13 TEMPAT DENGAN PEMANDANGAN DASAR LAUT TERINDAH DI DUNIA

pemandangan dasar laut

Indonesia sudah sejak lama terkenal sebagai salah satu negara di dunia yang kaya akan pemandangan dasar laut terindah. Berbagai spot penyelaman di Indonesia seperti Bunaken, Bali, Raja Ampat, Derawan, dan lain sebagainya, telah lama populer hingga ke mancanegara. Tempat- tempat ini tidak saja sangat indah, namun juga memiliki kekayaan bawah laut yang luar biasa.

Selain di Indonesia, ada banyak pula tempat di dunia yang memiliki keindahan bawah laut yang mempesona. Di samping menjadi rumah bagi biota laut yang beraneka ragam, tempat-tempat bawah laut yang eksotis ini juga memiliki pesona lain yang tidak biasa. Pesona ini misalnya adalah kapal yang karam, kelompok patung-patung, bahkan museum sekali pun.

Nah, kali ini Akasaka Journal akan mengajak kamu untuk melihat 11 spot dengan pemandangan bawah laut paling cantik di dunia. Lalu, apa sajakah tempat-tempat tersebut dan apa pula alasan mengatakan bawah ia adalah salah satu tempat dengan gambar pemandangan laut yang super indah?

Yuk, langsung simak saja ulasannya berikut ini, ya.

BACA JUGA:

11 Spot Wisata Dengan Pemandangan Dasar Laut Paling Indah di Dunia

pemandangan dasar laut

Wisata lautan lepas memiliki keistimewaannya sendiri dibandingkan wisata daratan yang mungkin sudah biasa kamu nikmati. Di laut, selain bisa menikmati deburan ombak dan angin pantai yang terbalut bersama sunset yang memukau, kamu juga bisa lebih dekat ke kehidupan bawah lautnya sendiri.

Saat terjun ke bawah laut, kamu akan mendapati view yang benar-benar berbeda. Terumbu karang yang indah, anemon, dan berbagai hewan laut yang lainnya, akan melayang di sekelilingmu dan memberi kamu pengalaman yang tidak terlupakan. Air laut dan segala sesuatu di dalamnya akan menjadi medan penuh petualangan untuk kamu jelajahi.

Nah, untuk kamu yang tertarik mencoba destinasi wisata bawah laut, beberapa tempat di bawah ini sangat direkomendasikan untuk kamu coba. Gambar pemandangan bawah laut yang indah di tempat-tempat berikut, akan memberi kamu pengalaman yang tidak akan pernah kamu lupakan.

Apa saja tempat-tempat tersebut?

Berikut daftarnya;

Atlantis, The Palm, Dubai

pemandangan dasar laut

Tempat pertama dengan gambar pemandangan laut yang memukau adalah di Atlantis Hotel, The Palm, Dubai.

Hayo, kamu mungkin sering melihat pulau The Palm yang bentuknya seperti sebatang pohon kurma ini, kan?

The Palm selain menjadi salah satu tempat dengan keindahan dan kemewahan dunia, ternyata juga menjadi tempat yang sangat spesial untuk menikmati keindahan dasar laut. Tempat itu adalah Atlantis Hotel yang merupakan hotel bintang lima bawah laut paling mewah di dunia.

Jadi jika kamu menyempatkan diri menginap di tempat ini, selain kamu dapat menyaksikan pemandangan bawah laut asli yang luar biasa indah, kamu juga akan mendapati ikan hiu, ubur-ubur, lumba-lumba dan lain sebagainya, melayang di balik jendela kamarmu.

Shipwreck of the Sweeptakes, Lake Huron, Ontario, Kanada

pemandangan dasar laut

Di sekitar Lake Huron, setidaknya ada sekitar 6.000 kapal yang telah tenggelam.

Wow, ini angka yang fantastis, kan?

Namun memang benar, dilansir dari situs CnTraveler.com, sebagian besar dari bangkai kapal yang tenggelam ini belum pernah dijelajahi oleh manusia.

Meskipun demikian, beberapa kapal yang kandas dan tenggelam di lepas pantai, umumnya telah menjadi medan favorit para turis untuk menyelam dan menikmati keindahan bawah laut Kanada.

Underwater Post Office, Vannuatu

pemandangan dasar laut

Dari danau kapal tenggelam di Kanada, kamu dapat melanjutkan tour bawah lautmu ke sebuah kantor pos di Vannuatu.

Lho, kok hanya kantor pos?

Tenang saja, ini bukan kantor biasa seperti di Indonesia.

Di Vannuatu, ada sebuah kantor pos bawah air yang beroperasi penuh layaknya kantor pos pada umumnya. Kantor pos ini berada sekitar 3 meter di bawah laut dengan latar belakang pemandangan dasar laut yang cantik.

Selain dapat mengirim kartu pos tahan air untuk orang tersayang, tentu saja kamu juga dapat berfoto di depan kantor pos untuk dibagikan di sosial media.

