10 GUNUNG API TERBESAR DI DUNIA DENGAN PEMANDANGAN SUPER INDAH

gunung api

Letusan gunung api selalu menimbulkan ketakutan, bencana sekaligus kerusakan yang massif. Kamu tentu masih ingat kan, bagaimana dahsyatnya letusan gunung Merapi di Jawa Tengah yang menghanguskan perkampungan Mbah Maridjan yang terkenal itu?

Nah, ternyata di dunia, gunung api strato aktif itu ternyata jumlahnya sangat banyak. Namun, yang menarik adalah, banyak sekali gunung api yang menyimpan kekuatan sangat besar tersebut, juga memiliki pemandangan yang sangat indah untuk dinikmati.

Lantas, gunung api apa saja di dunia yang secara ukuran dianggap terbesar sekaligus juga memiliki pemandangan yang menakjubkan?

Berikut 10 di antaranya versi Akasaka Journal.

BACA JUGA:

10 Gunung Api Paling Terkenal di Dunia dengan Pemandangan yang Menakjubkan

gunung api

Tipe letusan gunung api ada berbagai macam dilihat dari volume letusan mau pun dampak yang dihasilkan. Namun secara umum, masyarakat hanya mengenal satu jenis gunung api yang memiliki tenaga sangat besar untuk memuntahkan energinya. Gunung api semacam ini lebih populer dinamakan sebagai super volcano.

Di Indonesia sendiri, gunung dengan tipe super volcano ada cukup banyak. Beberapa yang mungkin kamu pernah dengar namanya  adalah super volcano Krakatau di Selat Sunda dan juga super volcano gunung Tambora di Nusa Tenggara Barat.

Dua super volcano ini; gunung Krakatau dan gunung Tambora, bukan saja memiliki sejarah letusan yang maha dahsyat, namun juga mampu mengubah geografi dan iklim dunia untuk beberapa lama. Bahkan, cairan panas yang sampai ke permukaan bumi saat gunung api meletus dinamakan magma atau lahar dari kedua gunung ini, telah membentuk daratan baru yang signifikan.

Nah, di dunia, selain gunung Krakatau dan gunung Tambora, ada masih banyak sekali gunung api lainnya. Kali ini Akasaka Journal akan menuliskan 10 di antaranya yang aktif secara status vulkanologi, dan juga indah dan menakjubkan dari sisi pemandangan yang dimilikinya.

Lalu, apa sajakah kesepuluh gunung api tersebut?

Berikut daftarnya;

Gunung Api Mauna Loa di Hawaii

gunung api

Mungkin gunung Mauna Loa ini adalah gunung api terbesar yang ada di dunia. Bentuk gunung api Mauna Loa seperti pada umumnya gunung api lain yakni kerucut sempurna. Mauna Loa memiliki ketinggian 4.169 meter atau 13679 kaki, dan berdiri di atas lempeng Pasifik.

Kata Mauna Loa sendiri berasal dari bahasa Hawaii yang memiliki arti Pegunungan yang Panjang. Bentuk dan topografi dari gunung ini sendiri adalah berbentuk perisai atau tameng. Bahkan volume perisai dari gunung Mauna Loa sendiri diperkirakan sekitar 18.000 mil kubik atau 75.000 kilometer persegi.

Gunung Mauna Loa termasuk jenis gunung api perisai bawah laut yang kemunculannya membentuk daratan baru. Erupsi gunung ini untuk yang pertama kalinya diperkirakan terjadi pada 700.000 tahun yang lalu dan muncul dari permukaan laut pada kisaran 400.000 tahun yang lalu.

Gunung Api Fuji di Jepang

gunung api

Nah, yang satu ini kamu pasti sudah sering mendengar atau melihatnya, kan?

Dari jenisnya, gunung Fuji di Jepang termasuk dalam kategori gunung api strato. Ketinggian gunung ini adalah 3.776 meter dan seperti yang biasa kamu saksikan, pada bagian atas dari puncak gunung Fuji selalu diselimuti oleh salju.

Di samping memiliki energi yang luar biasa sebagai salah satu tipe gunung api yang aktif, gunung Fuji juga merupakan gunung yang paling tinggi di seluruh Jepang. Gunung ini berdiri di atas lempeng tektonik Eurasia dan lava yang dihasilkannya bersifat basal.

Namun demikian, gunung Fuji juga adalah gunung dengan pemandangan paling indah di dunia. Dari berbagai sudut yang tepat, kamu akan mendapati gunung ini demikian menawan, yang dengan sempurna seolah menggambarkan kecantikan negeri Jepang secara keseluruhan.

Gunung Mayon, Albay, di Philipina

gunung api

Tinggi gunung ini hanya sekitar 2.463 meter dan terletak di propinsi Albay, Philipina. Dalam 400 tahun terakhir, gunung Mayon sendiri setidaknya mengalami letusan sebanyak 50 kali.

