Apa Itu Radang Dingin (Frostbite) dan Bagaimana Mencegahnya - OFFICIAL AKASAKA ONLINE STORE

Apa Itu Radang Dingin (Frostbite) dan Bagaimana Mencegahnya

3 bulan yang lalu      EDUKASI

Salah satu masalah kesehatan yang sering menyerang para pendaki saat menaklukkan tingginya puncak gunung adalah radang dingin atau yang lebih dikenal dengan istilah frostbite. Radang dingin sendiri adalah munculnya kesemutan atau mati rasa yang disertai dengan rasa dingin dan nyeri pada kulit. Saat Sobat Akasaka terkena frostbite, bagian pembuluh darah, saraf, dan sel kulit akan mengalami pembekuan sementara.

Telinga bagian luar, pipi, ujung hidung, jari tangan, dan kuku kaki adalah bagian-bagian tubuh yang paling rentan mengalami frostbite. Kondisi ini akan semakin buruk apabila kulit maupun pakaian dalam keadaan basah saat udara dingin menyerang. Mengalami cedera saat sedang terserang radang dingin bisa mengancam keselamatan, oleh sebab itu, selalu ikuti survival tips dari para pendaki senior agar terhindar dari frostbite.

 

Gejala dan Tanda Munculnya Frostbite


Gejala dan tanda munculnya frostbite - Apa Itu Radang Dingin (Frostbite) dan Bagaimana Mencegahnya - healthspectra.com

 

Lalu, apa saja yang menjadi gejala saat Sobat Akasaka terserang radang dingin? Berikut beberapa di antaranya:

  • Kulit mengalami gatal dan menjadi lebih dingin. Pada kondisi yang telah akut, kulit akan mengalami kesemutan dan mati rasa.
  • Warna kulit berubah menjadi kebiruan, kemerahan, atau keabuan dan tampak menguning.
  • Kulit menjadi lebih kaku karena sendi dan otot yang mengeras.
  • Saat terkena suhu hangat, kulit yang mengalami radang dingin akut akan melepuh.

 

Mengatasi Frostbite


Mengatasi Frostbite - Apa Itu Radang Dingin (Frostbite) dan Bagaimana Mencegahnya - wikipedia.org

 

Tindakan pertama yang harus dilakukan apabila Sobat Akasaka mengalami frostbite adalah dengan menghangatkan bagian tubuh yang terpapar suhu dingin. Segera menuju tempat yang lebih hangat dan rendam bagian tubuh yang terkena radang dingin atau kompres dengan air hangat.

Pengobatan lain yang bisa dilakukan adalah dengan mandi dengan suhu air hangat. Suhu air yang terlalu panas bisa membuat kulit yang terpapar dingin menjadi terbakar. Bisa juga dengan berendam dalam air hangat sampai muncul rona berwarna merah muda. rona ini merupakan tanda bahwa sirkulasi darah pada bagian yang terkena radang dingin telah kembali normal.

Apabila Sobat Akasaka mengalami frostbite yang parah, akan muncul rasa sakit saat penghangatan, umumnya pada 10 menit terakhir. Setelah kembali normal, sebaiknya jaga tubuh tetap dalam kondisi hangat dengan berselimut tebal. Jika muncul rasa nyeri pada anggota tubuh yang mengalami radang dingin, mengonsumsi minuman hangat cukup membantu menguranginya.

 

Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mengatasi Frostbite


Kesalahan yang sering dilakukan saat mengatasi frostbite - Apa Itu Radang Dingin (Frostbite) dan Bagaimana Mencegahnya - orthbullets.org

 

Penting untuk memperhatikan semua survival tips dalam mengatasi frostbite, karena sering terjadi kesalahan dalam penanganannya yang mengakibatkan rusaknya jaringan tubuh. Hindari pemijatan pada bagian yang terkena radang dingin karena bisa memicu kerusakan jaringan.

Selain itu, hindari pula menghangatkan tubuh akibat frostbite dengan menggunakan penghangat kering, seperti misalnya penghangat elektrik atau sumber hangat dari cahaya lampu, karena kulit yang mengalami frostbite sangat rentan terbakar.

 

Mengatasi Frostbite


Mengatasi frostbite - Apa Itu Radang Dingin (Frostbite) dan Bagaimana Mencegahnya - tripsavvy.com

 

Supaya Sobat Akasaka terhindari dari frostbite saat sedang mendaki gunung, coba lakukan beberapa tindakan pencegahan berikut ini:

  • Pastikan Sobat Akasaka memakai pakaian tebal atau khusus untuk cuaca dingin. Aturan berpakaian yang direkomendasikan adalah menggunakan pakaian hangat pada lapisan pertama (yang langsung menempel pada kulit), dan rangkap dengan jaket yang tahan air. Hindari menggunakan pakaian dalam yang ketat.
  • Lebih dari 50 persen hilangnya rasa hangat terjadi dai bagian kepala, karena itu sebaiknya kenakan topi khusus saat mendaki untuk menjaga suhu kepala tetap hangat.
  • Mengenali dengan baik gejala dan tanda utama terjadinya frostbite, yaitu kesemutan dan mati rasa. Jika mengalaminya, segera lakukan tindakan penanganan dan survival tips yang tepat.

 

Itu tadi sekilas informasi mengenai radang dingin (frostbite), penanganan, dan beberapa cara pencegahannya. Selalu berhati-hati dalam mendaki dan perhatikan pakaian yang digunakan ya. Semoga bermanfaat!




Komentar Artikel "Apa Itu Radang Dingin (Frostbite) dan Bagaimana Mencegahnya"