16 ARAH MATA ANGIN LENGKAP DALAM ISTILAH PENDAKIAN GUNUNG DAN CONTOHNYA

Apakah kamu pernah mendengar istilah Eiger North Face? Atau Everest South Col? Atau mungkin misalnya Merapi Barat Daya?

Istilah-istilah itu semua adalah manifestasi yang umum sebagai penandaan arah mata angin lengkap dalam dunia pendakian. 16 arah mata angin umum digunakan sebagai cara paling efektif untuk menandai sisi gunung dalam dunia pendakian. Selain lebih mudah untuk diingat, menggunakan arah mata angin sebagai istilah dalam pendakian juga populer dilakukan.

Lalu, apa sajakah arah mata angin yang paling umum digunakan sebagai istilah pendakian? Yuk, baca ulasannya berikut ini.

16 Arah Mata Angin Lengkap yang Biasa Digunakan dalam Istilah Pendakian atau Mountaineering

Sebagaimana yang kamu ketahui, setidaknya ada 16 istilah arah mata angin yang lengkap dan dikenal di dunia. Meskipun tidak semuanya digunakan dalam istilah mountaineering atau pendakian gunung, ke -16 arah mata angin ini adalah cara yang paling umum untuk menandai sebuah bagian dari sisi gunung sebagai rute pendakian.

Memang pada umumnya, masyarakat lebih mengenal 8 arah mata angin yang dianggap sebagai direction utama dalam penentuan arah. Namun dalam mountaineering atau dunia pendakian yang harus memperhatikan pula beragam kontur gunung yang tidak selalu berbentuk kerucut sempurna, 16 direction dalam penentuan arah kadang lebih detail dalam menggambarkan kondisi yang sebenarnya.

Nah, apa sajakah arah mata angin yang paling utama digunakan dalam mountaineering?

Berikut ini tabel yang sekaligus menjelaskan arah mata angin dalam bahasa Inggris serta istilah yang umum digunakan untuk menyebutnya.

No

Istilah

Dalam Bahasa Inggris

Bahasa Indonesia

1

N

North

Utara

2

NNE

North Northeast

Utara Timur Laut

3

NE

Norteast

Timur Laut

4

ENE

East Northeast

Timur Timur Laut

5

E

East

Timur

6

ESE

East Southeast

Timur Menenggara

7

SE

Southeast

Timur Tenggara

8

SSE

South Southeast

Selatan Menenggara

9

S

South

Selatan

10

SSW

South Southwest

Selatan Barat Daya

11

SW

Southwest

Barat Daya

12

WSW

West Southwest

Barat Barat Daya

13

W

West

Barat

14

WNW

West Northwest

Barat Barat Laut

15

NW

Northwest

Barat Laut

16

NNW

North Northwest

Utara Barat Laut

 

Beberapa Contoh Arah Mata Angin yang Populer Digunakan Dalam Mountaineering

Setelah kamu mengenal dan tahu apa saja 16 istilah lengkap arah mata angin, lalu apa sajakah contoh dari 16 arah tersebut yang diterapkan dalam dunia pendakian gunung?

Nah, ulasan di bawah ini akan menunjukkan setidaknya beberapa istilah pendakian gunung yang menggunakan arah mata angin sebagai sinonim untuk menyebutnya. Pada umumnya, memang beberapa istilah ini banyak digunakan dalam dunia pendakian gunung internasional. Akan tetapi ada beberapa pula yang terdapat di Indonesia.

Oya, kamu juga dapat mengenal lebih dekat beberapa istilah populer dalam dunia pendakian gunung atau mountaineering yang terkait arah mata angin dengan membaca buku-buku mountaineering  karya penulis Anton Sujarwo. Untuk bukunya sendiri dapat kamu peroleh di Akasaka Outdoor dengan mengklik tautan yang disediakan berikut ini.

KLIK TULISAN INI UNTUK MENDAPATKAN BUKU-BUKU MOUNTAINEERING TERBAIK DI INDONESIA YANG BERKAITAN PULA DENGAN ISTILAH ARAH MATA ANGIN DALAM PENDAKIAN

The North Face

Di antara sekian banyak istilah arah mata angin utama ada di dunia mountaineering , The North Face mungkin adalah yang paling populer. Kamu tentu saja sudah tidak asing dengan istilah ini karena istilah ini juga tersemat sebagai salah satu ikon untuk brand perlengkapan bertualang asal Amerika Serikat yang cukup populer.

