10 JALUR HIKING DI INDONESIA PALING DIREKOMENDASIKAN UNTUK KAMU COBA

Ada banyak jalur hiking di Indonesia yang menjadi favorit para pendaki gunung tanah air. Di antara banyak rute hiking tersebut, ada beberapa yang dianggap sebagai yang terbaik dan istimewa. Sebagai petualang, tentu saja rute-rute hiking ini sangat layak untuk kamu coba agar dapat merasakan pengalaman yang luar biasa saat menyusurinya.

 Nah, apa sajakah rute hiking yang dianggap paling istimewa di Indonesia dan sangat direkomendasikan untuk kamu coba? Berikut adalah ulasannya versi Akasaka Journal.

10 Jalur Hiking di Indonesia Dengan Berbagai keistimewaannya yang Sangat Layak untuk Dicoba

Dengan bentang alam yang demikian indah dan mempesona, Indonesia memang sudah seharusnya memiliki berbagai rute petualangan yang istimewa. Dan memang di Indonesia sendiri, ada banyak rute mendaki gunung yang juga dikenal sebagai rute hiking yang cukup populer. Jalur gunung pendakian di Jawa sendiri bahkan menyediakan banyak alternatif sebagai tujuan sebuah perjalanan hiking.

Massifnya gelombang mendaki gunung di tanah air juga menjadi hal menarik untuk diperhatikan, karena berkaitan erat pula dengan intensitas ramainya rute-rute hiking itu sendiri. Saat ini hampir tidak ada lagi gunung di Indonesia yang belum pernah disentuh oleh para pendaki. Gunung-gunung yang sebelumnya sama sekali tidak mendapat perhatian, sekarang menjelma menjadi destinasi wisata jalur hiking yang terkenal dan populer.

Dikarenakan semakin banyak rute yang menjadi pilihan untuk ber-hiking ria, maka beberapa orang kemudian merasa bimbang untuk memilih mana yang paling menyenangkan. Nah, buat kamu yang mungkin juga berpikiran seperti itu, berikut ini 10 rute hiking yang paling direkomendasikan untuk kamu coba di Indonesia.

Jalur Hiking Pendakian Gunung Leuser di Aceh

Source: youtube

Dari sisi durasi, pendakian gunung Leuser di Aceh termasuk sebagai salah satu jalur pendakian terpanjang di Indonesia. Setidaknya dibutuhkan waktu sekitar 2 mingguan untuk mencapai puncak Leuser dan kembali lagi ke desa terakhir. Jadi, memang tidak mengherankan dengan statusnya sebagai rute pendakian gunung terpanjang di Indonesia ini, hiking di Leuser memang  terasa sangat istimewa.

Sebagai gunung yang masuk dalam rangkaian Bukit Barisan di Pulau Sumatera, alam pendakian di gunung Leuser memang memikat hati. Perjalanan panjang melewati rimba belantara akan semakin terasa istimewa dengan suguhan alam Serambi Mekah yang penuh pesona.

Sebagai rute yang ada di dalam jantung rimba Sumatera yang terkenal cukup liar, hiking di Leuser memiliki banyak tantangan yang berbeda dari daerah lain di Indonesia. Habitat harimau Sumatera yang masih bertahan di wilayah ini menjadi semacam daya tarik tersendiri. Untuk kamu yang penasaran dengan rute pendakian di Leuser, disarankan menggunakan jasa pemandu dikarenakan berbagai tantangan semacam ini.

Jalur Hiking Pendakian Gunung Kerinci di Jambi

Source: Wikipedia

Gunung Kerinci adalah gunung berapi tertinggi yang ada di Indonesia. Sementara jika dilihat dari ketinggian secara keseluruhan, maka gunung yang terkenal dengan puncak Indra Pura-nya ini juga berada pada posisi kedua setelah Carstensz di Papua. Ketinggian adalah faktor utama yang membuat mendaki ke Gunung Kerinci layak dijadikan sebuah agenda yang istimewa.

