10 PENDAKI GUNUNG EVEREST DENGAN REKOR SEBAGAI YANG PERTAMA DI DUNIA

pendaki gunung Everest

Para pendaki gunung Everest hampir selalu bertambah banyak setiap tahunnya. Keinginan untuk mencapai puncak gunung tertinggi di dunia, ternyata adalah mimpi bagi banyak orang dari berbagai penjuru negeri. Daftar pendaki gunung Everest yang semakin bertambah kuotanya pada setiap musim pendakian menjadi bukti untuk menjelaskan hal ini.

Nah, dari demikian banyak para pendaki itu, di antara mereka banyak pula yang kemudian membuat rekor sebagai yang pertamakalinya di Everest.

Siapa sajakah mereka dan rekor apa yang mereka ciptakan?

Yuk, simak ulasannya berikut ini.

10 Pendaki Gunung Everest yang Membuat Rekor Paling Terkenal Sebagai Orang Pertama di Everest

pendaki gunung Everest

Sepanjang sejarah mountaineering di Everest, gunung dengan ketinggian 8.886 meter ini telah mencatat demikian banyak rekor di atasnya. Rekornya ini berkembang dari sesuatu yang prestisius menjadi sesuatu yang unik kadang-kadang. Bahkan pada satu sisi, rekor yang tercipta juga terasa menggelikan untuk didengar.

Rekor sebagai pendaki gunung kulit hitam pertama yang mencapai puncak Everest terdengar membanggakan. Namun jika rekor sebagai pendaki dengan penyakit diabetes pertama yang mencapai puncak Everest, maka itu terasa agak aneh untuk didengar. Atau yang mungkin lebih aneh adalah pendaki yang memegang rekor sebagai pendaki gay pertama mencapai puncak Everest.

Rekor-rekor ini tentu saja tidak biasa untuk didengar. Bahkan beberapa orang merasa risih saat mendengarnya. Namun, ada beberapa prestasi di Everest yang demikian populer dan layak untuk dibanggakan. Dan berikut Akasaka Journal telah merangkum 10 rekor para pendaki gunung Everest yang paling terkenal dan populer di dunia.

BACA JUGA:

George Leigh Mallory; Pendaki Gunung Pertama yang Melakukan Ekspedisi di Everest

pendaki gunung Everest

Saat ditemukan beberapa tahun silam, George Mallory adalah salah satu mayat gunung Everest yang penuh dengan misteri. Kematiannya pada tahun 1924 bersama dengan Irvine Andrew telah memantik sebuah misteri yang tidak terpecahkan hingga sekarang.

Namun, selain menjadi bagian terbesar dari misteri gunung Everest, George Leigh Mallory juga adalah orang pertama di dunia yang melakukan ekspedisi untuk mencapai puncak Everest. Rekor ini dibuat oleh Mallory pada tahun 1922, ketika ia meyambut panggilan Clinton Thomas Dent, mendiang ketua umum Alpine Club Inggris untuk memuncaki gunung paling tinggi di dunia.

Tenzing Norgay dan Sir Edmund Hillary; Pendaki Gunung Pertama yang Mencapai Puncak Everest

pendaki gunung Everest

Kedua nama ini sangat terkenal dan kamu tentu sangat mengenalnya, bukan?

Prestasi terbesar dari nama Tenzing Norgay dan Edmund Hillary adalah karena mereka berdua merupakan dua orang manusia pertama yang berhasil menginjakkan kaki di puncak Everest. Dalam istilah yang lebih umum, Tenzing Norgay dan Edmund Hillary disebut juga sebaga summiter first ascent Everest.

Peristiwa pencapaian puncak Everest untuk yang pertamakalinya ini terjadi pada tahun 1953 bulan Mei tanggal 29. Edmund Hillary dan Tenzing Norgay sendiri saat itu merupakan anggota ekspedisi Inggris yang diketuai oleh John Hunt. Peristiwa first ascent Everest oleh Norgay dan Hillary ini adalah salah satu peristiwa paling monumental dalam sejarah mountaineering dunia.

Willi Unsoeld dan Tom Hornbein; Pendaki Pertama yang Melakukan Pendakian Lintas atau Traversing di Everest

pendaki gunung Everest

Dengan ketinggian gunung Everest yang hampir mencapai 9.000 meter ini, Everest benar-benar menjadi medan petualangan paling menantang di dunia. Ada cukup banyak jenis petualangan yang dilakukan dalam mendaki gunung Everest. Dan salah satu bentuk petualangan itu adalah dengan mendakinya secara traversing atau pendakian lintas.