Secara harfiah, the north face atau north face adalah sebuah istilah untuk menjelaskan bagian utara sisi sebuah gunung. Dan menariknya lagi, ada sangat banyak sisi utara atau north face gunung yang sangat terkenal di dunia. Beberapa di antaranya yang bisa disebutkan disini adalah sebagai berikut;

Great North Face of the Alps

Dalam buku Sejarah Pendakian Tebing Utara yang ditulis oleh Anton Sujarwo, profil great north face dibahas dengan lengkap. Ini adalah salah satu buku pendakian yang secara khusus menggarap istilah gambar arah mata angin dalam sejarah pendakian gunung di Eropa.

Dalam great north face of the Alps, ada enam sisi utara gunung yang dianggap paling signifikan dan menantang untuk ditaklukkan. Gunung tersebut adalah Eiger North Face, Matterhorn North Face, Grandes Jorasses North Face, Piz Badile North Face, Aiguille du Dru North Face dan Tre Cima di Lavaredo North Face.

Dapat dikatakan berdasarkan sejarah pendakian dan pamor teknisnya, enam tebing sisi utara gunung-gunung tersebut adalah yang paling sulit didaki di seluruh pegunungan Alpen Eropa.

Everest North Face

Tahun 1992 terjadi musibah yang cukup memilukan di sebelah utara sisi gunung Everest yang merupakan gunung tertinggi dunia. Tahun itu dua pendaki besar bernama Peter Boardman dan Joe Tasker dari Inggris tewas dan menghilang di Three Pinnacle punggungan utara Everest. Keduanya adalah pendaki berpengalaman yang satu masa dengan nama-nama besar seperti Doug Scott dan juga Chris Bonington.

Hingga sekarang, Everest North Face masih dianggap sebagai salah satu sisi kompas arah mata angin pendakian menuju puncak Everest yang paling tidak mudah untuk ditaklukkan. Dan sejauh ini masih sangat sedikit ekspedisi internasional yang tertarik untuk mencobanya.

BACA KISAH LENGKAP TERBUNUHNYA PETER BOARDMAN DAN JOE TASKER DI ARAH MATA ANGIN UTARA EVEREST DALAM BUKU GUNUNG KUBURAN PARA PEMBERANI  DENGAN MENGKLIK TAUTAN INI

The South Face

Wajah selatan atau south face entah mengapa juga menjadi salah satu istilah yang paling populer dalam mountaineering . Sepertinya halnya wajah utara yang demikian populer dalam dunia pendakian, south face atau arah mata angin sisi selatan sebuah gunung juga sangat terkenal dalam dunia pendakian.

Tentu saja tidak semua sisi selatan sebuah gunung populer dan mungkin layak untuk diceritakan. Akan tetapi untuk kamu, Sobat Akasaka semua, setidaknya ada dua profil sisi selatan gunung di dunia yang dianggap paling populer dan memiliki tantangan luar biasa yang dalam bahasan ini dapat diambil sebagai contoh.

Apa saja dua contoh tersebut? Ini daftarnya;

Annapurna South Face

Dalam dunia pendakian gunung di Himalaya, arah mata angin Sisi Selatan gunung Annapurna adalah sebuah legenda yang berisi musibah, kematian, pencapaian dan juga kemustahilan. Di bagian gunung ganas ini, ada banyak pendaki terbaik dunia yang telah meregang nyawa. Beberapa nama yang cukup populer mungkin adalah Anatoli Boukreev dari Kazakstan dan Park Young Seok dari Korea.

Arah mata angin bagian utara dari gunung Annapurna ini terkenal karena tantangannya yang luar biasa. Runtuhan dan patahan es seringkali terjadi, belum lagi peristiwa longsoran yang menjadi ritme setiap beberapa menit sekali.

Dengan segala bahaya dan risikonya ini, Annapurna South Face dianggap sebagai salah satu sisi selatan gunung paling berbahaya di dunia.

Lhotse South Face

Tahukah kamu jika pendaki gunung yang dianggap paling hebat di dunia tewas di sisi selatan gunung Lhotse pada tahun 1989?

