10 OLAHRAGA VERTICAL PALING EKSTRIM DI MUKA BUMI YANG KAMU WAJIB COBA

Olahraga vertical

Rock climbing, mendaki gunung, base jumping dan sejenisnya sudah pasti adalah olahraga vertical yang sangat menantang dan ektrim. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa masih banyak jenis olahraga vertical memacu adrenalin di luar sana yang tidak kalah menarik untuk kamu coba?

Nah, kali ini Akasaka Journal mengumpulkan 12 jenis olahraga vertical paling ekstrim yang sangat menantang untuk kamu coba.

Jadi, dibaca sampai selesai, ya!

BACA PULA:

10 Jenis Vertical Sport Paling Memacu Adrenalin di Dunia

Olahraga vertical

Vertical adalah sebuah sebutan untuk medan tegak lurus yang memiliki spot atas bawah yang berlawanan. Lawan dari kata vertical sudah pasti adalah horizontal. Namun, dalam olahraga vertical yang ekstrim, inti yang harus diingat adalah ini tentang gravitasi. Vertical sport dalam pengertian yang simpel adalah aktivitas olahraga yang menantang gaya gravitasi.

Vertical sport yang ekstrim tentu tidak sama dengan aktivitas olahraga vertical jump yang banyak diaplikasikan dalam latihan permainan bola voli. Extreme vertical sport akan memaksa seseorang untuk mencurahkan fokus dan konsentrasi guna mengontrol ketakutan akan jatuh karena gaya gravitasi.

Risiko maskimum dari kegagalan konsentrasi dan fokus pada extreme vertical sport adalah kematian.

Meskipun menakutkan, risiko ini sebenarnya dapat dikontrol dengan baik jika kamu melalui banyak latihan dan memiliki fokus yang baik pula dalam memilih serta melakukan aktivitas olahraga vertikal yang kamu pilih.

Lalu, apa saja extreme vertical sport yang bisa kamu coba?

Ini dia 10 di antaranya.

Mountaineering

Olahraga vertical

Jenis olahraga extreme vertical yang pertama dan dianggap paling berbahaya di dunia adalah mountaineering atau pendakian gunung. Mendaki gunung dalam konsep yang lebih kompleks memiliki seperangkat risiko yang sangat maksimum hingga berujung pada kematian.

Hayo, kamu pasti sudah biasa mendengar kabar tentang pendaki gunung yang mengalami hipothermia, terjatuh, tertimpa longsoran, tersasar dan hilang, kan?

Nah, di gunung yang lebih tinggi dan lebih teknis seperti Himalaya dan Karakoram, risiko ini akan meningkat berpuluh kali lipat. Ancaman terjatuh adalah sesuatu yang sudah lumrah karena memang berhadapan dengan gravitasi bumi. Namun, gravitasi bukan satu-satunya yang membuat mountaineering sangat ekstrim untuk dilakukan.

Udara di atas pegunungan tinggi yang tipis memungkinkan untuk hadirnya risiko tambahan yang tak kalah mematikan seperti High Altitude Pulmonary Edema atau HAPE, juga High Altitude Cerebral Edema atau HACE. Baik HAPE mau pun HACE, keduanya adalah mesin pembunuh dalam dunia mountaineering.

HAPE adalah kondisi dimana penumpukan cairan pada paru-paru, sementara HACE adalah penumpukan cairan pada otak. Kedua penyakit ini disebabkan oleh kurangnya volume suply oksigen di atas gunung yang membuat olahraga vertical mountaineering semakin berisiko untuk dilakukan.

Rock Climbing

Olahraga vertical

Jenis olahraga vertical yang kedua dan memiliki bahaya maksimal adalah rock climbing. Kamu pastinya sudah sangat akrab dengan aktivitas vertical sport yang satu ini, kan?

Rock climbing adalah aktivitas olahraga ekstrim dimana seseorang melakukan pemanjatan tebing vertikal yang ketinggian dan medannya bervariasi. Bahaya utama dari aktivitas ini adalah terjatuh, namun bahaya lain yang juga tidak kalah menakutkan misalnya adalah terkena batuan rontok, peralatan yang tidak bekerja dan lain sebagainya.

Dalam rock climbing, fokus adalah hal utama yang harus kamu miliki. Tuntutan keseimbangan penggunaan tangan dan kaki juga menjadi alasan lain mengapa olahraga ini hanya diminati oleh sedikit orang.

Nah, untuk mengasah keseimbangan ini, olahraga vertical crunch yang rutin akan memberi manfaat yang cukup untuk kamu lakukan.