Salah satu hal unik dari gunung meletus di Philipina yang paling terkenal ini adalah bentuknya yang mirip dengan gunung api Indonesia seperti gunung Merapi dan gunung Semeru.

Gunung Mayon juga memiliki panorama alam yang luar biasa indah, dengan bentang alam menghijau dan kerucut sempurna pada kubahnya, gunung api Mayon mampu menampilkan profil yang sangat kharismatik.

Di antara banyak letusan yang terjadi di gunung Mayon, letusan pada tahun 1814 adalah yang paling dahsyat. Saat itu letusan gunung Mayon menewaskan 1.200 orang.

Gunung Saint Helens di Washington, Amerika Serikat

gunung api

Erupsi gunung api Saint Helens pada tahun 1980 adalah salah satu letusan gunung api dengan dampak paling besar di USA. Lokasi persis dari gunung ini adalah propinsi Skamania, Washington DC. Secara wilayah, gunung Saint Helens merupakan bagian dari Pegunungan Cascadia atau Cascade Range di Benua Amerika.

Pada saat gunung meletus pada tahun 1980, Saint Helens telah mencatatkan sebuah letusan yang paling buruk dalam sejarah Amerika. Gunung ini mengalami eskavasi puncak yang sangat signifikan dengan pengurangan ketinggian puncak hingga 400 meter. Jadi, dari ketinggian 2.950 meter, setelah letusan Saint Helens kemudian tinggal memiliki ketinggai 2.550 meter saja.

Dari sisi rantai pegunungan api-nya, gunung Saint Helens dapat dikategorikan sebagai tipe gunung api strato volcano yang masuk dalam Lingkaran Api Pasifik.

Gunung Popocatepetl di Meksiko

Gunung di Meksiko yang paling tinggi tentu saja adalah gunung Pico de Orizaba yang terkenal itu. Namun untuk gunung dengan keaktifan yang luar biasa, maka gunung Popocatepetl mungkin adalah rajanya di Meksiko.

Dengan ketinggiannya yang mencapai 5.426 meter dari permukaan laut, gunung Popocatepetl benar-benar gunung yang tinggi sebagai gunung api. Bahkan kamu mungkin juga bisa membayangkan bahwa gunung api di Indonesia sendiri tidak ada yang memiliki ketinggian seperti gunung api Popocatepetl ini.

Sementara kamu juga mengerti kan, kalau Indonesia sendiri adalah salah wilayah dengan rantai gunung api terbesar di dunia?

Gunung Arenal di Costa Rica

gunung api

Selanjutnya gunung api yang terkenal di dunia adalah gunung Arenal yang terletak di Costa Rika. Ketinggian gunung api Arenal setidaknya adalah 1.633 meter atau 5.358 kaki.

Secara geologis, gunung api Arenal dianggap sebagai gunung api muda dengan usia kurang dari 7.500 tahun. Selain memiliki nama Arenal, gunung ini dikenal pula dengan nama misalnya; Volcan Costa Rica, Volcan Rio Frio dan juga Canaste.

Selama beberapa waktu, gunung api Arenal dianggap mati atau tidak aktif lagi. Akan tetapi pada tahun 1968 gunung ini mengejutkan dunia dengan meletus secara signifikan dan menghancurkan kota Tabacon yang ada di dekatnya.

Gunung Bromo dan Gunung Semeru di Jawa Timur, Indonesia

gunung api

Hayo, kamu pasti sudah sangat kenal dengan dua gunung ini, kan?

Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di pulau Jawa sekaligus mungkin juga yang paling indah pemandangannya. Gunung ini memiliki ketinggian 3.676 meter dari permukaan laut dan menjadi yang tertinggi dari seluruh gunung yang ada di pulau Jawa.

Gunung Semeru termasuk tipe gunung api strato volcano yang sangat aktif. Di atas puncak kerucut gunung ini akan secara simultan dan kontinyu mengeluarkan asap sulfatara dengan durasi 15 menit sampai 30 menit. Dentuman gunung ini bahkan menjadi background yang banyak dicari oleh para pendaki.

Gunung Semeru sendiri seperti yang mungkin kamu tahu, adalah bagian tertinggi dari Pegunungan Tengger atau Bromo. Selain Semeru atau Mahameru, pegunungan Bromo yang lain juga memiliki aktivitas vulkanologi yang signifikan.

Gunung Kilimanjaro di Tanzania, Afrika

gunung api

Kamu juga tentu tidak asing dengan gunung yang satu ini, kan?

Yap, gunung Kilimanjaro adalah gunung tertinggi di benua Afrika dan karenanya ia menjadi puncak tertinggi dalam sirkuit seven summit untuk benua Afrika. Keunikan lain dari gunung ini adalah merupakan gunung dengan salju di atasnya sementara ia sendiri berada dalam rentang garis khatulistiwa.

