10 FAKTA GUNUNG SALAK SEBAGAI GUNUNG PALING ANGKER DI JAWA BARAT

gunung Salak

Tidak diragukan lagi, reputasi gunung Salak telah menempatkannya sebagai gunung paling angker di propinsi Jawa Barat. Sudah banyak orang yang membuktikan bahwa gunung yang satu ini penuh dengan kisah mistis. Dari para pendaki yang hilang atau tersasar hingga pesawat yang berjatuhan di atasnya, gunung Salak benar-benar adalah sebuah gunung yang penuh kisah menyeramkan.

Nah, apa saja kira-kira fakta dan misteri gunung Salak tersebut?

Berikut ulasan lengkapnya versi Akasaka Journal.

BACA JUGA:

Menyandang Status Gunung Terangker di Jawa Barat, Ini 10 Fakta dan Misteri Paling Menakutkan dari Gunung Salak

gunung Salak

Sebelum memiliki nama resmi sebagai Gunung Salak seperti sekarang, nama gunung ini sebelumnya adalah Gunung Sapto Argo. Gunung Salak sendiri berdiri di atas wilayah kabupaten Bogor dan kabupaten Sukabumi. Saat ini pengembangan dan pengelolaan kawasan ini dikenal dengan nama Taman Nasional Gunung Halimun-Salak (TNGHS).

Gunung Salak hari ini menjadi salah satu destinasi pendakian yang cukup ramai diminati. Gunung Salak sendiri memiliki beberapa puncak sebagai tujuan pendakian. Puncak Salak I adalah yang tertinggi dengan ketinggian 2.211 Mdpl. Selanjutnya ada Puncak Salak II yang memiliki ketinggian 2.180 Mdpl. Dan terakhir yang cukup populer adalah Puncak Sumbul yang berdiri pada ketinggian 1.926 Mdpl.

Nah, banyak orang yang mengira bahwa nama gunung Salak berasal dari buah salak atau pohon salak. Jika kamu berpikir sama, maka perkiraan kamu keliru karena, sebenarnya gunung ini berarti Gunung Perak. Hal ini dikarenakan nama gunung Salak sendiri diambil dari bahasa Sanskerta yaitu Salaka. Dan Salaka dalam bahasa Sanskerta artinya adalah perak.

Tapi di gunung Salak yang menarik bukan hanya namanya, bukan?

Setidaknya ada beberapa fakta menarik tentang gunung Salak sekaligus juga misteri yang melingkupinya. Dan berikut adalah 10 yang paling penting di antaranya.

Gunung Salak adalah Wilayah Maut untuk Dunia Penerbangan

gunung Salak

Kamu tentu masih ingat kan, tragedi gunung Salak beberapa tahun lalu dimana pesawat Sukhoi Superjet 100 terjatuh?

Saat itu, pesawat terbang buatan Rusia ini sedang melaksanakan uji terbang pertamakalinya di Indonesia. Dengan membawa penumpang sebanyak 54 orang, pesawat ini kemudian mengudara di atas gunung Salak. Namun, tiba-tiba pesawat menghilang di radar dan kehilangan kontak dengan segera.

Diketahui kemudian pesawat naas itu telah menabrak salah satu dinding gunung Salak yang terjal. Pesawat yang melaju dengan kecepatan ratusan kilometer per jam itu pun hancur luluh lantak. Tidak ada satu pun penumpang yang selamat dalam peristiwa maut tersebut.

Bagi dunia penerbangan, kawasan gunung Salak adalah wilayah maut yang tidak boleh dilalui. Korban Sukhoi gunung Salak adalah salah satu di antara sekian banyak kejadian dimana pesawat atau helikopter jatuh di wilayah ini. Berdasarkan penelitian, seringnya kabut muncul secara tiba-tiba adalah penyebab utama musibah penerbangan di gunung Salak.

Gunung Salak adalah Gunung Berapi Aktif

gunung Salak

Fakta kedua dari gunung paling angker di Jawa Barat ini adalah statusnya yang masih sebagai gunung berapi aktif. Artinya, hingga sekarang aktivitas vulkanik di gunung Salak masih terus berlangung. Jadi, jika kamu bertanya apakah gunung Salak masih aktif atau tidak? Maka jawabannya adalah iya, gunung Salak masih aktif.

Erupsi terbesar gunung Salak terjadi pada tahun 1699 dimana gunung ini meletus secara magmatis dan merusak. Dikarenakan zaman itu belum ada pencatatan yang komprehensif seperti saat ini, maka tidak diketahui seberapa besar jumlah korban akibat letusan gunung Salak pada saat itu.

Dari tahun 1600-an, gunung Salak mengalami beberapa kali erupsi. Jika erupsi tahun 1699 adalah yang terbesar, maka erupsi tahun 1938 adalah yang terakhir. Tahun itu, terjadi letusan freatik di Kawah Cikuluwung Puteri.

Gunung Salak Memiliki Populasi Tanaman Angrek yang Kaya

gunung Salak

Dengan vegetasi hutan lebat yang dimilikinya, gunung Salak tentu saja menjadi wilayah yang kaya akan keaneragaman flora dan fauna. Nah, salah satu di antara flora yang paling terkenal di gunung Salak adalah tanaman anggreknya.

