14 RAJA GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA SEBAGAI TUJUAN UTAMA MOUNTAINEERING

GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA

Dalam dunia mountaineering populer, dikenal istilah Mahkota Himalaya yang merupakan parade puncak paling tinggi di muka bumi. Mahkota Himalaya berisi 14 raja gunung tertinggi di dunia yang dianggap sebagai tahta tertinggi dalam mountaineering. Siapa pun yang berhasil mendaki 14 puncak gunung ini secara lengkap, diakui sebagai pendaki yang telah mencapai prestasi paling tinggi dalam mountaineering.

Nah, gunung apa sajakah yang masuk dalam daftar gunung tertinggi di dunia itu?

Yuk, simak ulasannya dalam Akasaka Journal berikut ini.

Mahkota Himalaya dan Parade 14 Raja Gunung Tertinggi di Dunia Sebagai Tujuan Mountaineering

GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA

Sesuai dengan namanya, Mahkota Himalaya tentu saja terdapat di Himalaya dan sekitarnya. Sebagai rumah bagi berbagai pegunungan paling tinggi di dunia, Himalaya memang memiliki reputasi yang sempurna dalam urusan ketinggian.

Gunung tertinggi di dunia terdapat di Himalaya ini ada ratusan banyaknya. Namun secara sederhana hanya ada 14 puncak saja yang dianggap paling istimewa. Ketinggian 14 gunung ini menjulang di atas 8.000 meter dan memiliki zona kematian paling brutal. Selain disebut Mahkota Himalaya, 14 gunung tertinggi dunia ini juga kadang-kadang disebut pula sebagai The Fourteen Eight Thousanders atau 14 x 8000-ers.

Berdasarkan letak administratifnya, Himalaya bukanlah satu-satunya tempat dimana puncak-puncak tertinggi di dunia itu bertahta. Selain Himalaya, pegunungan Karakoram yang membentang dalam wilayah Pakistan dan China juga adalah rumah puncak-puncak gunung tersebut. Namun karena penyebutan yang lebih umum, puncak seperti gunung K2 di Karakoram kadang disebut juga sebagai bagian dari Himalaya.

Nah, gunung apa sajakah yang termasuk dalam 14 puncak gunung tertinggi dunia tersebut?

Berikut daftarnya.

BACA JUGA:

Gunung Shishapangma, 8.027 Meter di Tibet

GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA

Secara keseluruhan letak gunung Shishapangma ada di wilayah Tibet. Di antara 14 Mahkota Himalaya lainnya, Shishapangma adalah satu-satunya gunung delapan ribu meter yang terletak sepenuhnya dalam wilayah China. Tinggi Shishapangma adalah 8.027 meter dan menjadi gunung tertinggi di dunia ke- 14 atau paling rendah dibandingkan dengan 13 gunung lainnya.

Sebagai satu-satunya gunung tertinggi di dunia yang ada dalam wilayah China secara keseluruhan, maka first ascent puncak gunung Shishapangma juga dimiliki oleh para pendaki China. Pencapaian puncak Shishapangma untuk yang pertamakalinya terjadi pada 02 Mei 1964 oleh ekspedisi dari China.

Gunung Gasherbrum II, 8.035 meter di Karakoram, Pakistan

GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA

Jika dilihat dari letaknya di atas peta pegunungan Karakoram, Gunung Gasherbrum II menempati wilayah dua negara yakni Pakistan dan China. Pada wilayah China, gunung ke -13 tertinggi di dunia ini menempati wilayah Xinjiang. Sementara di wilayah Pakistan, Gasherbrum II menempati wilayah di propinsi Gilgit Baltistan.

Ketinggian gunung Gasherbrum II adalah 8.035 meter. Dan ini tentu saja sangat jauh berbeda jika dibandingkan dengan gunung Everest yang selisih elevasinya hingga 831 meter. Gunung ini pertamakali berhasil didaki manusia pada tahun 1965 oleh ekspedisi.

Gunung Broad Peak, 8.051 Meter di Gilgit Baltistan, Pakistan

GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA

Selanjutnya gunung tertinggi ke dunia dan masuk dalam parade Mahkota Himalaya adalah Broad Peak yang juga terletak di wilayah Gilgit Baltistan, Pakistan. Ketinggian Broad Peak adalah 8.051 meter dan dalam daftar 14 raja gunung tertinggi di dunia, gunung ini berada pada posisi ke-12 di atas gunung Shishapangma dan Gasherbrum II.

