7 Alat Survival yang Wajib Diketahui Saat Berpetualang di Alam - OFFICIAL AKASAKA ONLINE STORE

7 Alat Survival yang Wajib Diketahui Saat Berpetualang di Alam

4 bulan yang lalu      EDUKASI

Ketika melakukan kegiatan di alam terbuka, sobat Akasaka harus mempersiapkan diri untuk menghadapi berbagai kondisi. Jangan hanya membayangkan pengalaman yang manis-manis selama berpetualang. Sobat Akasaka juga harus bersiap menghadapi pengalaman pahit yang bahkan bisa mengancam nyawa sekalipun.

Oleh karena itu, ketika ingin melakukan aktivitas petualangan di alam terbuka, baik ketika melakukan kegiatan berkemah, hiking, atau penjelajahan, sobat Akasaka harus mengetahui tips survival. Tips ini sangat penting karena bisa menjadi modal untuk menghadapi kondisi terburuk yang bisa saja menimpa.

Salah satu tips survival yang penting dan bisa membantu bertahan hidup ketika menghadapi kondisi ekstrem di alam terbuka adalah dengan menyiapkan peralatan survival. Ada beragam jenis peralatan survival yang bisa sobat Akasaka manfaatkan untuk bertahan hidup. Dari sekian banyak pilihan, 7 benda berikut tidak boleh ditinggalkan:

 

Kotak P3K


Kotak P3K - 7 Alat Survival yang Wajib Diketahui Saat Berpetualang di Alam - elevenia.co.id

 

Menyiapkan kotak P3K menjadi tips survival pertama yang perlu sobat Akasaka lakukan. Di dalam kotak P3K ini, terdapat beragam jenis obat dan benda yang bisa dipakai ketika dalam kondisi darurat, seperti kapas, perban, gunting, obat keracunan, obat luka bakar, obat gosok, obat sakit perut, dan lain-lain.

 

Pisau survival


Pisau Survival - 7 Alat Survival yang Wajib Diketahui Saat Berpetualang di Alam - id.aliexpress.com

 

Tips survival berikutnya adalah dengan selalu membawa pisau survival. Sobat Akasaka bisa menemukan beragam tipe pisau survival yang ada di pasaran. Saat memilih pisau survival, pastikan pisau tersebut memiliki desain yang kokoh dan mudah dibawa.

 

Kompas


Kompas - 7 Alat Survival yang Wajib Diketahui Saat Berpetualang di Alam - techno.okezone.com

 

Membawa kompas saat berpetualang ke alam terbuka menjadi tips survival berikutnya yang harus sobat Akasaka lakukan. Kompas ini berguna ketika sobat Akasaka tersesat dan kehilangan arah. Agar pemanfaatannya lebih maksimal, penggunaan kompas juga bisa disertai dengan membawa peta.

 

Tali


Tali - 7 Alat Survival yang Wajib Diketahui Saat Berpetualang di Alam - simomot.com

 

Membawa tali saat liburan ke alam terbuka jadi tips survival berikutnya yang harus sobat Akasaka lakukan. Namun, tali yang dibawa bukan tali biasa, tapi tali khusus yang ditujukan untuk survival di alam. Beberapa jenis tali yang biasa dipakai adalah tali paracord, webbing, prusik, serta kernmantel.

Tali ini bisa dipakai untuk beragam hal. Sobat Akasaka bisa memakainya ketika ingin membuat jebakan. Selain itu, tali survival juga berguna ketika dipakai untuk membuat tandu ketika ada salah satu anggota rombongan yang mengalami cedera.

 

Ponco


Ponco - 7 Alat Survival yang Wajib Diketahui Saat Berpetualang di Alam - suplierbandung.com

 

Ponco merupakan jas hujan yang berbentuk lembaran. Keberadaannya tidak hanya berguna sebagai jas hujan, tapi dapat pula dipakai sebagai tenda dalam kondisi darurat. Sebagai gantinya, sobat Akasaka juga bisa memakai flysheet.

 

Korek api


Korek api - 7 Alat Survival yang Wajib Diketahui Saat Berpetualang di Alam - gridoto.com

 

Korek api menjadi peralatan survival yang sobat Akasaka persiapkan. Usahakan untuk membawa korek api yang tahan air serta angin. Dengan begitu, korek tersebut tetap bisa dimanfaatkan dalam berbagai kondisi.

 

Lakban


Lakban - 7 Alat Survival yang Wajib Diketahui Saat Berpetualang di Alam - kepoo.com

 

Benda yang terakhir ini mungkin terlihat sederhana. Namun, jangan meremehkan kegunaannya ketika dibawa ke alam terbuka. Lakban bisa dipakai untuk beragam kondisi darurat. Benda ini bisa sobat Akasaka pakai ketika tenda mengalami kebocoran. Dapat pula dipakai ketika tas carrier sobek.

Itulah 7 peralatan survival yang perlu sobat Akasaka persiapkan ketika ingin berpetualang ke alam terbuka. Namun, perlu diketahui, bertahan hidup di alam tak cukup dengan membawa peralatan tersebut. Di waktu yang sama, sobat Akasaka juga harus melengkapi diri dengan beragam skillsurvival. Dengan kombinasi peralatan dan skill tersebut, dijamin, sobat Akasaka bisa menghadapi beragam kondisi darurat di alam terbuka dengan lebih baik.




Komentar Artikel "7 Alat Survival yang Wajib Diketahui Saat Berpetualang di Alam"