10 REKOMENDASI TENDA CAMPING TERBAIK TAHUN INI + TIPS MEMILIHNYA

Tenda camping terbaik

Jika kamu menganggap bahwa tenda camping terbaik adalah yang hanya berharga mahal saja, kamu mungkin salah. Dengan teknologi alat outdoor yang sudah semakin menarik, justru ada beberapa tenda camping dengan kualitas yang prima dan dibandrol dengan harga yang cukup murah.

Nah, berikut adalah 10 tenda camping terbaik untuk 4 orang atau lebih yang paling direkomendasikan di dunia tahun ini (2021). Kamu mungkin bisa mempertimbangkan untuk memiliki salah satunya.

BACA JUGA:

10 Tenda Camping Terbaik yang Paling Banyak Direkomendasikan Tahun Ini

Tenda camping terbaik

Dengan banyaknya variasi desain, material dan harga yang ditawarkan, memilih tenda untuk kebutuhan camping atau mendaki gunung, prosesnya bisa saja tidak sesederhana yang kamu bayangkan. Terlalu banyak pilihan yang ditawarkan justru membuat banyak orang jatuh dalam kebimbangan.

Untuk orang-orang yang masih belum terbiasa dengan tenda, pilihan yang banyak ini sudah pasti menyulitkan. Untuk itu, mereka membutuhkan bantuan supaya bisa mendapatkan tenda yang tepat. Bantuan itu sendiri dapat berupa rekomendasi, review, atau pun beberapa tips dan pertimbangan mengenai cara menemukan tenda camping terbaik.

Nah, dalam artikel kali ini Akasaka Journal akan mengajak kamu untuk melihat 10 rekomendasi tenda camping terbaik 2020 yang ternyata juga masih sangat relevan untuk tahun ini (2021). Di samping itu, kamu juga akan melihat apa saja yang harus kamu pertimbangkan saat memilih tenda untuk aktivitas petualangan yang kamu lakukan.

4 Pertimbangan Paling Umum dalam Memilih Tenda Gunung

Pada umumnya ada empat hal yang paling banyak dijadikan pertimbangan ketika memilih sebuah tenda, baik untuk camping atau pun untuk mendaki gunung.

Empat hal tersebut adalah sebagai berikut:

Harga

Tenda camping terbaik

Harga adalah faktor yang cukup banyak diperhitungkan oleh para pegiat alam bebas untuk memilih tenda outdoor. Ada beberapa orang yang memprioritaskan tenda secara khusus dengan range harga tertentu. Sementara itu, ada pula yang mungkin tidak begitu mempermasalahkan faktor yang satu ini.

Dari sisi harga, tentu saja akan ada perbedaan antara tenda camping terbaik untuk 4 orang dan untuk kapasitas yang lebih besar daripada itu. Hal penting yang harus kamu ingat terkait persoalan harga adalah jangan sampai kamu mengorbankan kenyamanan atau keamanan demi harga murah.

Atau sebaliknya, kamu terlalu mementingkan brand untuk mendapatkan tenda yang sebenarnya bisa kamu dapatkan dengan harga yang lebih murah.

Aktivitas Penggunaan

Tenda camping terbaik

Pertimbangan kedua adalah mengenai peruntukan tenda itu sendiri atau versalitas. Pertanyaannya adalah; apakah kamu mencari satu tenda untuk mengakomodasi semua jenis kegiatan outdoor yang kamu lakukan, ataukah kamu adalah tipe orang yang lebih suka dengan spesifikasi sendiri-sendiri?

Artinya kamu memilih untuk menggunakan tenda mendaki gunung sendiri, tenda untuk camping di bumi perkemahan sendiri, tenda untuk backpacker-an sendiri, dan sebagainya.

Semakin spesifik tenda yang kamu miliki, tentu semakin nyaman. Namun, budget yang harus kamu siapkan juga akan jauh lebih melambung.

Space atau Kapasitas Muat Tenda

Tenda camping terbaik

Nah, ini pertimbangan yang juga tidak bisa kamu abaikan, yakni mengenai seberapa luas kapasitas tenda yang akan kamu pilih?

Untuk menentukannya, kamu bisa mulai memperkirakan berapa banyak orang yang akan tidur di dalam tendamu nantinya. Jika kamu sering bertualang bersama-sama, ukuran yang paling ideal mungkin adalah tenda kapasitas 3 atau 4 orang.

Mudah Digunakan atau Dipasang

Tenda camping terbaik

Pertimbangan selanjutnya adalah mengenai kepraktisannya.

Pada umumnya para aktivis kegiatan outdoor adalah orang-orang yang simpel dan sederhana dan menyukai yang sederhana pula. Artinya tenda yang terlalu sulit untuk dipasang, bisa saja tidak akan terlalu menarik untuk digunakan.

