12 GUNUNG GUNUNG YANG PALING INDAH DAN TERKENAL DI DUNIA

gunung gunung

Keindahan gunung adalah bagian tak terpisahkan dari panorama alam raya yang memukau. Gunung-gunung yang menjulang dengan puncaknya yang seakan menerabas langit, telah menampilkan keindahan dan ketakjuban untuk dikagumi manusia. Dan di seluruh dunia, gunung dengan keindahan semacam ini ada ratusan banyaknnya.

Lantas, gunung apa saja di dunia yang memiliki bentuk yang istimewa dan memilki pemandangan yang juga sangat indah?

Yuk, simak ulasannya dalam Akasaka Journal berikut ini.

BACA JUGA:

Selusin Gunung Gunung dengan  Bentuknya yang Istimewa dan Paling Terkenal di Dunia

gunung gunung

Jika kamu melihat daftar gunung tertinggi di Indonesia, kamu pasti akan dengan sangat mudah memilih salah satu di antaranya yang menurut kamu paling istimewa.

Untuk kategori keindahan dan daya tariknya, gunung Semeru di Jawa Timur dan gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat, mungkin akan difavoritkan. Namun, jika kamu lebih memprioritaskan berdasarkan ketinggian dan bentuknya, kamu mungkin saja akan memilih gunung Carstensz Pyramid di Irian Jaya sebagai gunung yang paling istimewa.

Nah, di dunia sendiri, ada banyak gunung-gunung yang memiliki predikat istimewa semacam ini. Gunung pemandangan dan segala sesuatu yang menjadi daya tariknya, telah menjelma menjadi satu kelengkapan sempurna dari sebuah gunung. Gunung-gunung ini bukan hanya indah untuk kamu kagumi, namun juga benar-benar luar biasa dari sisi penampilan dan bentuk yang ia miliki sendiri.

Lantas, gunung apa sajakah yang dimaksud tersebut?

Berikut ini 12 di antaranya;

Gunung Everest

gunung gunung

Gunung pertama dengan bentuk paling memikat di dunia dan paling menarik perhatian dari sisi ketinggiannya, tentu saja adalah gunung Everest. Gunung tertinggi di dunia ini seperti yang sudah kamu tahu, adalah kiblat utama dari aktivitas mountaineering dunia sehingga ia demikian terkenal.

Oh ya, selain terkenal dengan nama Everest, gunung yang puncaknya terletak di antara negara Nepal dan Tibet ini juga dikenal dengan sebutan gunung Chomolungma dalam bahasa Tibet. Sementara untuk bahasa Nepal, gunung ini lebih akrab dengan sebutan gunung Sagarmatha.

Gunung Everest adalah gunung utama dalam daftar gunung gunung tertinggi di dunia. Gunung ini juga kadang disebut sebagai poros ketiga dunia setelah Antartika dan Artika. Ketinggian gunung Everest adalah 8.848,8 meter dan menjadi gunung  yang paling tinggi di seluruh planet bumi ini. khususnya jika hal itu diukur dari permukaan laut.

Selain elevasinya yang menjadi raja di dunia, Everest juga sangat menarik dari sisi bentuk dan bentangnya. Dengan garis puncak yang seolah membelah langit, Everest telah menjadi magnet paling kuat dalam dunia pendakian gunung di seluruh dunia.

Gunung Ama Dablam

gunung gunung

Gunung-gunung tertinggi di dunia dan letaknya sebagian besar ada di Asia Selatan seperti Nepal dan Tibet, telah menjadikan kedua negara ini sebagai rumah bagi puncak-puncak gunung paling spektakuler di muka bumi. Nah, salah satu yang paling menarik perhatian mungkin adalah gunung Ama Dablam.

Dari sisi bentuknya, Ama Dablam adalah Matterhorn-nya gunung-gunung di Nepal. Dari sudut yang tepat, kamu mungkin juga akan memilat kemiripan gunung Ama Dablam dengan The Last Citadel atau Mustahq Tower di pegunungan Karakoram. Namun dari sisi popularitas sebagai tujuan pendakian, Ama Dablam tetap adalah yang istimewa.