Bungee Jumping

Olahraga vertical

Apakah kamu pernah mencoba bungee jumping?

Bungee jumping adalah salah satu aktivitas ektrim yang pernah ramai diperbincangkan di Indonesia beberapa tahun lalu. Ini adalah sebuah aksi menegangkan dimana seseorang terjun dari ketinggian tertentu. Alat pengaman dari bungee jumping adalah sebuah tali yang memiliki sistem pegas untuk meredam hentakan saat jatuh.

Operator bungee jumping reguler umumnya menggunakan jembatan sebagai media untuk melompat. Namun, beberapa operator yang lebih revolusioner juga kadang membangun menara atau menggunakan atap gedung sebagai titik lompat.

Bungee jumping sudah pasti sangat berisiko. Sedikit kesalahan yang terjadi dalam vertical sport yang satu ini sudah pasti akan berakhir dengan fatal.

Base Jumping

Olahraga vertical

Dari sisi teknis dan strateginya, bungee jumping dan base jumping memiliki beberapa persamaan yang cukup signifikan. Hanya saja untuk base jumping, para penerjun menggunakan parasut atau payung sebagai proteksi keamanan.

Base jumping akrab pula dengan olahraga vertical lain seperti panjat tebing atau big wall climbing. Seorang penerjun memanjat hingga titik tertinggi di sebuah tebing untuk kemudian terjun dan membuka parasutnya pada ketinggian tertentu.

Nah, beberapa lokasi base jumping yang cukup terkenal di dunia misalnya adalah di tebing North Face gunung Eiger, kemudian ada juga di Yosemite Valley dan Grand Canyon, Amerika Serikat.

Sky Diving

Olahraga vertical

Sky diving mungkin saja adalah salah satu olahraga vertical paling menegangkan di dunia.

Jika seorang base jumper melompat dari gedung atau puncak sebuah tebing. Maka seorang sky diver melompat dari pesawat untuk melakukan penerjunan. Dari sisi risiko yang dimilikinya, baik sky diving mau pun base jumping sama-sama akan membawa dampak yang fatal bagi atlitnya.

Manusia selamanya terpesona dengan penerbangan dan merasa kagum dengan burung elang yang terbang bebas tanpa bantuan. Meskipun ada banyak pesawat yang telah lama dikembangkan untuk mewujudkan obsesi ini, namun tidak banyak olahraga yang benar-benar mampu mewujudkan keinginan manusia itu tanpa menggunakan alat.

Dan sky diving adalah salah satunya.

Penerjunan skydiving dapat dilakukan berkelompok atau pun seorang diri. Ketinggian minimal olahraga ini biasanya adalah 1.000 meter yang meluncur deras ke permukaan untuk mendarat dengan selamat menggunakan parasut.

Hang Gliding

Olahraga vertical

Pernahkah kamu membayangkan pesawat kertas yang kamu buat saat kecil bisa benar-benar ditumpangi?

Nah, cara yang paling akal untuk mewujudkan keinginan itu adalah dengan hang gliding. Dengan berlari dari dataran tinggi atau bagian lereng sebuah tebing, kamu dapat lepas landas dan terbang dengan berpegangan pada pesawat dengan bentang sayap yang tidak terlalu lebar.

Dikarenakan lepas landas yang dilakukan dengan berlari, hang gliding tentu juga membutuhkan bantuan sepasang kaki yang kuat untuk mendapat dorongan yang maksimal saat take off. Kamu yang rajin berlatih akan merasakan manfaat olahraga vertical leg crunch ketika melakukan olahraga ini.

Dengan bahaya vertikal dan kecepatan yang dimilikinya, hang gliding juga termasuk salah satu olahraga ekstrim yang ada di dunia.

Para Gliding

Olahraga vertical

Dibandingkan hang gliding, para gliding mungkin lebih banyak diminati oleh masyarakat umum. Di Indonesia, aktivitas olaharaga para gliding termasuk salah satu olahraga yang populer dan banyak dilakukan di sebagian kecil masyarakat.

Para gliding juga menggunakan parasut sebagai pokok perlindungan. Antara atlit dan parasutnya dihubungkan oleh tali para cord yang banyak pula digunakan oleh para penerjun payung pada umumnya. Ini berbeda dengan hang gliding yang memberikan rangka pesawat sebagai kontrol langsung dari pengemudinya.

Dari sisi risiko yang ditimbulkan, baik hang gliding mau pun para gliding, sama-sama berpotensi fatality hingga kematian.

Mountain Biking

Olahraga vertical

Bersepeda gunung juga dianggap sebagai salah satu aktivitas yang paling berbahaya di dunia.