10 Rekomendasi Tenda Camping Terbaik Tahun 2021

Dilansir dari salah satu blog backpacking dan hiking terpercaya, ada beberapa tenda yang dianggap paling layak direkomendasikan untuk kamu miliki tahun ini. Tenda-tenda ini dinilai paling memenuhi syarat dalam pertimbangan-pertimbangan di atas.

Berikut daftarnya;

Coleman Sundome 4

Tenda camping terbaik

Koleksi pertama yang masuk dalam tenda terbaik tahun ini adalah Coleman Sundome 4.

Hayo, kamu yang sudah terbiasa mendaki gunung atau bertualang sebelumnya, sudah pasti tidak asing dengan produk yang satu ini, kan?

Coleman Sundome 4 adalah tenda yang cukup menarik dari sisi desain yang simpel, harga yang terjangkau, dan bahan yang lumayan. Salah satu kelemahan tenda ini biasanya terletak pada material frame-nya yang masih menggunakan bahan fiber yang lebih berisiko terhadap patah dan cukup berat dari sisi bobot.

Selain itu tenda ini juga memiliki konstruksi yang rendah sehingga kamu tidak bisa berdiri di dalamnya, memiliki hanya satu pintu, dan tidak memiliki vestibule atau ruang ekstra untuk mennyimpan barang-barang di luar tenda.

Rei Groundbreaker 2

Tenda camping terbaik

Dari sisi ukuran, Rei Grounbreaker 2 tentu saja lebih kecil daripada Colemen Sundome 4. Namun dari sisi spesifikasi material, range harga, dan kemudahan setting, tenda ini memiliki cukup banyak kesamaan. Untuk itu, tidak berlebihan rasanya jika tenda ini direkomendasikan pula sebagai tenda camping terbaik 2 orang tahun 2020 lalu.

Seperti halnya tenda terbaik pada daftar yang pertama, koleksi yang kedua ini juga memiliki minus dari sisi space yang sempit dan atap yang rendah.

Tenda ini juga tidak memiliki vestibule untuk menempatkan sepatumu yang kotor di luar tenda. Selain itu, tenda ini juga tidak memiliki ventilasi yang luas untuk kamu yang gemar menikmati pemandangan sambil leyeh-leyeh dari dalam tenda.

Caddis Rapid 6

Tenda camping terbaik

Untuk kamu yang terbiasa camping bareng-bareng dan membutuhkan space yang luas, tenda camping terbaik dari Caddis bisa jadi referensi yang menarik. Dengan ketinggian atap tenda di atas 80 inch, kamu cukup leluasa di dalamnya.

Hal menarik lain dari tenda satu ini adalah kamu dapat mendirikannya dengan mudah. Namun tentu saja dengan besar yang bisa menampung 6 orang, tenda ini membutuhkan space yang cukup lebar untuk bisa didirikan.

Hal lain yang juga harus kamu pertimbangkan sebelum memutuskan membeli tenda ini adalah beberapa minusnya seperti cukup berat, hanya memiliki satu akses pintu, tidak memiliki vestibule dan, kadang-kadang resleting pintunya juga sering macet.

Marmot Limestone 4 P

Tenda camping terbaik

Brand satu ini sama sekali tidak dapat dimasukkan dalam kategori tenda camping terbaik murah dari sisi harga. Bandrol tenda ini sendiri adalah $370 atau di atas 5 juta rupiah.

Namun kamu akan mendapatkan frame dengan kualitas terbaik, 2 akses pintu yang besar dan memudahkan kamu untuk keluar masuk tenda saat menggunakannya. Di samping itu, kamu juga akan mendapati resleting tenda yang lembut dan kontsruksi shelter yang gampang untuk didirikan.

Dari sisi minusnya, harga mungkin adalah yang pertama. Hal lain yang juga mengurangi kenyamananmu adalah kamu tidak bisa berdiri di dalam tenda ini karena atapnya yang rendah.

Rei Co-op Trail Hut 4

Tenda camping terbaik

Koleksi selanjutnya adalah Rei Co-op Trail Hut yang bahkan pernah dinominasikan sebagai salah satu tenda ultralight terbaik tahun lalu. Jadi, dari sisi bobotnya sendiri, tenda ini sudah bisa untuk kamu jagokan.

Selain bobotnya yang ringan, keunggulan lain dari tenda ini adalah gampang didirikan, memiliki 2 pintu yang leluasa lengkap dengan vestibule di depannya. Hal lain yang cukup menarik adalah footprint tenda yang juga sudah included dalam pembelian.