Pendakian ke puncak Broad Peak untuk yang pertamakalinya terjadi pada tanggal 8 dan 9 Juni tahun 1957. Para pendaki yang berhasil mencapai puncak Broad Peak saat itu adalah dari ekspedisi Austria dengan salah satu pendaki mereka yang populer bernama Hermann Buhl.

Nah, apakah Sobat Akasaka mengenal siapa Hermann Buhl itu?

Ya, dia adalah pendaki gunung pertama di dunia yang mencapai puncak gunung pembunuh Nanga Parbat secara solo dan tanpa tabung oskigen. Di Indonesia, informasi lengkap tentang profil Hermann Buhl sendiri dapat kamu temukan dalam buku karya Anton Sujarwo berjudul Maut Di Gunung Terakhir.

Gunung Hidden Peak atau Gasherbrum I, 8.080Meter di Pakistan dan China

GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA

Gunung tertinggi selanjutnya atau yang ke- 11 dalam tahta daftar gunung paling tinggi di dunia adalah Hidden Peak atau gunung Gasherbrum I. Dari sisi letak, Hidden Peak bersebelahan dengan gunung Gasherbrum II yang artinya juga menempati sebagian wilayah Gilgit Baltistan di Pakistan, dan sebagian lagi di Xinjiang, China.

Ketinggian dari Hidden Peak adalah 8.080 meter dan dalam daftar Mahkota Himalaya, gunung ini berada di atas Shishapangma, Gasherbrum II dan juga Broad Peak. Pendakian pertama ke puncak Hidden Peak terjadi pada tahun 1958 oleh ekspedisi Amerika dengan pendaki mereka yakni Pete Schoening dan Andy Kaufman.

Gunung Annapurna I, 8.091 Meter di Nepal

GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA

Nah, 10 gunung tertinggi di dunia selalu menempatkan nama Annapurna sebagai yang terakhir dalam daftarnya. Namun, dalam daftar Mahkota Himalaya 14 puncak gunung paling menantang dan tertinggi di muka bumi untuk tujuan pendakian, Annapurna I menempati urutan ke-10. Di bawah Annapurna, masih ada beberapa puncak gunung lain yang ketinggiannya lebih rendah seperti Broad Peak, Gasherbrum I dan II, serta Shishapangma.

Ketinggian gunung Annapurna adalah 8.091 meter dan mungkin menjadi salah satu gunung dengan popularitas yang hampir menyamai Everest. Selain itu, Annapurna I juga merupakan gunung delapan ribu meter pertama di dunia yang berhasil dicapai puncaknya oleh manusia.

First ascent puncak Annapurna I terjadi pada tahun 1950 oleh ekspedisi dari Perancis. Dua orang pendaki yang mencapai puncak saat itu adalah Maurice Herzog dan Louis Lachenal.

Gunung Nanga Parbat, 8.126 Meter di Pakistan

GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA

Sekarang, coba kamu tebak, gunung apa yang pertamakali dijelajahi oleh para pendaki gunung dunia di kawasan Himalaya dan Karakoram?

Iya benar.

Gunung Nanga Parbat atau yang disebut juga dengan The Killer Mlountain ini adalah gunung delapan ribu meter pertama yang berupaya didaki oleh manusia. Kamu mau menebak lagi apa yang terjadi saat percobaan itu?

Dengan reputasinya sebagai gunung yang sulit dan mematikan, Nanga Parbat membunuh hampir 30 orang pendaki sebelum puncaknya berhasil dicapai untuk pertamakali pada tahun 1953 oleh Hermann Buhl. Ketinggian Nanga Parbat sendiri adalah 8.126 meter dan menempati urutan ke-9 dalam daftar 14 raja gunung tertinggi di dunia.

Gunung Manaslu, 8.163 Meter di Nepal

GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA

Gunung tertinggi selanjutnya kembali lagi terletak di Nepal dengan puncak Manaslu yang memiliki ketinggian 8.163 meter. Selain dikenal dengan nama Manaslu, gunung yang menempati urutan ke-8 tertinggi di dunia ini juga memiliki nama lain yang unik. Nama lain dari Manaslu adalah Kutang yang asal katanya berasal dari bahasa Nepal.