Dalam olahraga yang satu ini, kamu akan dituntut mampu mengendalikan kecepatan, keseimbangan sekaligus adrenalin melawan gravitasi.

Medan yang dijelajahi para sepeda gunung sangat beraneka ragam, dari yang biasa hingga yang sangat sulit untuk dilewati. Bahkan untuk beberapa pesepeda gunung profesional. Aktivitas ini benar-benar memadukan antara panjat tebing, scrambling dan juga bersepeda.

Untuk alasan ini saja, mountain biking tidak diragukan lagi adalah aktivitas yang sangat berbahaya.

Wingsuit Flying

Olahraga vertical

Jika kamu merasa aktivitas olahraga vertical seperti base jumping dan skydiving masih kurang memacu adrenalin, maka kamu dapat memadukan keduanya dalam sebuah olahraga lain yang disebut dengan wingsuit flying.

Dalam wingsuit flying, seseorang melompat dari ujung tebing atau dari gedung yang tinggi untuk kemudian melayang dan menukik laksana burung elang. Alat bantu yang membuat penerjun wingsuit flying tidak terjun bebas adalah pakaian khusus yang akan membantu penggunanya untuk melayang di angkasa dan meluncur seperti seorang burung layang-layang.

Untuk pendaratan sendiri, wingsuit flying memiliki persamaan dengan olahraga lainnya dimana parasut digunakan untuk memperlambat kecepatan dan memastikan manusia mendarat di atas tanah dengan aman.

Free Soloing dan Free Base

Olahraga vertical

Olahraga terakhir kategori vertical sport yang super menegangkan dan sangat berisiko adalah free solo. Ini adalah gabungan antara pemanjatan di tebing besar dan keseimbangan super maksimum dalam rock climbing.

Berbeda dengan free solo, dalam free base satu-satunya alat pengaman yang kamu miliki adalah parasut yang ada di punggungmu. Tidak ada harness, tidak ada tali dan tidak belayer. Ketika misalnya kamu gagal dalam memanjat di sebuah tebing dan terjatuh, maka disitulah parasutmu harus bekerja.

Jika free base masih memiliki pengaman berupa parasut ketika terjatuh, maka free solo sama sekali tidak memiliki alat proteksi jika terjatuh. Hal yang bisa kamu lakukan jika membuat salah dalam free solo hanyalah berdoa.

Di antara banyak olahraga panjat tebing di dunia, free solo diklaim sebagai yang paling berbahaya.

BACA JUGA:

Olahraga vertical

Nah, itu adalah 10 jenis olahraga vertical paling ekstrim di dunia versi Akasaka Journal. Bagaimana, Sobat Akasaka pasti tertarik untuk mencoba salah satunya, bukan?

Oh ya, supaya aktivitas vertical sport yang Sobat Akasaka lakukan semakin mengesankan, yuk, gunakan selalu produk-produk terbaik dari Akasaka Outdoor, ya. Dari sandal gunung sampai topi, dari ransel hingga apparel, Akasaka Outdoor akan menjadikan petualangan vertikal kamu menjadi tidak akan terlupakan.

PILIH PRODUK AKASAKA OUTDOOR IMPIANMU DISINI

Baca Ini Juga Yuk!

7 FILM SUNGAI AMAZON YANG PALING TERKENAL SEPANJANG MASA
7 FILM SUNGAI AMAZON YANG PALING TERKENAL SEPANJANG MASA
Di antara banyak film sungai Amazon yang menuturkan tentang petualangan di hutan hujan tropis yang ganas, Anaconda adalah salah satu yang terkenal. Namun, tahukah kamu kalau selain Anaconda ada ban...
Read More
INI 9 TEMPAT TREKKING DI JOGJA YANG PALING ASYIK UNTUK DIJELAJAHI
INI 9 TEMPAT TREKKING DI JOGJA YANG PALING ASYIK UNTUK DIJELAJAHI
Jogja memang istimewa dalam banyak hal, termasuk sebagai rumah bagi banyak tempat trekking menakjubkan. Untuk kamu yang suka bertualang di alam bebas sambil berolahraga, Akasaka Journal memiliki 9 ...
Read More
SERAM! INI 9 BUKTI KENGERIAN HUTAN AMAZON YANG PALING MENAKUTKAN
SERAM! INI 9 BUKTI KENGERIAN HUTAN AMAZON YANG PALING MENAKUTKAN
Jika berbicara tentang kengerian hutan Amazon, apa saja yang terbayang dalam benak Sobat Akasaka? Anaconda raksasa, katak beracun, ikan piranha yang ganas, atau buaya ukuran raksasa yang ganas dan ...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published