Anggrek hutan di gunung Salak memiliki banyak jenis yang eksotis. Anggrek ini tumbuh merata dan tersebar di seluruh wilayah gunung Salak.

Namun, ada pantangan gunung Salak yang tidak memperbolehkan siapa pun untuk mengambil anggrek ini dari habitatnya. Dengan pantangan ini, populasi anggrek di gunung Salak masih cukup terjaga.

Gunung Salak adalah Gudangnya Kejadian Mistis

gunung Salak

Hingga saat ini gunung Salak masih menjadi yang paling populer di Jawa Barat terkait dengan aura mistisnya. Ada banyak sekali kisah misteri dan tidak masuk akal yang terjadi di gunung Salak. Kisah-kisah ini baik dialami oleh para pendaki gunung, mau pun oleh masyarakat dan tim SAR yang sedang melakukan operasi di gunung Salak.

Entah sudah berapa banyak pendaki gunung yang tersasar atau hilang di gunung ini. Kontur gunung Salak memiliki banyak jurang curam yang tertutup kanopi hutan tebal sering menipu para pendaki dan juga pilot pesawat terbang. Dan itu adalah salah satu sebab mengapa banyak musibah terjadi di gunung ini.

Kamu mungkin saja pernah mendengar cerita tangisan korban Sukhoi gunung Salak di kalangan para pendaki. Tapi itu bukan satu-satunya cerita mistis di gunung Salak. Selain itu masih ada banyak hal di luar nalar yang membuat reputasi gunung Salak semakin sempurna dalam hal keseramannya.

Gunung Salak Memiliki 4 Pilihan Jalur Pendakian

gunung Salak

Jalur pendakian gunung Salak secara resmi ada empat yakni; jalur pendakian gunung Salak via Pasar Rengit, Bogor, jalur pendakian gunung Salak via Cidahu, Sukabumi, jalur pendakian gunung Salak via Citaman atau Cimelati, Cicurug, Sukabumi dan, jalur pendakian gunung Salak via Ajisaka.

Meskipun memiliki ketinggian yang tergolong rendah, namun jangan coba-coba untuk meremehkan tantangan gunung Salak, lho. Hutan di gunung Salak terhitung masih sangat rapat dan medan topografinya pun penuh dengan jurang yang curam dan berbahaya.

Jika kamu tertarik mendaki ke puncak Salak, kamu dapat menggunakan salah satu jalur pendakian di atas. Durasi pendakian rata-rata berbeda pada setiap jalur. Durasi tercepat misalnya ada pada jalur Pasar Rengit yakni 70 menit, sementara durasi paling lama adalah jalur Aji Saka yang memakan waktu hampir 2,5 jam pendakian.

Gunung Salak Memiliki Banyak Air Terjun atau Curug

gunung Salak

Fakta selanjutnya dari gunung Salak adalah bahwa gunung ini memiliki banyak curug atau air terjun yang indah. Di antara lebatnya hutan dan pepohonan, kamu akan menemukan keindahan air terjun di hampir seluruh wilayah kaki gunung Salak.

Beberapa air terjun atau curug yang cukup populer di sekitar kaki gunung Salak misalnya adalah; Curug Nangka, Curug Luhur, Curug Seribu, Curug Ngumpet, Curug Pangeran dan juga Curug Cigamea.

Semua curug-curug ini memiliki daya tariknya sendiri-sendiri, namun kesamaan mereka adalah berada di kaki gunung Salak yang eksotis dan lebat oleh kanopi hutan.

Gunung Salak juga Memiliki Beberapa Pantangan yang Tidak Boleh Dilanggar

gunung Salak

Jika gunung Lawu di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah memiliki pantangan misalnya tidak boleh mendaki menggunakan baju hijau, tidak boleh mengeluh dan berkata buruk, maka gunung Salak pun memiliki pantangan untuk par pendakinya. Bahkan pantangan gunung Salak akan terasa lebih unik dibanding pantangan di gunung lainnya.

Pantangan pertama di gunung Salak adalah kamu dilarang untuk memetik bunga anggrek secara sembarangan. Beredar sebuah mitos jika kamu memetik anggrek di gunung Salak dengan cara yang dilarang, maka kamu akan dibuat berputar-putar di gunung itu hingga kamu kebingungan. Semua itu akan berakhir jika bunga anggrek yang kamu petik dikembalikan lagi ke tempat asalnya.

Pantangan gunung Salak kedua yang juga unik adalah kamu dilarang untuk bertanya tentang buah salak di gunung ini. Hal ini seolah merendahkan penguasa gunung Salak dengan menganggap gunung mereka adalah gunung buah salak yang penuh duri. Sedangkan menurut asal bahasanya sendiri gunung Salak memiliki arti sebagai gunung perak.

Gunung Salak Kaya akan Satwa Langka

gunung Salak

Dengan habitatnya yang terjaga, kawasan gunung Salak juga menjadi rumah yang nyaman bagi banyak satwa. Bahkan berbagai jenis satwa langka juga menjadikan gunung Salak sebagai rumah mereka.