Namun demikian, kamu juag harus mencatat bahwa tenda satu ini memiliki ketinggian yang tidak akan membuat kamu bisa berdiri di dalamnya. Di samping itu, tali pengencang tenda juga biasanya tidak termasuk dalam paket yang disediakan.

Coleman Octagon 98

Tenda camping terbaik

Desain yang unik bak tenda indian akan membuat shelter kamu berbeda dari yang lainnya ketika menggunakan tenda ini. Kamu juga bisa berdiri dengan nyaman di dalamnya dengan dua pintu yang terbuka lebar. Hal menarik lain; kamu mendapatkan aksesories ekstra keset pintu masuk saat membeli tipe yang satu ini.

Nah, untuk kekurangannya sendiri  kamu sudah pasti bisa menduga, kan?

Yap, benar banget!

Tenda ini berat, besar dan tidak memiliki vestibule meskipun kapasitas maksimumnya sendiri 8 orang. Hal lain yang mungkin akan membuat kamu berpikir dua kali sebelum membelinya adalah ventilasinya yang tidak bisa diakses dari dalam tenda dan proses perawatan kerusakannya yang tergolong rumit.

Eureka Space Camp 4

Tenda camping terbaik

Kamu yang memiliki postur sedang sudah dipastikan bisa berdiri dengan leluasa di dalam tenda ini. Namun ketika angin kencang bertiup, kamu mungkin tidak akan bisa tenang dalam tenda ini karena ketinggiannya. Walaupun tentu saja dengan tali pengencang atau guylines, hal ini bisa kamu minimalisir.

Sayangnya, guylines tidak termasuk dalam paket tenda ini.

Nah, kalau keunggulannya yang lain adalah tenda ini mudah untuk dipasang, dilengkapi ventilasi yang cukup, dan resleting pada pintu yang nyaman dan lembut. Di samping itu, material frame yang dimilikinya sudah cukup berkualitas dan awet untuk kamu gunakan dalam waktu yang lama.

Rei Co-op Half Dome SL 2+ & 3+

Tenda camping terbaik

Dari sisi bobotnya, tenda yang satu ini juga termasuk sebagai salah satu tenda yang direkomendasikan. Meskipun bukan termasuk tenda ultralight terbaik, namun bobotnya masih tetap lebih unggul dibandingkan produk yang sekelas dengannya.

Dengan desain yang simpel tenda ini mudah untuk didirikan, terbuat dari material-material berkualitas tinggi baik untuk frame atau layering-nya. Ventilasi tenda juga cukup bagus dengan footprint yang sudah termasuk di dalamnya. Untuk menyimpan barang-barang, kamu juga akan dimanjakan dengan ketersediakan saku di dalam tenda.

Untuk kelemahannya sendiri adalah ketinggian atap yang tidak memungkinkan kamu berdiri di dalam tenda. Selain itu, pasak tenda biasanya tidak mencukupi dan guylines yang harus dibongkar pasang.

Rei Kingdom 6

Tenda camping terbaik

Tenda selanjutnya yang cukup menarik untuk kamu miliki adalah Rei Kingdom 6 yang juga memiliki variasi ukuran untuk 4 P dan 8 P. Dari sisi bentuk desainnya sendiri, Rei Kingdom adalah jenis tenda tunnel modern yang unik.

Terbuat dari material kualitas terbaik untuk frame dan layernya, kamu tidak perlu khawatir dengan performance tenda ini di lapangan. Kamu  bisa berdiri di dalam tenda ini yang tentu saja akan menambah kenyamanannya. Selain itu kamu juga dimanjakan dengan adanya pembatas ruangan, dua buah pintu besar dan vestibule yang lumayan luas.

Hal yang akan membuat kamu berpikir ulang sebelum memasukkan tenda ini dalam keranjang belanja adalah ia rentan dengan angin kencang. Guylines juga tidak dipasang permanen sehingga akan cukup merepotkan saat bongkar pasang.

Hal lain lagi yang mengganggu adalah karena harganya yang cukup tinggi.

Rei Grand Hut 4

Tenda camping terbaik

Tenda camping terbaik yang terakhir untuk direkomendasikan tahun ini adalah Rei Grand Hut 4 yang keunggulannya membuat kamu dapat berdiri dengan nyaman di dalamnya. Kamu juga mungkin akan senang dengan harganya yang lebih murah dibandingkan tipe yang sama seperti Rei Kingdom.

Dengan harga yang lebih terjangkau, kamu akan mendapatkan material tenda yang juga cukup baik. Di sisi yang lain, 2 pintu besar lengkap dengan vestibule-nya akan semakin membuat kamu bersyukur memiliki tenda ini.

Namun jangan buru-buru, tenda ini juga memiliki kekurangannya sendiri, lho. Jumlah pasak yang tidak mencukupi ditambah lagi dengan guylines yang tidak terpasang permanen akan membuat kamu sedikit ribet saat mendirikannya.

