kamu menjadi nyaman dan empuk saat berkemah atau mendaki gunung? Para pendaki pemula pada umumnya me...
Read More
9 ACCESSORIES PENDAKI GUNUNG YANG PALING BANYAK DIGUNAKAN DI INDONESIA
9 ACCESSORIES PENDAKI GUNUNG YANG PALING BANYAK DIGUNAKAN DI INDONESIA
Aksesoris atau accessories bukan hal yang asing bagi pegiat aktivitas hiking  di tanah air. Accessories pendaki gunung telah menjadi semacam  style  wajib bagi para pendaki untuk menunjukkan identi...
Read More
INI 19 GAMBAR PEMANDANGAN ALAM HITAM PUTIH PALING KEREN DI DUNIA
INI 19 GAMBAR PEMANDANGAN ALAM HITAM PUTIH PALING KEREN DI DUNIA
Tanpa warna, sebuah tempat yang hebat pun dapat memancarkan pesona yang luar biasa. Jika kamu jeli melihat berbagai gambar pemandangan alam hitam putih pada potret-potret istimewa, kamu akan sepaka...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published