Ginnie Springs, Florida, Amerika Serikat

pemandangan dasar laut

Untuk dapat berenang di mata air yang cantik ini, kamu membutuhkan lisensi sebagai penyelam perairan terbuka. Hal ini dikarenakan tantangan dan keindahan dari Ginnie Spring di Florida ini sama-sama akan membuat adrenalinmu terpacu.

Momen paling menarik ketika kamu misalnya mengunjungi Ginnie Spring adalah saat melihat bagaimana cahaya matahari menembus air sebening kristal yang menghasilkan kilau-kilau khas yang memukau di sekelilingmu.

Orda Cave, Perm Krai, Rusia

pemandangan dasar laut

Tantangan lain yang juga sangat menawan jika kamu adalah seorang penyelam yang penuh rasa ingin tahu ada di Goa Orda, Perm Krai, Rusia. Di tempat ini kamu akan mendapati sebuah lorong-lorong goa bawah air yang membentang sejauh 3 mil di balik indahnya sebuah bukit berumput.

Pemandangan bawah laut asli dari Orda Cave adalah predikatnya sebagai goa terpanjang di dunia yang keseluruhan unsurnya terbuat dari mineral gyspum. Para petualang bawah air seperti kamu akan menemukan lorong-lorong layaknya katedral putih jika mengunjungi tempat yang satu ini.

Silfra Fissure, Thingvellir National Park, Islandia 

pemandangan dasar laut

Selanjutnya tempat di dunia dengan pemandangan bawah laut yang luar biasa dapat kamu temukan di Islandia, tepatnya di Silfra Fissure, Taman Nasional Thingsvellir.

Nah, sekarang coba tebak, apa hal yang paling istimewa jika kamu mengunjungi tempat ini?

Yap, benar banget!

Di Celah Silfra ini kamu akan mendapati sebuah celah yang merupakan pemisah antara lempeng benua Eurasia dan benua Amerika Utara.

Di samping fenomena geologis yang tidak mungkin dapat kamu temukan di tempat wisata bawah air lainnya ini, gambar pemandangan bawah laut yang indah dari Silfra Fissure berupa ganggang hijau dengan visibilitas yang mengesankan, juga akan membuatmu semakin merasa diistimewakan.

Christ of the Abyss, San Fruttuoso, Italia

pemandangan dasar laut

Patung Yesus yang ditempatkan dalam air tentu bukan hal baru dalam dunia pariwisata air. Kamu mungkin bisa menyebutkan beberapa tempat lain yang berusaha menampilkan pengalaman relijius seperti ini saat menyelam di dasar laut.

Namun ada sebuah hal yang berbeda jika kamu mengunjungi perairan San Fruttuoso di Italia. Di tempat ini patung The Christ ditempatkan oleh seorang penyelam untuk mengenang teman diver-nya yang tewas di tempat yang sama.

Hingga kini, Christ of The Abyss yang memiliki tinggi hingga delapan kaki, telah menjadi ikon wisata keindahan bawah laut dari San Fruttuoso.

Ithaa Undersea Restaurant, Maldives

pemandangan dasar laut

Ithaa Undersea Restaurant mungkin hanya diperuntukkan bagi kamu yang siap mengeluarkan uang hingga $320 untuk sekali santap.

Kok, mahal banget?

Sebenarnya tidak juga, terutama jika kamu mengetahui bahwa menu utama yang ditawarkan di tempat ini sebenarnya bukanlah makanannya, melainkan panoramanya. Restoran Ithaa adalah restoran bawah laut pertama di Maldives dan satu-satunya di dunia.

Sambil menguyah daging lobster yang lezat, kamu dapat menikmati hewan laut yang lain terbang di di balik dinding kaca restoran yang melengkung 180 derajat. Gambar pemandangan bawah laut yang indah seperti ini tentu saja istimewa, bukan?

The Great Blue Hole, Belize

pemandangan dasar laut

Lubang Biru Raksasa yang ada di Belize ini adalah surga penyelaman bagi orang-orang yang memiliki nyali besar dan siap bertualang dengan gagah berani di bawah air. Kamu pasti salah dari orang dengan tipe seperti itu, kan?

The Great Blue Hole adalah fenomena palung laut yang dalam. Secara sederhana kamu dapat mengatakan bahwa tempat ini adalah sebuah goa vertikal yang terdapat di dalam lautan.

Untuk pesonanya sendiri jangan ditanya, semakin jauh kamu menyelam ke dasar palung, semakin indah pula gambar pemandangan laut yang akan kamu temui di sana.

Dos Ojos Two Eyes, Tulum, Meksiko

pemandangan dasar laut

Tempat ini pernah masuk dalam tayangan Planet Earth BBC dan juga film IMAX Journey Into Amazing Caves karena saking indahnya. Untuk kamu para perenang scuba berpengalaman dan penyelam snorkel yang penuh rasa penasaran, ini adalah tempat yang sempurna untuk  kamu menjelajah.