Nah, dapatkah kamu menebak sisi sebelah mana yang menjadi medan lintasan pendakian Everest untuk yang pertama kalinya?

Pendakian traversing di Everest terjadi pada tahun 1963 dan dilakukan oleh dua orang pendaki Amerika bernama Tom Hornbein dan Willie Unsoeld. Keduanya melakukan pendakian melalui sisi barat daya dan turun melalui jalur selatan. Ini adalah pendakian pertama yang terjadi di Everest dengan cara traversing.

Wang Fuzhou dan Tim China: Pendaki Pertama yang Mencapai Puncak Everest Melalui Sisi Utara

pendaki gunung Everest

Ada dua rute yang paling umum dalam pendakian gunung Everest, yakni rute utara melalui sisi Tibet dan rute selatan melalui sisi Nepal. Pendakian puncak yang dilakukan oleh Tenzing Norgay dan Edmund Hillary itu dari sisi Nepal. Nah, Wang Fuzhou dari China adalah pendaki yang kemudian mencapai puncak gunung tertinggi itu melalui sisi utara untuk yang pertama kalinya.

Jika pendaki gunung Everest pertama asal Indonesia adalah Clara Sumarwati, maka Wang Fuzhou ini adalah pendaki pertama asal China yang mencapai puncak Everest. Menariknya adalah; bahwa rute yang digunakan oleh Clara Sumarwati dan timnya pada tahun 1996, merupakan rute yang dirintis oleh Wang Fuzhou dan ekspedisinya pada tahun 1960.

Junko Tabei dan Phanthog; Pendaki Gunung Wanita Pertama yang Mencapai Puncak Everest

pendaki gunung Everest

Kamu mungkin sudah akrab dengan nama Junko Tabei, tapi apakah kamu juga mengenal nama Phanthog?

Apa yang dicapai oleh Phanthog, sebenarnya memiliki derajat yang sama dengan apa yang dicapai oleh Junko Tabei. Keduanya merupakan wanita pertama yang berhasil mencapai puncak Everest pada tahun 1975. Hanya adalah selisih 11 hari antara pemuncakan yang dilakukan Junko dengan pemuncakan yang dilakukan oleh Phanthog. Di samping itu, jika Junko mendaki mendaki melalui sisi selatan, maka Phanthog mencapai puncak melalui sisi utara.

Ini menjadi sesuatu menarik kemudian, bagaimana popularitas Junko Tabei jauh melampaui Phanthog. Misteri gunung Everest tidak berhenti pada hal semacam itu saja, jika membaca lebih jauh sejarah pendakian gunung Everest, kamu akan mendapatkan lebih banyak fakta yang menarik dan mungkin unik. Termasuk juga tentang popularitas para pendakinya yang mungkin terkesan ‘tidak adil’.

Reinhold Messner dan Peter Habeler; Pendaki Gunung Pertama yang Mencapai Puncak Everest Tanpa Tabung Oksigen

pendaki gunung Everest

Berdasarkan justifikasi ilmiah pada saat itu (tahun 1970-an), Everest tidak mungkin dapat didaki tanpa menggunakan tambahan oksigen melalui tabung yang dibawa oleh pendaki. Dunia medis mengatakan bahwa adalah kemustahilan ada manusia yang dapat bertahan di atas ketinggian 8.000 meter tanpa tabung oksigen.

Asumsi ini kemudian dipatahkan oleh Reinhold Messner dari Italia dan Peter Habeler dari Austria yang berhasil mencapai puncak gunung Everest tanpa menggunakan tabung oksigen pada tahun 1978. Bahkan beberapa tahun kemudian, Reinhold Messner menggandakan pencapaian itu dengan kembali mendaki Everest tanpa tabung oksigen secara solo.

Leszek Cichy dan Krzysztof Wielicki; Pendaki Gunung Everest Pertama yang Mencapai Puncak pada Musim Dingin

pendaki gunung Everest

Para pendaki gunung Polandia sudah terkenal sebagai ksatria es yang tangguh. Mereka memiliki sangat banyak para pendaki gunung dengan kemampuan mendaki di musim dingin yang luar biasa. Di gunung dengan ketinggian delapan ribu meter seperti Everest, para pendaki Polandia menjadi rajanya.