Banyak para pendaki gunung Everest di Nepal yang menjadikan gunung Ama Dablam sebagai aklimatisasi mereka. Jadi sebelum mencapai puncak gunung Everest yang secara elevasi lebih tinggi, para pendaki itu menargetkan Ama Dablam sebagai pendakian penyesuaian terlebih dahulu.

Gunung Lhotse

gunung gunung

Dari sisi ketinggiannya, gunung Lhotse adalah gunung tertinggi ke-empat di dunia setelah gunung Everest, gunung K2 dan juga gunung Kangchenjunga. Namun, jika kamu melihat di mana letaknya gunung yang satu ini berdiri, maka Lhotse adalah gunung yang bergandengan langsung dengan Everest.

Sejarah pencapaian puncak Lhotse memiliki rentang yang tidak begitu berjauhan dengan gunung Everest. Ketika puncak Everest berhasil dipuncaki pada tahun 1953 oleh Sir Edmund Hillary dan Tenzing Norgay, beberapa waktu kemudian Lhotse juga berhasil dipuncaki oleh ekspedisi dari Swiss.

Lhotse mungkin tidak begitu signifikan bentuknya secara keseluruhan, namun salah satu puncaknya yang bernama Lhotse Middle memiliki bentuk yang unik laksana sirip ikan hiu. Dan puncak Lhotse Middle juga merupakan puncak terakhir dengan ketinggian 8.000 meter yang berhasil dicapai oleh para pendaki gunung pada tahun 2001.

Gunung Kangchenjunga

gunung gunung

Nama gunung Kangchenjunga populer untuk banyak hal. Dari sisi ketinggiannya, Kanghenjunga adalah gunung tertinggi ketiga di dunia setelah Everest dan K2. Sementara jika diperhatikan dari letaknnya di India, gunung Kangchenjunga adalah gunung tertinggi yang ada di wilayah tersebut.

Gunung Kangchenjungan juga memiliki bentuk yang menarik dan perkasa. Bahkan jika kamu pernah membaca sejarah mengenai gunung ini dalam sudut pandang kepercayaan masyarakat Darjeeling, maka kamu juga akan mendapati jika Kangchenjunga juga dianggap sebagai salah satu gunung yang paling keramat di dunia.

Kangchenjunga Massif atau pegunungan Kangchenjunga memiliki banyak puncak dengan ketinggian di atas 8.000 meter. Pendakian pertama ke puncak tertinggi gunung ini dilakukan oleh ekspedisi Inggris dengan salah satu pendakinya yang terkenal bernama Joe Brown.

Gunung Makalu

gunung gunung

Apakah kamu pernah mendengar nama gunung Makalu sebelumnya?

Gunung Makalu adalah gunung tertinggi kelima di dunia di belakang gunung Everest, gunung K2, gunung Kangchenjunga dan juga gunung Lhotse. Letak gunung Makalu sebenarnya tidak begitu jauh dari Everest. Dan dari sisi legendanya pun, Makalu masih memiliki ikatan yang erat dengan Everest.

Gunung Makalu termasuk gunung yang memiliki bentuk spektakuler. Gunung ini memiliki anak gunung yang tidak kalah menarik untuk dikagumi. Nama anak gunung ini adalah Chomo Lonzo dan ketinggiannya menjulang hingga 7.000 meter dari permukaan laut.

Pendakian pertama ke puncak Makalu dilakukan oleh para pendaki dari Perancis. Beberapa pendaki yang cukup populer dalam first ascent Makalu adalah Jean Couzy dan Lionel Terray.

Gunung K2

gunung gunung

Gunung selanjutnya dengan bentuk yang paling memukau dan memiliki ketinggian yang signifikan adalah gunung K2 yang terletak di pegunungan Karakoram.

