10 FAKTA MENARIK PEGUNUNGAN HIMALAYA  YANG PALING MENGEJUTKAN

Ternyata ada sangat banyak fakta menarik Pegunungan Himalaya  yang jarang diketahui oleh masyarakat. Pegunungan raksasa satu ini tidak hanya menjadi rumah bagi gunung Everest sebagai gunung tertinggi di dunia, namun juga memiliki pesona magis lain yang lebih mengejutkan.

Lantas, apa sajakah berbagai fakta menarik tentang Pegunungan Himalaya ?

Yuk, simak artikel istimewa dari Akasaka Journal berikut ini.

BACA JUGA:

Ternyata Ini 10 Fakta Menarik Pegunungan Himalaya  yang Paling Jarang Diketahui

Pegunungan Himalaya  merupakan pegunungan yang paling atraktif di dunia dan paling banyak mendapat perhatian para pendaki gunung. Dengan bentang wilayah yang mencakup negara Nepal, Tibet dan juga India, Pegunungan Himalaya  memiliki kekayaan alam dan pesona yang sangat luar biasa. Bahkan beberapa di antaranya, mungkin tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Secara administratif geografis, Pegunungan Himalaya  terletak di benua Asia, tepatnya wilayah Asia Selatan. Wilayah ini selain menjadi tempat berbaringnya pegunungan raksasa Himalaya, juga menjadi rumah bagi Pegunungan Karakoram yang membentang dari negara Pakistan hingga ke China. Baik Pegunungan Himalaya  mau pun Pegunungan Karakoram, adalah dua pegunungan dunia dengan 14 puncak tertinggi di dunia berada.

Meskipun merupakan gunung yang berbeda dan terpisah, Pegunungan Himalaya  dan Karakoram seringkali dianggap sebagai pegunungan yang sama. Himalaya secara umum dianggap sebagai pegunungan raksasa dimana Karakoram juga berada. Padahal Pegunungan Himalaya  membatasi wilayah negara Nepal dan Tibet, tidak sampai ke Pakistan di mana Karakoram berada.

Nah, selain wilayahnya yang sering disalahartikan, Pegunungan Himalaya  juga memiliki beberapa fakta menarik lainnya, yaitu;

Pegunungan Himalaya  adalah Rumah Bagi 9 Puncak Gunung Tertinggi di Dunia

Fakta pertama dari Pegunungan Himalaya  adalah bahwa gunung ini merupakan rumah bagi 9 puncak gunung paling tinggi di dunia.

Dalam dunia pendakian gunung atau mountaineering, dikenal istilah fourteen eight thousanders atau 14 puncak delapan ribu meter. Puncak-puncak ini secara keseluruhan berada di benua Asia. Secara khusus, 9 puncak delapan ribu meter tertinggi di dunia yang dimaksud terdapat di Pegunungan Himalaya .

Pegunungan Himalaya  berada di kawasan Asia Selatan ini memiliki setidaknya 9 puncak dengan ketinggian di atas delapan ribu meter. 9 puncak tersebut adalah sebagai berikut;

  • Puncak Gunung Everest, 8.848 meter.
  • Puncak Gunung Kangchenjunga, 8.586 meter.
  • Puncak Gunung Lhotse, 8.516 meter.
  • Puncak Gunung Makalu, 8.485 meter.
  • Puncak Gunung Manaslu, 8.163 meter.
  • Puncak Gunung Annapurna, 8.091 meter.
  • Puncak Gunung Cho Oyu, 8.188 meter.
  • Puncak Gunung Shishapangma, 8.027 meter.
  • Puncak Gunung Dhaulagiri, 8.167 meter.

Pegunungan Himalaya  Memiliki Setidaknya Tiga Gunung Suci yang Tidak Boleh Didaki

Di samping memiliki 9 puncak tertinggi di dunia dengan ketinggian di atas 8.000 meter, Pegunungan Himalaya  juga menjadi rumah banyak gunung suci. Gunung-gunung ini secara umum dianggap suci oleh banyak kepercayaan lokal di sekitar Himalaya seperti Jainisme, Budha, Tibet dan lain sebagainya.

Gunung pertama yang dianggap suci di Himalaya adalah gunung Kailash. Gunung ini bahkan dianggap sebagai poros dunia dalam kepercayaan budha, jainisme, Hindu dan juga Bon. Pegunungan Himalaya  gunung Kailash hingga sekarang masih tetap dianggap sakral dan tidak boleh didaki oleh siapa pun.

Setelah gunung Kailash, dua gunung lainnya yang juga dianggap sebagai gunung suci di Himalaya adalah gunung Machapuchare dan gunung Nanda Devi.

Gunung Machapuchare disebut juga sebagai The Tail Fish Mountain karena bentuknya yang unik. Sementara Nanda Devi adalah salah satu gunung di India yang dianggap paling keramat setelah Kangchenjunga.

Baik Nanda Devi mau pun Machapuchare pernah didaki hingga ke puncaknya sebelum peraturan pendakian diberlakukan untuk melarang pendakian dalam upaya menghormati kepercayaan lokal yang menyucikannya.