Pemandangan dasar laut yang merupakan paduan antara kedalaman goa dan air laut yang biru akan membuat pengalamanmu sempurna. Dua lobang masuk goa di permukaannya adalah yang menjadi inspirasi nama tempat luar biasa satu ini.

Grenada Underwater Sculpture Park, St. George’s, Granada

pemandangan dasar laut

Taman Patung Bawah Laut Granada di Spanyol ini memungkinkan kamu untuk menikmati sebuah tamah seni rupa dengan cara yang tidak biasa. Pemandangan bawah laut dengan puluhan patung yang terbuat dari beton ini akan membuat liburanmu menjadi lebih istimewa.

Adalah Jason deCaires Taylor, seorang seniman dan fotografer kawakan yang memiliki ide gila ini. Ia membuat 65 patung manusia juga benda-benda lain dan memasuknnya ke dalam laut. Sekarang, tempat ini telah menjadi salah satu tujuan wisata paling ikonik di Granada.

Raja Ampat, Indonesia

pemandangan dasar laut

Nah, destinasi pertama pemandangan bawah laut Indonesia yang indah dan sudah sangat terkenal di dunia, diwakili oleh Raja Ampat. Kamu sendiri mungkin sudah pernah ke surga bahari Indonesia yang satu ini, kan?

Raja Ampat memiliki perairan yang jernih, dihiasi oleh gunung-gunung karang dengan hutan tropis di atasnya. Selain itu, perairan Raja Ampat juga menjadi rumah bagi beberapa biota laut endemik Indonesia.

USAT Liberty, Bali, Indonesia

pemandangan dasar laut

Sebagai rekomendasi tempat terakhir untuk kamu yang ingin menikmati keindahan alam bawah laut Indonesia, maka USAT Liberty di pulau Bali, bisa jadi adalah yang paling istimewa.

Kapal perang Liberty ini terdampar di tepi pantai setelah dihantam oleh tornado kapal perang Jepang dalam perang dunia yang ke-2. Tahun 1963 letusan gunung Agung mendorong lagi bangkai kapal ini ke perairan.

Jaraknya yang hanya sekitar beberapa meter di bawah permukaan air laut yang dangkal memungkinkan USAT Liberty menjadi objek penyelaman yang istimewa di pulau Bali. Dengan snorkeling  saja, kamu bahkan sudah dapat menikmati keindahan pesona alam bawah lautnya.

BACA JUGA:

pemandangan dasar laut

Nah, itu adalah beberapa tempat dengan pemandangan dasar laut paling indah di dunia untuk kamu kunjungi. Jika kamu berkesempatan ke sana, jangan lupa untuk berbagi ceritanya dengan Akasaka Journal, ya.

Oh ya, untuk membuat petualanganmu ke berbagai objek wisata bawah laut semakin menyenangkan, yuk, gunakan selalu produk-produk dari Akasaka Outdoor, ya. Kombinasi ketangguhan dan keindahan desainnya, akan membuat pengalamanmu semakin istimewa.

Jadi, selamat menjelajah, Sobat Akasaka!

KLIK DISINI SEKARANG DAN  DAPATKAN PRODUK-PRODUK TERBARU DARI AKASAKA OUTDOOR SPESIAL UNTUK KAMU

Baca Ini Juga Yuk!

7 PERTIMBANGAN MEMILIH TENDA CAMPING 4 ORANG UNTUK MENDAKI GUNUNG
7 PERTIMBANGAN MEMILIH TENDA CAMPING 4 ORANG UNTUK MENDAKI GUNUNG
Untuk acara berkemah di tepi pantai atau di lokasi perkemahan yang memang sudah populer, tenda camping 4 orang adalah rumah yang sempurna. Dengan tenda ukuran seperti ini, kamu bisa menikmati shelt...
Read More
10 MERK SANDAL GUNUNG TERBAIK DI INDONESIA. ASLI, CADAS ABIS!
10 MERK SANDAL GUNUNG TERBAIK DI INDONESIA. ASLI, CADAS ABIS!
  Jika kamu sedang mencari rekomendasi alas kaki untuk membelah hutan dan gunung di Indonesia, artikel kali ini ditulis spesial untuk kamu. Ada 10 merk sandal gunung terbaik di Indonesia yang bisa...
Read More
7 FILM DOKUMENTER TERBAIK SEPANJANG MASA TENTANG PENDAKIAN GUNUNG
7 FILM DOKUMENTER TERBAIK SEPANJANG MASA TENTANG PENDAKIAN GUNUNG
Sepanjang sejarah perfilman, selalu ada list dimana film dokumenter mencuri banyak perhatian. Daftar film dokumenter terbaik sepanjang masa pun demikian, seringkali menjadi rujukan para penggemar s...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published