Gunung Manaslu berhasil dicapai untuk yang pertamakalinya pada tahun 1956 oleh ekspedisi Jepang. Meskipun jauh lebih tinggi dibandingkan gunung seperti Nanga Parbat dan Annapurna I, Manaslu atau Kutang secara umum memiliki tingkat kesulitan yang lebih mudah untuk didaki.

Gunung Dhaulagiri I, 8.167 Meter di Nepal

GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA

Hanya ada selisih 3 meter antara ketinggian gunung Manaslu dan gunung Dhaulagiri. Namun, selisih 3 meter sudah cukup untuk menempatkan gunung Dhaulagiri berada pada urutan ke-7 dalam daftar 14 raja gunung tertinggi di dunia. Sementara gunung Manaslu yang lebih rendah 3 meter, harus rela ada di urutan yang ke-8.

Ketinggian gunung Dhaulagiri adalah 8.167 meter. Selain memiliki puncak utama dengan elevasi di atas delapan ribu meter, gunung Dhaulagiri juga memiliki banyak puncak lainnya dengan ketinggian lebih rendah. Puncak Dhaulagiri berhasil dicapai pertamakalinya pada tahun 1960 oleh pendaki gunung dari ekspedisi Jerman.

Gunung Cho Oyu, 8.188 Meter di Nepal

GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA

Masih terletak di Nepal, Cho Oyu juga adalah gunung tertinggi di dunia yang masuk dalam daftar Mahkota Himalaya. Secara umum, Cho Oyu dianggap sebagai gunung delapan ribu meter yang paling mudah untuk didaki manusia jika dibandingkan dengan gunung-gunung dalam daftar Mahkota Himalaya lainnya.

Elevasi puncak Cho Oyu adalah 8.188 meter dan menempati peringkat ke-6 dalam daftar 14 raja gunung tertinggi di dunia. Puncak Cho Oyu pertama berhasil dicapai pada tahun 1954 oleh sebuah ekspedisi dari Austria.

Gunung Makalu, 8.485 Meter di Nepal

GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA

Apakah Sobat Akasaka pernah mendengar nama Makalu sebelumnya?

Ya, Makalu adalah nama sebuah gunung tertinggi di dunia terdapat di Nepal yang ketinggiannya mencapai 8.485 meter. Nah, kamu bisa lihat kan, ada lonjakan elevasi yang cukup tinggi antara gunung Cho Oyu sebagai gunung tertinggi ke-6 dan Makalu sebagai gunung tertinggi ke-5 dalam daftar 14 raja gunung paling tinggi di dunia.

Fisrt ascent puncak Makalu terasa lebih istimewa dibandingkan puncak gunung delapan ribu meter lainnya karena semua anggota ekspedisinya berhasil mencapai puncak. Puncak Makalu pertamakali dicapai pada tahun 1955 oleh ekspedisi Perancis.

Gunung Lhotse, 8.516 Meter di Perbatasan Nepal dan Tibet

GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA

Selanjutnya gunung tertinggi di dunia yang kelima adalah Lhotse yang ketinggiannya mencapai 8.516 meter. Lhotse terletak dalam wilayah negara Nepal dan Tibet dan bertetangga secara langsung dengan gunung Everest yang merupakan gunung tertinggi di dunia yang sebenarnya.

Jalur pendakian  reguler menuju puncak Lhotse dan jalur pendakian reguler menuju puncak Everest sisi selatan adalah sama. Jalur ini kemudian berpisah pada sebuah tempat bernama Yellow Band. Puncak Lhotse sendiri baru berhasil dicapai untuk pertamakalinya pada tahun 1956 oleh ekspedisi Swiss.

Gunung Kangchenjunga, 8.586 Meter di Nepal dan India

GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA

Berdasarkan lokasi tempatnya berdiri, gunung Kangchenjunga menempati dua wilayah negara yakni; India dan Nepal. Pada bagian wilayah India, gunung Kangchenjunga terdapat di wilayah propinsi Sikkim. Ketinggian Kangchenjunga adalah 8.586 meter dan merupakan gunung tertinggi di dunia yang ke- 3 dibawah gunung Everest dan gunung K2.

First ascent puncak gunung Kangchenjunga terjadi pada tahun 1955 oleh ekspedisi Inggris. Dua orang pendaki yang berhasil mencapai puncak pada saat itu adalah Joe Brown dan George Band. Peristiwa lengkapn fisrt ascent di Kangchenjunga ini sendiri dapat kamu baca dalam buku Mahkota Himalaya karya Anton Sujarwo.