Namun selain faktor ketinggian, Gunung Kerinci juga memiliki banyak keunggulannya yang lain. Beberapa keistimewaan pendakian dan rute hiking di Gunung Kerinci misalnya adalah, adanya keberadaan danau Gunung Tujuh, atau pun dengan adanya kawasan perkebunan teh di kaki Kerinci yang terkenal dengan kualitas tehnya sebagai salah satu teh terbaik di dunia.

Sama seperti gunung Leuser yang yang merupakan habitat harimau Sumatera yang terkenal agresif, kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) juga diketahui masih menjadi wilayah jelajah hewan buas khas Sumatera ini. Selain harimau Sumatera, legenda tentang adanya Urang Pendek di Gunung Kerinci juga membuat perjalanan hiking di sini semakin istimewa.

Jalur Hiking Pendakian Bukit Hitam Bukit Kaba di Bengkulu

Source: Travel.Okezone

Walaupun tidak sepopuler rute hiking lainnya, namun panorama dan tantangan yang disajikan pada jalur hiking yang terletak di propinsi Bengkulu ini tidak kalah istimewa. Jika kamu berkesempatan berkunjung ke Bengkulu dan tertarik melakukan aktivitas pendakian yang berbeda dari biasanya, menyusuri rute hiking Bukit Hitam Bukit Kaba adalah rekomendasi terbaik yang bisa kamu dapatkan.

Bukit Hitam adalah nama sebuah bukit dengan hutan lebat yang didalamnya terdapat air terjun dan juga kawah belerang. Di bawah bukit yang cukup populer di Kabupaten Kepahiang, Propinsi Bengkulu ini, terdapat sebuah perkebunan teh yang juga tidak kalah indah bernama Kabawetan. Sebuah camp ground dengan dikelilingi bukit-bukit teh dapat menjadi awalan yang istimewa untuk perjalananmu mendaki di sini.

Dibandingkan Bukit Hitam, Bukit Kaba atau Gunung Kaba memang lebih populer sebagai destinasi hiking dan pendakian. Nah, menjadi semakin istimewa kemudian karena rute hiking yang ada di tempat ini merupakan sebuah jalur hiking yang menghubungkan antara Bukit Hitam dan Bukit Kaba dalam sebuah lintasan pendakian yang istimewa.

Jalur Hiking Pendakian Gunung Semeru Di Jawa Timur

Source: Wikipedia

Tentu kamu sudah tahu Gunung Semeru, kan? Atau mungkin kamu pernah melakukan aktivitas pendakian pula di gunung itu? Nah, Gunung Semeru memang terkenal sebagai salah satu gunung dengan keindahan luar biasa di Indonesia. Perpaduan antara puncak gunung yang menjulang, pohon pinus yang luas, danau yang menyejukkan serta, sabana padang rumput yang melankolis akan membuat kamu betah berlama-lama.

Di Semeru ada setidaknya tiga buah danau dengan panoramanya yang berbeda-beda. Danau pertama adalah Ranu Pani yang terletak persis di sisi pos pendakian, kemudian ada juga danau Ranu Regulo yang jaraknya mungkin sekitar 500 meter di belakang Pos Ranu Pani. Dan yang paling istimewa tentu saja adalah danau Ranu Kumbolo yang menjadi salah satu camp ground paling difavoritkan di Indonesia.

Ada banyak cara untuk menikmati keistimewaan jalur hiking di gunung Semeru ini, namun salah satu yang mungkin bisa kamu pertimbangkan adalah dengan melakukan pendakian lintas. Lintas yang dimaksud disini adalah kamu bisa memulai pendakianmu melalui hamparan pasir Bromo kemudian naik melalui sebuah rute terpencil yang akan membawamu langsung ke kampung Ranu Pani. Dan baru kemudian memulai pendakianmu ke Mahameru.