Pegunungan Himalaya  Semakin Tinggi setiap Tahunnya

Ilmu pengetahuan modern membuktikan bahwa Pegunungan Himalaya adalah gunung yang hidup dan terus tumbuh setiap tahunnya!

Berdasarkan bukti ilmuwan dalam berbagai riset yang mereka lakukan, lempeng Indo-Australia di mana Pegunungan Himalaya  berdiri bergerak sejauh 20 milimeter setiap tahunnya. Pergerakan ini secara tidak langsung juga menyebabkan pegunungan yang ada di atasnya bertumbuh baik secara ukuran dan juga tingginya.

Nah, untuk sebab inilah kemudian China melakukan pengukuran yang lebih akurat mengenai ketinggian gunung Everest terbaru beberapa waktu yang lalu.

Kamu masih ingat kan, berapa ketinggian terbaru gunung Everest?

Pegunungan Himalaya Memiliki Legenda Misteri Tentang Yeti

Kehidupan di Pegunungan Himalaya  yang melewati 5 negara di dalamnya seperti; India, Nepal, Pakistan, Bhutan dan Tibet, telah membentuk pop culture yang menarik untuk diperhatikan. Nah, salah satu yang cukup menarik adalah mengenai mitos yang mereka miliki.

Ada banyak mitos yang berkembang dan dianggap sebagai bagian tidak terpisahkan dengan kehidupan masyarakat di sana. Keberadaan dewa-dewa di atas puncak gunung seperti Everest, Annapurna dan Kangchenjunga adalah bagian dari mitos tersebut.

Di samping, mitos mengenai dewa-dewi yang bertahta di atas gunung, mitos atau legenda tentang Yeti juga adalah hal menarik di Himalaya. Yeti sendiri adalah manusia salju kera raksasa yang ada di Pegunungan Himalaya . Berdasarkan karateristiknya, Yeti memiliki banyak persamaan dengan mitos big foot di Amerika, lho.

Pegunungan Himalaya  adalah Sumber Mata Air Sungai Besar Dunia

Selain sebagai tempat fantantis dengan gunung-gunung paling tinggi di dunia. Pegunungan Himalaya  juga menjadi hulu bagi sungai-sungai paling besar di dunia seperti Sungai Gangga di India dan juga Sungai Kuning di China.

Keberadaan landscape di Himalaya juga memiliki pesonanya tersendiri. Setelah meyaksikan hamparan puncak-puncak bersalju yang membentang luas, kamu juga dapat menyaksikan padang rumput yang menghijau dan hutan lebat.

Selain luasnya bentang wilayah, hal ini juga menunjukkan keragaman dan perubahan iklim yang signifikan di Himalaya.

Pegunungan Himalaya  Memiliki Legenda Nama Gunung yang Unik

Fakta Pegunungan Himalaya selanjutnya adalah banyak tempat di pegunungan ini yang memiliki nama yang unik. Nama-nama yang unik tersebut misalnya adalah gunung Annapurna, Kangchenjunga, Manaslu, Jannu dan lain sebagainya.

Bahkan jika kamu menelusuri asal mula nama Everest sebagai puncak tertinggi di dunia pun, kamu akan menemukan data sajarah yang menarik.

Nama Everest diambil dari nama Sir George Everest, salah satu tokoh pionir penjelajahan di Himalaya. Selain nama Everest yang sudah sangat populer, gunung tertinggi di dunia disebut juga disebut dengan Sagarmatha dalam bahasa Nepal dan Chomolungma dalam bahasa Tibet.

Baik Sagarmatha, Chomolungma, atau bahkan Annapurna dan Kangchenjunga sekali pun, semuanya memiliki hubungan yang erat dengan mitologi dalam kepercayaan masyarakat dan kehidupan di Himalaya.

Pegunungan Himalaya  Dipercaya Dulunya adalah Dasar Laut

Dapatkah kamu membayangkan pegunungan di dunia dengan puncaknya yang tinggi menjulang itu dulunya adalah bagian dasar dari sebuah samudra?

Telah cukup banyak penemuan yang memberi kesimpulan kepada ilmuwan bahwa puncak gunung adalah dasar laut pada masa jutaan tahun yang lalu. Berdasarkan uji karbon dan penemuan fosil di atasnya, beberapa puncak gunung paling tinggi bahkan dipercaya sebagai dasar terdalam dari sebuah samudra.

Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Bagi sebagian orang, penemuan seperti ini semakin mepertegas teori yang mengatakan bahwa dulunya bumi sepenuhnya diliputi oleh air. Teori ini juga relevan dengan kisah banjir bandang dunia pada masa nabi Nuh Alaihissalam.

Pegunungan Himalaya  Memiliki Kehidupan Liar yang Eksotis

Di Pegunungan Himalaya  kamu akan menjumpai eksotisme kehidupan liar yang tidak ada duanya. Ekosistem, flora dan fauna yang ada di wilayah ini, telah memberikan sebuah teater eksotisme yang sangat luar biasa untuk dikagumi.