Lhotse adalah gunung tertinggi keempat di dunia setelah Everest, K2, dan Kanchenjunga. Lhotse sendiri berdiri tidak jauh dari Everest. Tahun 1989, pendaki gunung terbesar dari Polandia bernama Jerzy Kukuczka terjatuh di sisi selatan arah kompas gunung ini.

Sisi selatan arah mata angin gunung Lhotse sejauh ini memang dianggap yang paling sulit didaki. Dan oleh sebab itu pula sepanjang sejarah pendakiannya sendiri, hanya ada sedikit pendaki dunia yang berhasil menyelesaikan pendakian di sisi selatan gunung ini.

BACA JUGA: KISAH BERTAHAN HIDUP PENDAKI GUNUNG TERBAIK DUNIA TURUN DENGAN KEDUA KAKI YANG PATAH DI GUNUNG RAKSASA

Beberapa Istilah Arah Mata Angin dalam Pendakian Gunung Nusantara

Di Indonesia, penggunaan istilah yang mengacu ke arah mata angin sebagai penyebutan suatu sisi gunung, mungkin tidak begitu banyak ditemukan. Atau pun jika ada, maka pada umumnya akan kalah populer dengan penyebutan sisi gunung berdasarkan nama tempat.

Contohnya; masyarakat akan lebih akrab dengan penyebutan gunung Merapi sisi Magelang, Merapi via Kaliurang, Merapi via Sapu Angin, Merapi via Selo. Daripada misalnya menyebut dengan istilah; Rute sisi barat Merapi, rute sisi selatan Merapi, rute sisi tenggara Merapi, dan seterusnya

Akan tetapi meskipun demikian, sebenarnya ada juga penyebutan arah mata angin yang digunakan sebagai istilah dari suatu sisi pendakian. Contoh yang dapat diambil untuk hal ini misalnya adalah;

Rute Pendakian Raung Selatan

Kata Raung tentu saja dimaksudkan untuk Gunung Raung yang terletak di propinsi Jawa Timur. Sementara kata Selatan adalah istilah sisi gunung bagian selatan yang digunakan sebagai jalur pendakian menuju puncak Raung.

Jadi, dapat pula ditarik sedikit kesimpulan sederhana bahwa Raung Selatan adalah istilah pendakian gunung nasional yang asal katanya disadur dari mata angin arah selatan dari gunung Raung.

Rute Pendakian Merapi Barat Daya

Apakah kamu pernah mendengar kata Merapi Barat Daya?

Jika kamu pengggemar buku-buku pendakian gunung di Indonesia, kamu pasti sudah pernah mendengar tentang buku populer satu ini. Ya, ini adalah sebuah buku yang menggunakan kompas arah barat pada mata angin gunung Merapi sebagai judul dan tema penulisannya.

Merapi Barat Daya adalah ilustrasi pendakian paling menantang di Gunung Merapi yang ditulis berdasarkan pengalaman dan pengamatan yang mendalam. Kisah yang diangkat dalam novel ini sangat menarik sehingga membuat novelnya sendiri seringkali dianggap sebagai kisah nyata.

DAPATKAN BUKU PENDAKIAN GUNUNG MERAPI BARAT DAYA DARI AKASAKA OUTDOOR DENGAN MENGKLIK TAUTAN INI

Nah, itu adalah profil bagaimana aplikasi dan penterjemahan 16 arah mata angin lengkap jika kemudian digunakan sebagai istilah dalam pendakian gunung atau mountaineering . Untuk mendapatkan pengetahuan yang lebih luas tentang pendakian gunung dan penggunaan istilah-istilah yang populer mengenai rute pendakian  dan sisi gunung, kamu bisa membacanya di kolom Akasaka Info > Sobat Akasaka di halaman ini.

Oya,  sebagai tambahan informasi buat kamu, Akasaka Outdoor memiliki banyak koleksi perlengkapan petualangan dan pendakian yang baru dan super keren, lho. Kamu bisa langsung mengakses koleksi terbaru dari Akasaka Outdoor dan memilih perlengkapan favoritmu  melalui tautan di bawah ini.

Selamat berbelanja di Akasaka!

KLIK TAUTAN INI UNTUK MENDAPATKAN PENAWARAN PALING EKSKLUSIF DALAM KOLEKSI PERLENGKAPAN BERTUALANG TERBARU DARI AKASAKA OUTDOOR

Leave a comment

All comments are moderated before being published