Dari sisi ketinggian yang dimilikinya, gunung K2 adalah gunung tertinggi kedua di dunia setelah gunung Everest. Namun dari sisi tingkat kesulitan dan juga banyaknya kematian yang terjadi dalam peristiwa pendakian ke puncaknya, gunung K2 mungkin lebih layak dikatakan sebagai raja gunung dunia yang sebenarnya.

Selain dikenal dengan nama K2, gunung tertinggi kedua di dunia ini disebut pula dengan nama Chogori. Nama lain yang kadang disematkan untuk gunung ini adalah Goldwin Austin. Namun untuk memawakili bentuk dan kesulitannya yang demikian memukau, tidak ada nama lain yang lebih baik daripada nama K2.

Gunung Kilimanjaro

gunung gunung

Gambar gunung dengan kecantikan tak terkalahkan selanjutnya adalah gunung Kilimanjaro yang terletak di Tanzania. Kecantikan gurun Afrika yang luas dan binatang-binatang khas padang savana berpadu dengan gunung tinggi dan puncak bersalju, benar-benar akan menampilkan pesona yang luar biasa.

Dari sisi ketinggiannya, gunung Kilimanjaro tentu bukan yang paling tinggi di dunia. Namun bagaimana pun juga, Kilimanjaro adalah salah satu puncak tertinggi untuk benua Afrika dan abadi dalam grand slam seven summit yang terkenal.

Pendakian ke puncak Kilimanjaro yang pertama kalinya dilakukan oleh para pendaki Jerman dan seorang pendaki gunung Austria. Hingga sekarang selain untuk pendakian, Kilimanjaro juga menjadi medan yang sempurna untuk memecahkan rekor trail running dan olahraga sejenisnya.

Gunung Matterhorn

gunung gunung

Tidak ada nama gunung di dunia yang demikian ikonik dan terkenal dengan bentuknya selain Matterhorn. Matterhorn dapat dikatakan sebagai gunung dengan bentuk paling indah dan istimewa di dunia.

Matterhorn adalah sebuah gunung setinggi 4.000 meter yang terletak di perbatasan antara Swiss dan Italia. Gunung ini seperti halnya gunung K2, memilliki bentuk piramida yang sempurna.

Di samping memiliki bentuk laksana piramida empat sisi yang perkasa, Matterhorn juga memiliki bentuk laksana tanduk yang merobek angkasa. Dan lebih menarik lagi jika kamu membaca sejarah pendakian di gunung ini, bahwa apa yang terjadi di puncak Matterhorn dan dinding-dindingnya, tidak kalah menarik dengan bentuk gunungnya sendiri.

Gunung Denali

gunung gunung

Sebelum secara resmi nama Denali disematkan untuk gunung yang indah ini, puncak tertinggi di Amerika Utara ini sempat pula populer dengan nama McKinley atau puncak Alaska. Namun pada masa pemerintahan Barrack Obama, Amerika memperlakukan aturan untuk mengembalikan nama sebuah tempat sesuai dengan nama aslinya.

Pendakian di gunung Denali juga memiliki cerita yang menarik. Walaupun telah dicoba oleh banyak pendaki besar pada masa pioneering, namun puncak Denali pada akhirnya juga berhasil dicapai oleh putera dari Alaska sendiri.

Keindahan Denali dan alam Alaska yang penuh pesona, telah melahirkan kekaguman tersendiri bagi gunung ini dan para pendaki yang berusaha mencapai puncaknya.

Gunung Meru

gunung gunung

Ini bukan gunung Semeru atau gunung Mahameru yang merupakan gunung tertinggi di pulau Jawa itu, ya.

Gunung Meru secara teritori juga masih terletak di wilayah negara Nepal dan secara otomatis juga masuk dalam wilayah pegunungan Himalaya. Gunung Meru memiliki setidaknya tiga puncak yang paling signifikan, namun yang paling sulit dan terkenal tentu saja adalah puncak Shark Pin Route atau yang populer pula dengan istilah puncak Sirip Hiu.

Jika kamu pernah menyaksikan film dokumenter berjudul Meru yang diproduseri oleh Jimmy Chin dan timnya, kamu akan mengetahui betapa besar arti gunung ini dan pencapaian untuk menaklukkan puncaknya yang paling sulit.