Oh ya, angin yang kencang juga akan mengkhawatirkan dirimu saat berada di dalam tenda ini, lho. Tanpa bantuan guyline kondisinya mungkin akan sedikit menakutkan.

10 Rekomendasi Tenda Camping atau Tenda Gunung Terbaik di Indonesia

Tenda camping terbaik

Setelah melihat 10 tenda camping terbaik tahun ini versi internasional. Sekarang waktunya untuk melihat 10 tenda camping yang juga paling direkomendasikan untuk para pegiat alam di tanah air.

Apa saja daftarnya?

  1. Great Outdoor Java 4 Pro
  2. Eiger Riding Explorer
  3. Consina Magnum 5
  4. Chanodug FX 8950
  5. Arei R14Q 018
  6. Quechua Arpenaz Family 5.2
  7. Bestway Monodome Pavillo X2
  8. Coleman Sundome 6 P
  9. Speed Original LX018 -15
  10. Kloken Pop Up Tent

Nah, itu adalah tenda camping terbaik di Indonesia yang dirilis oleh website Product Nation.id. Kamu bisa lihat daftarnya, kan, beberapa merk populer seperti tenda camping Eiger dan Consina juga ikut ada di dalamnya.

Tips Memilih Tenda Camping untuk Mendapatkan yang Terbaik

Tenda camping terbaik

Jika daftar rekomendasi tenda camping di atas belum memuaskan hatimu, kamu bisa mencari koleksi lainnya, kok.

Namun yang pasti, kamu harus tetap mempertimbangkan beberapa tips berikut supaya tidak terjebak mendapatkan tenda camping termahal dari sisi harga, namun mungkin memiliki kualitas yang tidak begitu istimewa.

Seperti yang sudah disampaikan di awal, kamu bisa mempertimbangkan hal-hal berikut sebelum memutuskan untuk memilih tenda camping yang akan kamu gunakan.

  • Memiliki kemampuan proteksi yang sempurna terhadap cuaca seperti angin dan hujan.
  • Mudah dipasang atau easy to set up.
  • Terbuat dari material yang kuat dan tahan lama.
  • Pertimbangkan tenda yang komplit termasuk pasak, footprint, guylines, atau pun double layer waterproof-nya.
  • Sesuaikan dengan kapasitas yang kamu butuhkan.
  • Sesuaikan dengan buget yang telah kamu tetapkan.

BACA JUGA:

Tenda camping terbaik

Nah, itu adalah beberapa hal yang harus kamu ketahui tentang memilih tenda camping terbaik. Rekomendasi, keunggulan, kekurangan, tips memilih dan lain sebagainya, dapat kamu sesuaikan dengan seleramu sendiri.

Oh ya, supaya acara camping dengan tenda pilihanmu semakin menarik, tetap gunakan produk-produk dari Akasaka Outdoor, ya. Sandal gunung, apparels, backpack dan accessories dari Akasaka akan membuat penampilanmu istimewa dimana saja.

Selamat bertualang, Sobat Akasaka!

LIHAT KOLEKSI TERBAIK AKASAKA OUTDOOR DISINI

Baca Ini Juga Yuk!

10 OLAHRAGA VERTICAL PALING EKSTRIM DI MUKA BUMI YANG KAMU WAJIB COBA
10 OLAHRAGA VERTICAL PALING EKSTRIM DI MUKA BUMI YANG KAMU WAJIB COBA
Rock climbing, mendaki gunung, base jumping dan sejenisnya sudah pasti adalah olahraga vertical yang sangat menantang dan ektrim. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa masih banyak jenis olahraga vertica...
Read More
INI 9 TEMPAT TREKKING DI JOGJA YANG PALING ASYIK UNTUK DIJELAJAHI
INI 9 TEMPAT TREKKING DI JOGJA YANG PALING ASYIK UNTUK DIJELAJAHI
Jogja memang istimewa dalam banyak hal, termasuk sebagai rumah bagi banyak tempat trekking menakjubkan. Untuk kamu yang suka bertualang di alam bebas sambil berolahraga, Akasaka Journal memiliki 9 ...
Read More
SERAM! INI 9 BUKTI KENGERIAN HUTAN AMAZON YANG PALING MENAKUTKAN
SERAM! INI 9 BUKTI KENGERIAN HUTAN AMAZON YANG PALING MENAKUTKAN
Jika berbicara tentang kengerian hutan Amazon, apa saja yang terbayang dalam benak Sobat Akasaka? Anaconda raksasa, katak beracun, ikan piranha yang ganas, atau buaya ukuran raksasa yang ganas dan ...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published