Jalur Hiking Pendakian Gunung Rinjani di Lombok

Source: TravelTempo.co

Gunung Semeru dan Gunung Rinjani seringkali dibandingkan karena keindahan mereka, dan itu wajar karena kedua gunung ini memang sama-sama sangat mempesona. Namun yang perlu diingat pula adalah bahwa  setiap gunung tentu saja memiliki keindahan dan keistimewaannya masing-masing. Termasuk pula Gunung Rinjani tentu saja.

Disebut-sebut sebagai salah satu gunung dengan pemandangan terindah di Asia, gunung Rinjani telah menarik demikian banyak kunjungan pariwisata. Namun yang membuat gunung ini istimewa tentu saja ada banyak hal selain keindahannya. Panorama Danau Segara Anak, sabana yang luas, adanya sumber air panas dan kayanya jalur ini dengan berbagai keindahan masa silam, membuatnya semakin istimewa untuk kamu kunjungi.

Hiking di tempat ini paling banyak disarankan adalah dengan melalui jalur populer seperti jalur Senaru atau pun jalur pendakian Sembalun. Dan untuk membuatnya semakin berkesan, kamu juga bisa menambahkan rute pendakian Torean sebagai agendamu. Nah, pendakian lintas juga bisa kamu lakukan di Rinjani yang dengan catatan tentu saja, sebaiknya menggunakan jasa para pemandu yang profesional.

Jalur Hiking Pendakian Gunung Bukit Raya di Pulau Kalimantan

Source: Backpacker Jakarta

Meskipun bukan gunung tertinggi di Indonesia, namun gunung Bukit Raya sama sekali tidak dapat dipandang sebelah mata. Gunung yang terletak di jantung Pulau Kalimantan ini adalah salah satu gunung eksotis dengan tantangan perjalanan yang luar biasa mengesankan.

Untuk mencapai puncak Gunung Bukit Raya yang juga menjadi salah satu dalam daftar seven summit Indonesia, kamu harus menempuh perjalanan yang cukup panjang dan lama. Dari kampung terakhir kamu harus naik ketinting (perahu dalam bahasa Kalimantan) ke kaki gunung, untuk kemudian baru dapat mulai melakukan pendakian.

Hal istimewa dari jalur hiking di Gunung Bukit Raya adalah karena gunung ini terletak dalam sebuah wilayah dengan ekosistem hutan hujan tropis Borneo yang sangat fantastis. Jangan heran dengan pacet yang demikian banyak sepanjang jalur pendakian di tempat ini. Kawasan hutan yang lembab dan ketinggian yang masih terhitung rendah membuat Bukit Raya masih cukup kaya oleh keaneragaman binatang melata nan eksotis.

Jalur Hiking Pendakian Gunung Latimojong atau Rante Mario di Pulau Sulawesi

Source: Dictiocommunity

Gunung Latimojong yang terletak di propinsi Sulawesi Selatan ini adalah salah satu destinasi pendakian yang istimewa untuk kamu jadikan tujuan hiking. Selain menjadi gunung tertinggi di pulau Celebes, gunung Latimojong juga memiliki serangkaian keistimewaan yang lainnya.

Mendekati puncak gunung Latimojong atau yang dikenal dengan Rante Mario, terdapat sebuah pos pendakian yang disebut dengan Pos 7 oleh para pendaki. Nah, di pos ini terdapat sebuah sungai kecil yang berair sangat jernih dengan dingin yang tentu saja mencucuk hingga ke tulang. Aliran air jernih di atas puncak gunung di antara batang-batang cantigi yang memerah, tentu saja adalah sebuah keistimewaan.

Sebelum mencapai Pos 7 ada juga vegetasi hutan lumut yang luar biasa lebat. Berjalan di tempat ini akan membuat kamu seolah berjalan di antara lumut-lumut raksasa negeri dongeng. Selain itu, legenda tentang buah Kalpataru dan rute hiking Nememori juga akan membuat perjalanan hikingmu di gunung ini terasa lebih berarti.