Satwa liar di Pegunungan Himalaya  juga sangat kaya. Kamu misalnya dapat menjumpai hewan yang disebut dengan Yak, yang merupakan kerbau pegunungan tinggi Himalaya. Atau pada kesempatan lain, kamu juga akan berhadapan dengan Bharal, nama domba biru khas Himalaya yang dapat berlari di atas gunung dengan kecepatan yang luar biasa.

Selain kerbau gunung bernama yak dan domba biru Himalaya yang disebut Bharal, kamu juga akan menemukan lebih  banyak kehidupan liar eksotis di pegunungan tertinggi di dunia ini. Elang salju, harimau salju, beruang himalaya dan masih banyak lagi, akan memberi warna yang komplit dalam petualanganmu.

Negara di Wilayah Pegunungan Himalaya  adalan Negara Paling Terisolasi di Dunia

Negara megara di Pegunungan Himalaya  secara umum diketahui sebagai negara paling terisolasi di dunia karena topografinya. Negara Tibet, Bhutan, Nepal dan daerah-daerah lain di tempat ini, telah menjadi daerah yang mungkin paling sulit dijangkau di dunia.

Untuk alasan yang sama kemudian kamu juga akan menemukan bahwa negara seperti Bhutan tidak pernah terlibat perang seperti halnya negara lain di dunia.

Perang dunia kedua dan perang dunia pertama dimana kecamuknya meluluh-lantakkan sebagian Eropa, hanya memiliki pengaruh yang sedikit di wilayah ini.

Pegunungan Himalaya  adalah Sudut Bumi yang Ketiga

Abad ke-19 terjadi persaingan yang luar biasa di Eropa dan Amerika dimana negara-negara yang menganggap diri mereka kuat berlomba-lomba untuk menaklukkan dunia. Mereka mengutus banyak petualang terbaik mereka untuk melakukan penjelajahan, pelayaran dan juga pendakian untuk menunjukkan superioritas negara mereka.

Nah, kamu pasti pernah mendengar para penakluk dan penjelajah tersebut, kan?

Vasco da Gama dari Spanyol, Christoper Columbus yang menemukan Benua Amerika, Roald Amundsen yang menjejakkan kakinya pertama kali di Kutup Utara dan, lain sebagainya.

Di antara banyak tempat di dunia yang menjadi simbol kekuatan dan penaklukan adalah gunung tertinggi di Himalaya.

Everest yang memiliki ketinggian 8.848 mdpl di Himalaya adalah gunung tertinggi di dunia yang sekaligus menjadi sudut dunia yang ke-tiga. Dan gunung ini pun kemudian menjadi tujuan banyak ekspedisi untuk berlomba mencapai puncaknya sebagai yang pertama kali.

BACA INI JUGA, YUK:

 

Nah, itu adalah 10 fakta menarik Pegunungan Himalaya  yang ternyata masih banyak tidak diketahui masyarakat luas. Sebagai seorang petualang, kamu pastinya pernah memiliki keinginan untuk mengunjungi wilayah yang luar biasa ini, kan?

Oh ya, supaya petualangan kamu ke Pegunungan Himalaya  dan ke berbagai tempat indah di dunia lainnya semakin mengasyikkan, yuk, gunakan selalu produk Akasaka Outdoor, ya. Teknologi yang sempurna dan dedikasi yang istimewa telah menjadikan setiap produk Akasaka Outdoor sebagai teman terbaik para petualang Indonesia.

YUK, DAPATKAN PRODUK TERBAIK AKASAKA OUTDOOR DISINI

Baca Ini Juga Yuk!

WOW! INI 10 PUNCAK PEGUNUNGAN ALPEN YANG PALING SULIT DITAKLUKKAN
WOW! INI 10 PUNCAK PEGUNUNGAN ALPEN YANG PALING SULIT DITAKLUKKAN
Asal mula aktivitas mountaineering adalah dari Pegunungan Alpen di Eropa. Di wilayah ini, membentang teritori pegunungan yang sangat memukau untuk dijelajahi. Dari Pegunungan Alpen Swiss hingga peg...
Read More
TERNYATA INI 7 KISAH DI PEGUNUNGAN MOUNT EVEREST YANG JARANG DIKETAHUI
TERNYATA INI 7 KISAH DI PEGUNUNGAN MOUNT EVEREST YANG JARANG DIKETAHUI
Pegunungan Mount Everest adalah pegunungan tertinggi di dunia dan mungkin juga yang paling menarik bagi banyak orang. Puncak-puncak di pegunungan Himalaya menjulang hingga ketinggian delapan kilome...
Read More
TERNYATA INI 5 FAKTA PENYEBAB TEWASNYA 3 PENDAKI GUNUNG BAWAKARAENG
TERNYATA INI 5 FAKTA PENYEBAB TEWASNYA 3 PENDAKI GUNUNG BAWAKARAENG
Rundung kabar duka kembali menyelimuti dunia pendakian gunung tanah air. Tiga hari yang lalu, bersamaan dengan perayaan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2021, tiga orang...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published