Sebagai gunung api tipe A, gunung Kilimanjaro sebelumnya memiliki dua puncak utama. Dua puncak ini adalah puncak Mawensi dan puncak Kibo. Meskipun secara ketinggian puncak Mawensi lebih rendah dari Uhuru Peak di puncak Kibo, namun secara teknis dan kesulitan, puncak Mawensi terkenal lebih unggul untuk ditaklukkan.

Gunung Etna di Sisila, Italia

gunung api

Apakah kamu pernah mendengar tentang mitos dari Hephaestus dan makhluk bermata satu bernama Cyclops?

Nah, dari gunung inilah legenda atau mitos itu berasal. Legenda Cyclops sendiri merupakan bagian dari kepercayaan Yunani kuno dimana mitos seperti Hercules, Ephesus dan lainnya dipuja-puja. Gunung Etna sendiri, merupakan gunung api tertinggi di Eropa dan menjadi salah satu gunung dengan bentang alam yang luar biasa indahnya.

Ketinggian gunung Etna adalah 3.350 meter dari permukaan laut. Sementara untuk ketinggian relatif hasil aktivitas vulkaniknya, gunung Etna tercatat berada pada angka 3.329 mdpl.

Hal menarik lain dari gunung yang terletak di pulau Sisilia ini adalah jika ia meletus, ia akan memberikan panorama bak kembang api raksasa di seluruh dataran Italia.

Gunung Merapi di Jawa Tengah, Indonesia

gunung api

Jika menyebut gunung api di Indonesia, itu tidak bisa pergi dari sebuah gunung yang paling terkenal dengan aktivitas dan pamornya yang dahsyat. Dan gunung itu sendiri adalah gunung Merapi yang terletak di perbatasan propinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta.

Gunung Merapi dipercaya sebagai salah satu gunung api paling aktif di dunia. Bentuk gunung api ini juga strato volcano dengan kerucut yang sempurna. Letusan terakhir gunung ini bahkan sempat menghancurkan sebuah perkampungan di Kaliurang, Yogyakarta, beberapa tahun yang lalu.

Dari sisi letaknya, gunung Merapi bersebelahan dengan gunung Merbabu. Kedua gunung ini membentuk sebuah landscape yang sangat indah untuk dikagumi. View gunung Merapi dilihat dari gunung Merapi atau sebaliknya, telah memciptakan panorama paling menarik dari landscape gunung api yang ada di Jawa Tengah ini.

BACA JUGA:

gunung api

Nah, itu adalah 10 gunung api yang paling terkenal di dunia sekaligus juga memiliki pemandangan yang luar biasa indah. Kamu pasti sudah pernah mengunjungi salah satu diantaranya, kan?

Oh ya, supaya perjalanan kamu menjelajahi dan mengagumi gunung api di atas semakin menyenangkan, yuk, gunakan selalu produk-produk dari Akasaka Outdoor, ya. Apparels yang keren, footwears yang super tangguh, dan accecories yang oke punya, sudah pasti akan membuat penampilanmu semakin istimewa.

YUK, KLIK DISINI DAN DAPATKAN PRODUK TERBAIK DARI AKASAKA SEKARANG JUGA

Baca Ini Juga Yuk!

INI 14 FILM TERBAIK SEPANJANG MASA UNTUK KAMU SANG PETUALANG FIKSI
INI 14 FILM TERBAIK SEPANJANG MASA UNTUK KAMU SANG PETUALANG FIKSI
Menghabiskan waktu menonton film di bioskop atau di rumah, adalah cara yang banyak dilakukan untuk mengisi waktu senggang. Berbagai daftar film terbaik sepanjang masa biasanya dijadikan referensi u...
Read More
PENDAKIAN GUNUNG BURANGRANG DARI SEJARAH HINGGA MISTERINYA YANG MENYERAMKAN
PENDAKIAN GUNUNG BURANGRANG DARI SEJARAH HINGGA MISTERINYA YANG MENYERAMKAN
  Pendakian gunung Burangrang mungkin tidak seterkenal pendakian gunung-gunung lainnya di Jawa Barat. Tapi, tahukah kamu kalau gunung yang terletak di kabupaten Bandung ini memiliki banyak keistim...
Read More
51 WALLPAPER PEMANDANGAN INDAH DESTINASI WISATA PALING KEREN DI DUNIA
51 WALLPAPER PEMANDANGAN INDAH DESTINASI WISATA PALING KEREN DI DUNIA
Dengan pesona yang dimilikinya, ada banyak destinasi wisata populer dunia yang sangat layak untuk kamu datangi secara langsung. Popularitas tempat-tempat ini sudah sangat tersohor sehingga sering m...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published