Jalur Hiking Pendakian Gunung Binaiya di Pulau Maluku

Source: Wikipedia

Dari timur Indonesia dengan bentang alamnya yang sangat memukau, ada cukup banyak rute hiking yang bisa dijadikan tujuan untuk bertualang. Di Pulau Nusa Tenggara Timur, Maluku, dan sekitarnya juga ada beberapa destinasi yang luar biasa dengan keindahannya. Dan Gunung Binaiya adalah salah satu yang cukup populer di kalangan hiker dan pendaki gunung Indonesia.

Gunung Binaiya adalah gunung tertinggi di kepulauan Maluku dan juga memiliki rute hiking yang memikat dan mempesona. Puncaknya yang berbatu dan menantang, jauh jaraknya yang membuat kamu harus menyeberangi beberapa aliran sungai, akan membuat perjalanan di tempat ini semakin terasa istimewa.

Seiring dengan meningkatnya aktivitas pendakian gunung di Indonesia, gunung Binaiya juga semakin populer untuk dikunjungi oleh para pendaki. Selain sosoknya sebagai bagian dari seven summit Indonesia pula, keindahan dan tradisi adat istiadat di kaki Binaiya juga membuat gunung ini terasa memiliki pesona yang luar biasa.

Jalur Hiking Pendakian Gunung Jaya Wijaya di Papua

Source: TripTrus.com

Dengan predikatnya sebagai gunung tertinggi di Indonesia dan juga di Austronesia, Puncak Jaya dengan Carstensz Pyramid-nya menjadi magnet mountaineering yang sangat istimewa. Tidak hanya menarik bagi para aktivis pendakian gunung tanah air, para pendaki gunung dunia juga menjadikan gunung ini sebagai destinasi mereka terkait dengan sirkuit grand slam seven summit.

Pendakian dan perjalan hiking ke Puncak Jaya dipandang istimewa dari segala sisi. Ketinggiannya istimewa, rute tempuhnya istimewa, puncak dan topografinya istimewa, bahkan masyarakat yang mendiami kaki gunung dan kisah mereka juga sangat istimewa.  Tak mengherankan memang dengan segala keistimewaan ini, Puncak Jaya dan menara Carstensz Pyramid-nya menjadi daya tarik yang luar biasa dalam dunia pendakian Indonesia dan dunia.

Kamu yang tertarik untuk melakukan perjalanan hiking atau pun mendaki di Carstensz, dapat memilih rute kampung atau rute melalui PT. Freeport McMoran. Namun sebagai seorang penjelajah dan petualang, rute kampung tentu lebih direkomendasikan buatmu.  Segala keistimewaannya akan menjadi bagian tak terpisahkan dari kisah hidupmu nantinya.

Jalur Hiking MMA Trail Di Jantung Pulau Jawa

Source: Akasaka Outdoor

Nah, ini dia jalur hiking yang paling istimewa dan paling direkomendasikan untuk kamu lakukan. Jika rute hiking sebelumnya terasa demikian populer dan sudah umum, maka MMA Trail dapat menjadi pilihan yang menarik untuk kamu ambil sebagai penjelajahan kamu selanjutnya. Dalam kesederhanaan konsepnya, MMA Trail saat ini bahkan dianggap sebagai rute hiking paling revolusioner di Indonesia!

MMA Trail sendiri adalah singkatan dari Merapi Merbabu Andong Trail. Akan tetapi pada konsep sempurna MMA Trail adalah istilah singkat dari Merapi Merbabu Andong Telomoyo Rawapening Hiking Trail. Penggagas MMA Trail sendiri adalah seorang pendaki gunung sekaligus penulis buku-buku mountaineering paling populer di Indonesia.