Rekor pendakian musim dingin di Everest ini terjadi pada tahun 1980 ketika Leszek Cichy dan Krzysztof Wielicki berhasil mencapai puncak gunung Chomolungma dan turun kembali dengan selamat. Bagaimana pun, ini adalah keberhasilan besar bagi Polandia, karena setelah Everest mereka setidaknya mengoleksi 10 puncak gunung tertinggi di dunia lainnya yang berhasil dicapai pada musim dingin untuk yang pertama kalinya.

Jean Marc Boivin: Pendaki Gunung Pertama yang Turun dari Puncak Everest Menggunakan Paragliding

pendaki gunung Everest

Rekor selanjutnya yang terjadi di Everest adalah ketika pendaki gunung besar dari Perancis bernama Jean Marc Boivin, berhasil turun dari puncak menggunakan paraglider. Aksi ini dilakukan oleh Jean Marc Boivin pada 28 September 1988. Dari puncak, Ia hanya membutuhkan waktu 11 menit untuk mencapai Camp II pada ketinggian 5.900 meter.

Oya, profil lengkap Jean Marc Boivin ini dapat pula kamu baca dalam buku-buku yang ditulis oleh Anton Sujarwo seperti Hari Terakhir Di Atas Gunung dan 9 Puncak Seven Summit, yang semuanya dapat kamu download dengan mudah disini.

Davo Karničar; Pendaki Gunung Pertama yang Turun dari Puncak Everest Menggunakan Ski

pendaki gunung Everest

Jika Jean Marc Boivin turun dari puncak Everest menggunakan paraglider pada tahun 1988, maka Davo Karničar pada tahun 2000 melakukannya dengan menggunakan ski. Ia adalah orang pertama yang berani melakukan hal tersebut dari puncak Everest.

Sama seperti Jean Marc Boivin yang legendaris, Davo Karničar juga sama hebatnya. Sobat Akasaka bisa menebak apa saja gunung yang pernah diluncuri menggunakan ski oleh Davo Karničar sebelum ia meluncur dari puncak Everest?

Selain meluncur melintasi mayat gunung Everest pada lintasan skinya, Davo Karničar juga pernah turun dari puncak Nanga Parbat, Annapurna dan Shishapangma menggunakan ski. Bahkan Ia juga adalah orang yang memegang rekor sebagai pendaki pertama di dunia yang meluncur dari puncak seven summit menggunakan ski.

Erik Weihenmeiyer: Pendaki Gunung Buta Pertama yang Mencapai Puncak Everest dan Turun Dengan Selamat

pendaki gunung Everest

Ada cukup banyak pendaki yang mengalami buta sementara atau snowblind karena mendaki gunung Everest. Akan tetapi pendaki gunung yang satu ini, Erik Weihenmeyer, memang buta sebelum datang ke Everest. Namun kebutaan ini tidak menjadikan penghalang bagi Erik untuk mendaki puncak gunung tertinggi di dunia.

Tahun 2001 silam, Erik membuat rekornya sendiri dengan menjadi pendaki difabel pertama kategoi tunanetra yang berhasil mencapai puncak Everest. Selain berprofesi sebagai pendaki gunung, Erik juga adalah seorang penulis motivasi yang cukup populer di Amerika.

BACA JUGA:

pendaki gunung Everest

Nah, itu adalah 10 pendaki gunung Everest yang memegang rekor sebagai yang pertamakalinya di dunia. Kamu dapat melihat kan, bagaimana prestisius dan hebatnya rekor-rekor tersebut?

Oya Sobat Akasaka, sembari mungkin saja mempersiapkan petualanganmu ke berbagai penjuru dunia, yuk, lihat juga beberapa produk paling keren dari Akasaka Outdoor berikut ini. Dari sandal gunung super tangguh, apparels, headwear sampai tumbler paling keren, semuanya ada di Akasaka.

Yuk, klik tautannya dibawah ini untuk mendapatkan harga yang paling istimewa, ya!

KLIK SEKARANG DAN DAPATKAN PRODUK OUTDOOR IMPIAN KAMU DISINI

 

 

Leave a comment

All comments are moderated before being published