Dengan kondisi hutan yang lembab dan jarang dijamah manusia, ada banyak reptil seperti ular di gunung salak. Beberapa jenis ular yang mendiami gunung Salak misalnya adalah ular sanca kembang, ular siput dan ular tangkai.

Namun selain binatang reptil itu, gunung Salak juga menjadi tempat tinggal bagi banyak jenis katak pohon, ayam hutan merah, bunglon, burung kuda dan lainnya. Beberapa fauna yang termasuk langka misalnya adalah macan tutul, owa jawa, surili dan juga elang jawa.

Gunung Salak adalah Tempat Banyak Pendaki Tersesat atau Hilang

gunung Salak

Fakta kesembilan dari gunung Salak adalah gunung ini juga menjadi tempat bagi banyak pendaki yang tersesat dan juga hilang. Beberapa kepercayaan menganggap bahwa hal ini bisa terjadi lantaran para pendaki itu melanggar pantangan di gunung Salak.

Akan tetapi jika melihat kondisi hutan yang lebat dengan kontur tebing yang curam dan tertutup kanopi hutan yang tebal, maka gunung Salak memang sangat membutuhkan banyak kehati-hatian dalam mendakinya.

Dengan halimun atau kabut yang dapat turun dengan cepat dan menutupi pandangan, potensi risiko hilang dan tersasar dalam setiap jalur pendakian gunung Salak semakin lebih besar lagi.

Gunung Salak Dianggap Sebagai Gunung Terangker di Jawa Barat

gunung Salak

Nah, fakta yang terakhir atau kesepuluh dari gunung Salak adalah reputasinya yang dianggap sebagai gunung paling angker di Jawa Barat.

Keangkeran ini tentu saja berangkat dari berbagai fakta yang terjadi di gunung Salak. Gunung ini adalah gunung maut atau wilayah maut bagi dunia penerbangan Indonesia. Setidaknya sudah ada 6 kecelakaan udara yang terjadi di gunung Salak, dan yang paling terkenal tentu saja adalah tragedi gunung Salak ketika pesawat Sukhoi Superjet 100 yang jatuh dan menewaskan 54 penumpang.

Status angker gunung Salak semakin diperkuat dengan berbagai mitos dan fakta seputar dunia mistisnya yang menyeramkan. Kamu dengan mudah bisa menemukan cerita tentang hal-hal gaib ketika mengunjungi gunung Salak.

Jadi, memang tidak salah jika gunung ini dianggap sebagai gunung yang paling angker di Jawa Barat, kan?

BACA JUGA:

gunung Salak

Sobat Akasaka, itu adalah 10 fakta dan misteri gunung Salak yang sudah sepatutnya kamu ketahui. Dengan berbagai keindahan dan eksotisme yang dimilikinya ini, tidak berlebihan untuk mengatakan kalau gunung Salak mungkin adalah salah satu gunung paling unik di Indonesia.

Nah, jika kamu penasaran dan ingin mendaki gunung Salak, pastikan untuk mempersiapkan diri dengan sebaik mungkin, ya. Selain fisik dan pengetahuan, peralatan yang memadai juga akan memperbuat petualangan kamu semakin nyaman dan menyenangkan.

Dan pastinya kamu tahu kan, produk Akasaka Outdoor adalah pilihan terbaik untuk menemani kamu menjelajahi gunung Salak dan gunung apa pun juga.

DAPATKAN PRODUK AKASAKA OUTDOOR KOLEKSI TERBARU DISINI

Baca Ini Juga Yuk!

TERNYATA INI 7 KISAH DI PEGUNUNGAN MOUNT EVEREST YANG JARANG DIKETAHUI
TERNYATA INI 7 KISAH DI PEGUNUNGAN MOUNT EVEREST YANG JARANG DIKETAHUI
Pegunungan Mount Everest adalah pegunungan tertinggi di dunia dan mungkin juga yang paling menarik bagi banyak orang. Puncak-puncak di pegunungan Himalaya menjulang hingga ketinggian delapan kilome...
Read More
TERNYATA INI 5 FAKTA PENYEBAB TEWASNYA 3 PENDAKI GUNUNG BAWAKARAENG
TERNYATA INI 5 FAKTA PENYEBAB TEWASNYA 3 PENDAKI GUNUNG BAWAKARAENG
Rundung kabar duka kembali menyelimuti dunia pendakian gunung tanah air. Tiga hari yang lalu, bersamaan dengan perayaan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia tanggal 17 Agustus 2021, tiga orang...
Read More
AMAZING! INI 11 PUNCAK PEGUNUNGAN ANDES YANG PALING TERKENAL DI DUNIA
AMAZING! INI 11 PUNCAK PEGUNUNGAN ANDES YANG PALING TERKENAL DI DUNIA
Dengan reputasinya sebagai pegunungan terpanjang di dunia, Pegunungan Andes memang layak menjadi rumah bagi banyak puncak gunung yang paling menakjubkan. Kamu akan menemukan kombinasi ketinggian ya...
Read More

Leave a comment

All comments are moderated before being published