Dari sisi konsep yang ditawarkan, MMA Trail mengadopsi model ticketing ala El Camino di Spanyol. Sementara dari model-model penanda dan logo, MMA Trail bahkan mengikuti seperti Pacific Crest Trail atau PCT di Amerika. Meskipun sangat mini dan singkat, namun justru inilah bagian paling istimewa dari konsep MMA Trail tersebut.

Dalam waktu sepuluh harian yang diagendakan, kamu akan diajak untuk mendaki empat gunung paling populer di Jawa Tengah. Dalam waktu yang sama kamu juga akan diajak untuk menikmati danau Rawa Pening yang luas.  Lebih menarik lagi pada konsep ini karena keseluruhan perjalanan MMA Trail dari start di gunung Merapi hingga finish di Jembatan Biru, danau Rawapening, hiker dianjurkan untuk sepenuhnya berjalan kaki.

Oya, konsep hiking MMA Trail ini sudah dibukukan, lho. Dan kamu bisa mendapatkannya melalui link  berikut ini; buku mendaki gunung dan hiking MMA Trail.

Mana Rute Hiking Yang Ingin Kamu Coba?

Nah, buat kamu sendiri di antara 10 rute hiking istimewa yang disampaikan di atas, mana yang menurut kamu yang paling menarik untuk kamu coba?

Apa pun pilihan kamu, pastikan kamu melakukannya dengan seasyik mungkin, ya. Petualangan yang dilakukan dengan hati gembira, akan memberikanmu energi positif untuk tetap bergembira pula. Untuk jalur-jalur hiking  dan pendakian gunung yang cukup jauh jaraknya, pikirkan untuk mengajak teman perjalanan atau pemandu yang profesional supaya perjalananmu lebih nyaman kamu lakukan.

Selain itu, jangan lupa untuk membawa perlengkapan mendaki gunung dan hiking gears yang memadai. Dan sebagai saran penutup buat kamu yang akan mencoba salah satu rute hiking di atas, bawalah perlengkapan dengan kualitas terbaik dan tangguh, terutama untuk alas kaki yang notabene kamu gunakan dalam durasi yang cukup lama.

Menjadi sangat tepat kemudian karena Akasaka Outdoor dengan sandal gunung terbaik di Indonesia yang menjadi lini depan produk mereka, dapat menjadi pilihan utama alas kaki petualanganmu. Desain yang nyaman dan stylish berpadu juga dengan ketangguhannya yang luar biasa, akan menjadi teman setia petualanganmu menyusuri berbagai jalur hiking di Indonesia yang istimewa.

Jadi, selamat menjelajah, ya!

 

 

Baca Ini Juga Yuk!

INI JENIS MAKANAN SAAT PENDAKIAN YANG HARUS DIHINDARI
INI JENIS MAKANAN SAAT PENDAKIAN YANG HARUS DIHINDARI
Mendaki merupakan kegiatan menyenangkan sekaligus menantang. Pasalnya, Anda dituntut untuk siap menghadapi berbagai kondisi cuaca dan medan jalan. Karena itu, perbekalan harus lengkap, termasuk mak...
Read More
6 KESALAHAN YANG PALING SERING DILAKUKAN SAAT MENDAKI GUNUNG
6 KESALAHAN YANG PALING SERING DILAKUKAN SAAT MENDAKI GUNUNG
Mendaki gunung kini jadi aktivitas yang digemari banyak orang, terutama anak-anak muda. Tak sebatas hobi, wisata petualangan alam semacam ini seakan sudah menjadi tren dalam beberapa tahun terakhir...
Read More
ALASAN KENAPA HARUS MENDAKI GUNUNG MINIMAL SEKALI SEUMUR HIDUP
ALASAN KENAPA HARUS MENDAKI GUNUNG MINIMAL SEKALI SEUMUR HIDUP
Mendaki gunung merupakan kegiatan yang seru sekaligus penuh risiko. Seru karena bisa menjelajah sembari menikmati indahnya alam ciptaan Tuhan. Penuh risiko karena medan yang terjal dan dapat menyeb...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published