Gunung K2, 8.611 Meter di Pakistan dan China

GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA

Menurut kamu, gunung apa tertinggi di dunia yang paling berbahaya dan mematikan untuk didaki oleh manusia?

Jika kamu menjawab gunung K2, maka selamat, jawaban kamu itu mungkin jauh lebih bisa dibenarkan dibandingkan kamu memilih jawaban lainnya. Persentase kematian yang terjadi di gunung K2 adalah 1 berbanding 4. Artinya; akan ada 1 pendaki yang tewas dari setiap 4 orang pendaki yang berhasil mencapai puncak.

Ketinggian gunung K2 adalah 8.611 meter dan menjadi gunung tertinggi di dunia yang ke-2 setelah gunung Everest. Pencapaian puncak gunung K2 untuk yang pertamakalinya terjadi pada tahun 1953 oleh ekspedisi dari Italia.

Nah, buat kamu yang menggemari sejarah mountaineering pasti tahu dong, jika pada saat ekspedisi K2 tahun 1953 saat itu ada nama pendaki terbesar dunia yang juga ikut serta bernama Walter Bonatti.

Gunung Everest, 8.848 Meter di Perbatasan Tibet dan Nepal

GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA

Selain disebut sebagai Everest, gunung tertinggi di dunia ini juga kadang disebut dengan Chomolungma dalam bahasa Tibet dan Sagarmatha dalam bahasa Nepal. Ketinggian gunung Everest adalah 8.848 meter dan merupakan gunung tertinggi yang ada di dunia.

Nah, kamu pasti juga sudah familiar kan, dengan peristiwa pendakian puncak Everest untuk pertama kali. Ya, first ascent Everest pertamakali dicapai pada tahun 1953 oleh ekspedisi Inggris pimpinan John Hunt. Dua pendaki yang mencapai puncak Everest saat itu adalah Tenzing Norgay dan Edmund Hillary.

BACA JUGA:

GUNUNG TERTINGGI DI DUNIA

Sobat Akasaka, itulah tadi daftar 14 raja gunung tertinggi di dunia yang juga disebut dengan istilah Mahkota Himalaya. Sejarah pendakian gunung-gunung ini sangat menarik dan kamu tentu saja dapat membaca informasinya dengan lebih nyaman dalam buku berjudul Mahkota Himalaya yang bisa kamu download dengan mudah disini.

Oya, sembari membaca berbagai kisah menarik tentang dunia petualangan, yuk, lihat juga berbagai produk terbaru dari Akasaka Outdoor. Dengan dedikasi dan kualitas yang sempurna, produk-produk dari Akasaka Outdoor akan membuat petualangan  yang kamu lakukan semakin nyaman dan istimewa.

Jadi, langsung saja klik tautan produknya dibawah ini, ya!

KLIK DISINI SEKARANG DAN DAPATKAN PENAWARAN PRODUK PALING ISTIMEWA DARI AKASAKA OUTDOOR

Baca Ini Juga Yuk!

8 ARAH MATA ANGIN DAN PEMANFAATANNYA DALAM DUNIA NAVIGASI
8 ARAH MATA ANGIN DAN PEMANFAATANNYA DALAM DUNIA NAVIGASI
Dalam dunia navigasi, dikenal 8 arah mata angin yang menjadi titik sentral penunjuk arah seorang navigator. 8 poin ini telah umum dikenal baik dalam navigasi darat, laut dan juga udara. Meskipun ar...
Read More
TERNYATA INI 10 FAKTA DAN MISTERI GUNUNG LAWU YANG PALING TERKENAL
TERNYATA INI 10 FAKTA DAN MISTERI GUNUNG LAWU YANG PALING TERKENAL
Gunung Lawu adalah gunung yang paling banyak menyimpan misteri di antara semua gunung-gunung di pulau Jawa. Benar tidak sih, pernyataan semacam ini? Benarkan misteri gunung Lawu benar-benar sangat ...
Read More
INI 14 FILM TERBAIK SEPANJANG MASA UNTUK KAMU SANG PETUALANG FIKSI
INI 14 FILM TERBAIK SEPANJANG MASA UNTUK KAMU SANG PETUALANG FIKSI
Menghabiskan waktu menonton film di bioskop atau di rumah, adalah cara yang banyak dilakukan untuk mengisi waktu senggang. Berbagai daftar film terbaik sepanjang masa biasanya dijadikan referensi u...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published