Gunung Chogolisa

gunung gunung

Nama lain dari gunung ini adalah The Bride Peak atau gunung Pengantin. Jika kamu pernah membaca buku Maut di Gunung Terakhir yang ditulis oleh Anton Sujarwo, kamu akan tahu jika gunung ini adalah gunung yang istimewa.

Alasan yang membuat gunung ini disebut gunung pengantin adalah karena ada dua buah puncak yang seolah bergandengan pada bagian tertinggi gunung ini. Dari kejauhan tidak tampak perbedaan yang jelas antara puncak yang satu dengan puncaknya yang lainnya. Namun secara realistis, ada perbedaan elevasi hingga 4 meter antara dua puncak gunung Chogolisa.

Gunung Chogolisa pernah demikian terkenal ketika salah satu legenda pendaki gunung Austria bernama Hermann Buhl terjatuh saat berusaha mencapai puncaknya pada kisaran tahun 1953.

Gunung Cho Oyu

gunung gunung

Gunung terakhir yang istimewa adalah gunung Cho Oyu yang merupakan gunung delapan ribu meter satu-satunya yang terletak sepenuhnya dalam wilayah China.

Meskipun ada banyak pendaki dunia yang mengatakan kalau gunung Cho Oyu adalah gunung delapan ribu meter paling mudah untuk didaki, namun tidak jarang lho, pendakian ke gunung ini berbuah petaka.

Akan tetapi yang paling menarik dari gunung ini adalah seringnya para pendaki keliru menentukan puncaknya yang tertinggi. Kesalahan menentukan puncak tertinggi menjadi sebuah hal yang tidak kalah menarik dengan bentuknya gunungnya sendiri.

BACA JUGA:

gunung gunung

Nah, itu adalah 12 gunung-gunung paling atraktif dan istimewa di dunia. Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mengunjungi salah satu di antaranya?

Oh ya supaya perjalanan kamu mengunjungi gunung-gunung tercantik di dunia semakin menyenangkan, yuk, gunakan selalu produk-produk terbaik dari Akasaka Outdoor, ya.

Dengan dedikasi produk yang sempurna, didukung pula dengan performa yang maksimal dari sisi desain dan material, Akasaka Outdoor akan membuat petualanganmu di mana saja menjadi semakin istimewa.

KLIK DISINI SEKARANG DAN DAPATKAN PRODUK AKASAKA DENGAN HARGA PALING ISTIMEWA

Baca Ini Juga Yuk!

9 NAMA GUNUNG DUNIA DENGAN LATAR BELAKANG SEJARAH YANG MENAKJUBKAN
9 NAMA GUNUNG DUNIA DENGAN LATAR BELAKANG SEJARAH YANG MENAKJUBKAN
Tahukah kamu jika nama gunung kadang memiliki sejarah yang menarik dibaliknya? Nama gunung Everest juga memiliki sejarah yang menarik dimana sang pemilik nama, mulanya justru tidak setuju namanya d...
Read More
10 GUNUNG API TERBESAR DI DUNIA DENGAN PEMANDANGAN SUPER INDAH
10 GUNUNG API TERBESAR DI DUNIA DENGAN PEMANDANGAN SUPER INDAH
Letusan gunung api selalu menimbulkan ketakutan, bencana sekaligus kerusakan yang massif. Kamu tentu masih ingat kan, bagaimana dahsyatnya letusan gunung Merapi di Jawa Tengah yang menghanguskan pe...
Read More
TERNYATA INI 10 MISTERI GUNUNG PADANG YANG MENGGUNCANG DUNIA
TERNYATA INI 10 MISTERI GUNUNG PADANG YANG MENGGUNCANG DUNIA
Dengan potensi yang dimilikinya, situs Gunung Padang adalah satu-satunya situs megalitikum terbesar di dunia yang pernah ada. Artinya, situs megalitikum raksasa dunia seperti piramida di Giza dan j...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published